Foodies Guide To F&B Industry

Adu Nyali dengan Makanan Pedas dari 12 Restoran Manado di Jakarta

February 15, 20168 min readFoodie Trends

Kalo membiacarakan tentang masakan Indonesia, restoran Manado di Jakarta itu wajib hukumnya buat dibahas. Selain terkenal dengan pedasnya, masakan Manado biasanya juga didominasi dengan bumbu dan rempah-rempah yang melimpah sehingga wangi makanan khas Manado nggak ada yang menandingi. Pedas, kaya bumbu, dan wangi, tiga hal itulah yang bikin kita nggak bisa berhenti makan masakan Manado. Sekali mencicipi, kamu pasti akan mua nambah lagi dan lagi. Kalau mau menikmati hidangan khas Manado yang autentik nggak perlu jauh-jauh terbang ke Manado karena di Jakarta banyak restoran Manado enak. Bahkan beberapa restoran juga ada yang menggunakan bahan-bahan yang dikirim khusus dari Manado. Tujuannya adalah agar cita rasa autentiknya tetap terjaga. Mau tau restoran Manado di Jakarta paling autentik di Jakarta? Baca dulu guide berikut ini.

1. Beautika

restoran-manado-di-jakarta-02

Photo source: @spiceupyourpalette

Kalau belum tahu, pasti banyak yang mengira Beautika ini adalah salon kecantikan. Sebenarnya tebakanmu nggak salah. Sebelum jadi restoran Manado, Beautika memang sebuah salon. Pemilik Beautika kebetulan suka masak dan banyak pelanggan salonnya yang mencicipi masakannya. Karena banyak menuai pujian, akhirnya sang pemilik membuka restoran kecil di dalam Beautika dan mulai menjual makanan Manado, seperti Bubur Manado, Pisang Goreng, dan Mie Ikan Cakalang. Berkat kekuatan word of mouth, restoran ini sangat laris dan sekarang jadi restoran Manado di Jakarta yang paling favorit. Restoran yang sudah dibuka sejak tahun 1997 ini menawarkan 70 menu masakan Manado yang halal semua dan tidak mengandung babi sama sekali. Jadi semua orang bisa merasakan enaknya hidangan Manado. Selain itu, semua ikan yang digunakan pada tiap menunya juga didatangkan langsung dari Amurang, Kabupaten Minahasa Selatan, Sulawesi Utara. Di sini kamu nggak boleh melewatkan Ayam Woku (ayam yang dibumbu pedas) dan Ikan Cakalang yang juga dibumbu pedas. Jangan lupa, orang Manado juga terkenal suka ngemil setelah makan. Jadi jajanan tradisional khas Manado, seperti Apang, Panda, dan Biapong juga wajib dipesan.

Lokasi:

Beautika

Lot 8, Jl. Jenderal Sudirman, SCBD, Jakarta. Telp. (021) 37582323.

 

2. Sarang Oci

restoran-manado-di-jakarta-03

Photo source: @jktfoodbang

Sarang Oci pertama kali buka tahun 2004 di Kebon Jeruk. Kini outletnya sudah ada 6 di seantero Jakarta, yaitu di Flavor Bliss, Blok M, Kelapa Gading, dan Tebet. Restoran Manado di Jakarta ini ibaratnya adalah surga buat penikmat makanan pedas. Sebagian besar makanan di Sarang Oci berbumbu pedas, seperti dimasak rica-rica dan woku. Salah satu yang paling banyak di cari pelanggan Sarang Oci adalah Ekor Tenggiri Bakar Rica. Bentuknya memang nggak terlalu instagenic, tapi rasanya mantap banget. Daging tenggirinya tebal dan terasa segar dan pedas di lidah. Lebih mantap lagi kalau kamu siram sambal rica di atasnya. Selain menu tersebut, Perkedel Jagung khas Manado di sini juga sangat terkenal. Teksturnya crispy dan beda banget dari perkedel jagung di tempat lain. Kalau kamu perhatikan, pasti setiap meja di Sarang Oci pesan Perkedel Jagung ini. Nggak salah pilih Sarang Oci kalau lagi ngidam masakan Manado.

 

Lokasi:

Sarang Oci

Jl. Panjang Arteri Kelapa Dua No. 99, Kebon Jeruk, Jakarta. Telp. (021) 5329791.

