Foodies Guide To F&B Industry

9 Tips Lenyapkan Perut Buncit Setelah Lebaran

May 24, 20194 min readHealthy Foodie

Hari Raya Idul Fitri selalu dimeriahkan dengan berbagai makanan enak yang tingi lemak. Tak heran banyak yang kalap dan akhirnya menimbun lemak setelah lebaran. Hasilnya, perut membuncit jauh lebih besar dari biasanya. Bikin tidak percaya diri itu pasti, tapi yang lebih gawat, kondisi ini bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Merayakan hari kemenangan dengan tidak membatasi diri untuk menyantap makanan khas lebaran sah-sah saja untuk dilakukan. Tapi sebaiknya kendalikan diri untuk tidak makan melebihi batas perutmu. Namun, kalau sudah terlanjur dan buncit sudah mulai terlihat, yuk hilangkan dengan cara berikut ini.

1. Banyak Konsumsi Sumber Serat

perut-buncit-01

Serat yang larut dalam air akan menyerap lebih banyak air dan akan berubah menjadi seperti gel. Menurut penelitian tahun 2006 yang dilakukan oleh Dikeman dan Fahey dari University of Illinois, gel ajaib ini akan membantu sistem pencernaan nibblers untuk mencerna makanan lebih lambat.

Dengan begitu, nibblers akan merasa kenyang lebih lama sampai tiba-tiba berat badan turun seketika. Kalian bisa mendapatkan serat larut air ini di dalam alpukat, Brussels sprouts, mie shirataki, flaxseed, atau blueberries.

2. Hindari Makanan dan Minuman Manis

perut-buncit-02

Janganlah tergoda untuk menghabiskan kue kering atau minuman manis sisa lebaran. Gula sering dikaitkan sebagai salah satu penyebab masalah kesehatan serius, khususnya jika dikonsumsi berlebihan. Selain itu, salah satu penelitian dari University of California yang dilakukan oleh Kimber L. Stanhope tahun 2009 juga menyebutkan kalau konsumsi gula berlebihan juga dapat menambah timbunan lemak di perut.

Ingat, gula yang dimaksud di sini tidak hanya makanan yang mengandung gula pasir, tapi juga gula alami, seperti madu. Jadi pastikan untuk membatasi asupan gula jika ingin perut kembali rata.

3. Lakukan Aerobic

perut-buncit-03

Olahraga aerobics atau cardio menjadi salah satu cara paling efektif untuk membakar kalori dan membuat tubuh menjadi lebih sehat. Penelitian juga menyatakan kalau cara ini juga bekerja dengan baik untuk menghilangkan lemak perut yang membandel.

Jangan lupa untuk melakukannya secara rutin. Sebuah penelitian merekomendasikan agar aerobic dilakukan selama 300 menit per minggu agar hasilnya bisa efektif menghilangkan perut buncit.

4. Batasi Karbohidrat

perut-buncit-04

Membatasi konsumsi karbohidrat juga sangat bermanfaat untuk mengusir lemak, khususnya lemak di perut. Nibblers tak perlu berhenti total makan sumber karbohidrat, cukup dengan mengganti karbohidrat sederhana seperti nasi putih menjadi karbohidrat kompleks, seperti nasi merah, roti gandum, atau pasta.

Menurut catatan Framingham Heart Study, orang-orang yang mengonsumsi whole grains paling banyak memiliki risiko 1&% lebih rendah untuk mengalami kelebihan lemak perut yang bikin perut buncit.

5. Istirahat Cukup

perut-buncit-05

Siapa sangka, waktu tidur ternyata sangat berpengaruh pada berbagai aspek dalam kehidupan kita, termasuk berat badan. Penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang memiliki jam tidur pendek biasanya cenderung lebih mudah mengalami kenaikan berat badan.

Jadi pastikan nibblers cukup tidur, setidaknya 7 jam sehari, jika ingin perut buncit segera menghilang.

6. Makan Ikan Berlemak Setiap Minggu

perut-buncit-06

Meski sama-sama lemak, lemak di daging merah dan lemak pada ikan memberikan efek yang berbeda ke tubuh kita. Lemak pada ikan kaya akan protein dan omega 3 yang akan melindungi nibblers dari berbagai penyakit.

Istimewanya lagi, omega 3 disebut-sebut berperan penting dalam menghilangkan lemak berlebih pada perut. Nibblers bisa memulai kebiasaan makan ikan ini dengan menyantap 2-3 porsi ikan berlemak setiap minggu. Pilihan ikannya sangat beragam, mulai dari salmon, mackerel, herring, sarden, dan tuna.

 

7. Rutin Mengonsumsi Sari Cuka Apel

perut-buncit-07

Rasa dan baunya memang tidak enak, tapi ternyata sari cuka apel bermanfaat untuk menurunkan tingkat gula darah. Kandungan asam asetatnya juga sudah terbukti dapat mengurangi lemak berlebih di bagian perut.

Cara mengonsumsinya cukup mudah! Nibblers bisa mencampurkan 1-2 sendok makan sari cuka apel dengan air minum. Jangan minum sari cuka apel tanpa dilarutkan ke dalam air karena dapat merusak enamel gigi.

8. Minum Green Tea

perut-buncit-08

Kabar baik untuk nibblers penyuka teh hijau! Kandungan epigallocatechin gallate (EGCG) pada teh hijau ternyata efektif menghilangkan lemak di perut. Efeknya akan jauh lebih berhasil jika dikombinasikan dengan olahraga teratur.

9. Hindari Stress

perut-buncit-09

Jangan terlalu stress saat menerima kenyataan perut membuncit setelah lebaran. Stress bisa membuat lemak di perut nibblers makin bertambah karena saat kita stress, tubuh kita terpicu untuk menghasilkan kortisol yang disebut sebagai hormon stress. Tingkat kortisol yang tinggi akan membuat nafsu makan kita bertambah dan membuat lemak di perut makin menumpuk.

Daripada stress, lebih baik carilah aktivitas pelepas stress, seperti yoga dan meditasi yang akan membuat nibblers lebih tenang.

Memang tidak mudah menghilangkan perut buncit pasca lebaran, tapi ini tak berarti tidak mungkin dilakukan. Dengan usaha, komitmen, dan ketekunan, nibblers pasti bisa membuat perut lebih rata seperti sedia kala.

Photos source: Pixabay

Related Articles

Connect with Nibble