3. Rasaroa Manado

restoran-manado-di-jakarta-04

Photo source: Nibble - RasaRoa

Restoran yang berlokasi di daerah Dharmawangsa ini memang tak ada duanya kalau urusan masakan Manado. Menunya variatif banget, ada Ayam Garo Rica, Bebek Rica, Kakap Kuah Asam, Woku, Tumis Bunga Papoya, dan berbagai menu lain yang pasti sangat menggoyang lidah. Selain menu Manado konvensional, restoran Manado di Jakarta ini juga berinovasi menciptakan masakan Manado dengan tampilan baru, seperti Burrito Cakalang! Di mana lagi bisa menikmati cakalang dalam balutan tortilla yang renyah itu kalau bukan di Rasaroa.

 

Lokasi:

Rasaroa Manado

Jl. Wijaya 1 No. 75, Melawai, Jakarta. Telp. (021) 29306812

4. Woku Blangan

Photo source: jacintadacosta93

Yang ngantor di daerah Thamrin, nggak usah jauh-jauh kalau mau mencicipi makanan Manado. Datanglah ke Woku Blangan di Jalan Sabang. Restoran Manado di Jakarta ini sudah terkenal banget di antara para foodies. Sop Ikan Mujair menjadi menu andalan di sini. Jangan mengira mujairnya sama seperti di tempat lain. Di Woku Blangan, rasa mujairnya tidak terasa seperti lumpur, justru cenderung manis karena mujair di sini dikirim langsung dari Manado. Kalau suka sama menu yang lebih pedas, cobalah Ayam Woku Belanga yang begitu sedap saat dikombinasikan dengan Tumis Bunga Papoya dan nasi hangat.

Lokasi:

Woku Blangan

Jl. Sabang No. 19, Menteng, Jakarta. Telp. (021) 3910417.

5. Bumbu Den

restoran-manado-di-jakarta-05

Photo source: @monsieur_andry

Anak Kelapa Gading yang doyan pedesnya masakan Manado wajib ke Bumbu Den. Di sana ada Ikan Tude segar yang selalu bikin kangen, apalagi saat dicocol ke Sambal Roa. Ikannya cukup besar, cocok buat dimakan bareng-bareng sama pasangan atau keluarga kamu. Nggak cuma ikan yang ukurannya gede, Perkedel Jagung di restoran Manado di Jakarta ini juga punya ukuran yang lebih besar dari Perkedel Jagung pada umumnya. Rasanya crispy banget. Ayam Bakar Ricanya juga tak kalah besar. Yang suka makan banyak pasti senang kalau ke Bumbu Den. Ada satu lagi yang disukai banyak orang di Bumbu Den, yaitu Sambal Dabu-Dabu dan Sambal Goreng. Dua sambal ini terasa pecah banget di lidah. Bahkan ketika kamu makan cuma pakai nasi dan Perkedel Jagung rasanya mewah banget saat didampingi oleh Sambal dari Bumbu Den ini.

 

Lokasi:

Bumbu Den

Jl. Boulevard Raya Blok QA 1 No. 6, Kelapa Gading, Jakarta. Telp. (021) 4515371.

6. Mantra

restoran-manado-di-jakarta-06

Photo source: @andypauhandoko

Restoran Manado di Jakarta juga bisa kamu temukan di dalam mall, yaitu di Citos. Mantra adalah sebuah restoran dengan konsep yang unik karena menggabungkan dua jenis masakan Indonesia yang terkenal dengan tingkat kepedasan tingkat dewa, yaitu masakan Manado dan masakan Padang. Kalau mau adu nyali dengan makanan pedas, kamu bisa pesan Nasi Goreng Cakalang Pedas. Daging ikannya terasa gurih, meski pedasnya bikin keringetan, tapi rasanya sangat adiktif.

 

Lokasi:

Mantra

Cilandak Town Square, Lantai 1, Jl. TB. Simatupang, Fatmawati, Jakarta.

7. Lumpang Emas

restoran-manado-di-jakarta-07

Photo source: @herlineats

Beralih ke daerah Kemang, mampirlah ke Lumpang Emas untuk menikmati masakan Manado. Meski ini bukanlah restoran yang khusus menyajikan masakan Manado, tapi kamu wajib mencoba Perkedel Jagung buatan Lumpang Emas. Teksturnya renyah sekali, tapi empuk saat digigit. Perkedel ini makin terasa nikmat saat dicocol ke dalam sambal yang khas dan pedas. Selain masakan Manado, kamu bisa mencicipi makanan Indonesia lainnya, seperti Soto, Nasi Umara yang isinya lengkap, atau Nasi Goreng Cirebon yang platingnya unik.

 

Lokasi:

Lumpang Emas

Colony 6, Lantai 2, Jl. Kemang Raya No. 6A, Kemang, Jakarta.

8. Cia’Jo Grill

restoran-manado-di-jakarta-08

Photo source: @ursandnic

Kalau kamu lebih banyak menghabiskan waktu di daerah Senen, coba sesekali mampir ke Cia’Jo Grill yang khusus menghidangkan masakan Manado. Di sini kamu bisa langsung memilih sayur dan lauk pauk untuk sesi makanmu. Pilihan nasi di restoran Manado di Jakarta ini juga tidak terbatas pada Nasi Putih saja. Ada Nasi Kuning atau Nasi Merah juga yang akan memuaskan perutmu. Sedangkan untuk lauk pauknya, Ayam Sereh, Ikan Tude, Tumis Bunga Pepaya, dan pastinya Bakwan Jagung menjadi beberapa menu yang paling recommended.

 

Lokasi:

Cia’Jo Grill

Jl. Kwitang Raya No. 29, Senen, Jakarta. Telp. (021) 21393699.

9. RICARAJA

restoran-manado-di-jakarta-09

Photo source: @hendijajan

Sebagian besar restoran Manado di Jakarta itu halal. Kalau kamu lagi ingin makan makanan khas Manado yang non-halal, kamu bisa langsung meluncur ke RICARAJA di Kelapa Gading. Mereka punya Nasi Campur Babi yang top abis. Daging babinya terasa gurih, empuk, dan bumbunya meresap banget ke dalam daging. Menu ini disajikan dengan nasi hangat serta sambal dabu-dabu yang luar biasa segar. Kalau mau yang Manado banget, kamu bisa pesan Nasi Tuna Cakalang yang nggak kalah juara.

 

Lokasi:

RICARAJA

Jl. Boulevard Raya Kelapa Gading, Blok CN 2 No. 26, Kelapa Gading, Jakarta. Telp. (021) 45856180.

10. Bunga Pepaya

restoran-manado-di-jakarta-010

Photo source: @separuhakulemak

Semangkuk Sup Brenebon Ayam khas Manado pastinya cocok sekali untuk memuaskan rasa lapar. Apalagi kalau Sop Brenebonnya asli buatan restoran Manado di Jakarta. Sop Brenebon dari Bunga Pepaya di Menteng ini memiliki porsi yang cukup besar, bisa dishare untuk 2-3 orang. Pilihan daging untuk Sop ini bermacam-macam, ada daging sapi, iga, atau ayam. Rasa kuahnya gurih, ada sensasi manis juga yang berasal dari kacang merahnya. Paling nikmat dimakan pakai nasi dalam keadaan masih hangat.

 

Lokasi:

Bunga Pepaya

Jl. RP Soeroso No. 16, Menteng, Jakarta. Telp. (021) 3141616.

11. Restoran Ikan Tude Manado

restoran-manado-di-jakarta-011

Photo source: @eatineraryid

Cuma di Restoran Ikan Tude Manado kamu bisa merasakan menu Ikan Tude autentik khas Manado. Kenikmatan Ikan Tude di restoran Manado di Jakarta ini memang luar biasa. Ikannya digoreng, teksturnya kering tapi epuk. Ikan ini paling enak disantap dengan Sambal Mata yang khas banget. Rasa sambalnya super pedas dan jadi bikin pengen nambah nasi terus-terusan. Apalagi saat disandingkan dengan Tumis Bunga Pepaya yang top abis.

 

Lokasi:

Restoran Ikan Tude Manado

Jl. Blora Raya No. 29, Thamrin, Jakarta. Telp. (021) 3903109.

12. Restaurant Baku Sayang

restoran-manado-di-jakarta-012

Photo source: @angkytan

Perkedel Jagung khas restoran Manado di Jakarta memang fenomenal banget, termasuk Bakwan Jagung dari Restaurant Baku Sayang di Meruya. Rasanya makin enak saat dicocol ke sambal goreng. Untuk mengenyangkan perut, kamu juga bisa memesan Tumis Daun Pepaya, dan Ayam Woku yang menjadi menu favorit di sini.

 

Lokasi:

Restaurant Baku Sayang

Jl. Pesanggrahan No. 27, Meruya, Jakarta. Telp. (021) 5841408.

Enak-enak banget bukan masakan Manado dari 12 tempat makan di atas? Jadi sekarang  nggak usah bingung lagi mencari restoran Manado di Jakarta. Tinggal intip guide ini untuk mendatangi tempat makan yang terbaik. Jangan lupa juga untuk memberi ulasannya di Nibble. Kalau belum tahu tentang Nibble, klik di sini aja.

Cover photo source: @henjiwong

Related Articles

Connect with Nibble