Foodies Guide To F&B Industry

Bahagia dengan 6 Minuman Segar Buka Puasa

May 17, 20194 min readFoodie Trends

Selepas beraktivitas selama satu hari penuh di bulan Ramadan, selalu terbayang dalam benak kita untuk menikmati sebuah minuman segar saat berbuka puasa tiba. Minuman segar pun selalu identik dengan minuman dingin yang tak hanya mampu melepas dahaga, tapi juga membuat bahagia.

Tidak usah panjang lebar, nibblers, berikut 6 minuman segar yang bisa bikin kalian bahagia saat berbuka puasa nanti!

1. Es Lidah Buaya

Pedomanbengkulu - es lidah buaya

Photo source: iStock

Dikenal dengan nama latin aloe vera, lidah buaya lebih sering digunakan sebagai bahan campuran shampo karena dikenal dapat menyehatkan rambut. Namun, ternyata lidah buaya memiliki kandungan nutrisi lain yang dibutuhkan tubuh manusia. Setidaknya ada kandungan 20 asam amino, 12 vitamin, dan 20 mineral di dalam lidah buaya.

Lidah buaya memiliki banyak khasiat, diantaranya adalah dipercaya dapat memperlancar metabolisme, menurunkan sekaligus menstabilkan indeks massa tubuh, memperkuat sistem imun, mempercepat penyembuhan luka, dan meredakan peradangan/iritasi di kulit.

Banyak bukan khasiat lidah buaya?

Meskipun terasa agak hambar, namun lidah buaya dapat dipadukan dengan pemanis lain, seperti sirup atau jeruk nipis, dan dapat menjadi sebuah hidangan menyegarkan yang cocok dikonsumsi ketika waktu berbuka puasa tiba.

2. Es Selendang Mayang

selendang mayang

Photo source: twohandsculinary.com

Memiliki bentuk seperti kue lapis, selendang mayang merupakan salah satu minuman legendaris. Hanya terdapat di Jakarta, selendang mayang sudah dikenal semenjak tahun 1940-an.

Nama selendang mayang muncul karena bentuk jajanan ini sendiri. “Selendang” berasal dari warna makanan yang berwarna hijau, putih, dan merah seperti selendang penari, sementara “mayang” memiliki arti kenyal dan manis.

Selendang mayang terbuat dari adonan tepung hunkwe (tepung yang terdiri dari kacang) yang dicampur dengan air dan sagu tani. Adonan tersebut kemudian diberi pewarna merah dan hijau. Jangan lupa untuk membuat adonan yang tidak diberi pewarna, karena biasanya selendang mayang terdiri dari 3 warna. Selendang mayang paling tepat disajikan bersama dengan gula aren, santan, serta es batu.

Memiliki rasa yang manis dan gurih, selendang mayang juga dipercaya memiliki khasiat yang bagus loh, nibblers. Jika nibblers sedang merasa tidak enak badan, selendang mayang dipercaya dapat menghilangkan panas dalam.

3. Es Kelapa

istock - es kelapa muda

Photo source: iStock

Minuman yang satu ini menjadi salah satu idola di bulan Ramadan. Es kelapa mudah ditemui dimanapun kita berada karena banyaknya penjual yang menjualnya. Bahkan, meskipun banyak yang menjual, terkadang penjualnya kewalahan untuk melayani pembeli karena banyaknya permintaan kelapa di bulan Ramadan.

Kesegaran dari es kelapa biasanya disajikan dengan ditambahkan gula putih cair ataupun gula merah cair untuk memunculkan rasa manis. Namun, ada juga yang lebih suka meminum es kelapa tanpa dicampur dengan gula.

Kelapa dikenal memiliki khasiat bagi tubuh manusia. Beberapa diantaranya adalah memperlambat penuaan, mengatur tekanan darah, gula darah, dan kolesterol, dan baik untuk organ pencernaan. Selain itu, kandungan kalium dalam 1 buah kelapa setara dengan 4 buah pisang.

4. Sup Buah

sup buah

Photo source: ramesia.com

Siapa yang tidak suka sup buah? Sup yang terdiri dari macam-macam buah ini bisa kita racik sendiri sesuai dengan keinginan kita ingin memasukkan buah apa di dalam hidangannya.

Paduan macam-macam rasa dari buah dengan es batu, sirup, dan susu akan memberikan kesegaran yang diperlukan tubuh kita setelah seharian berpuasa.

Setiap buah yang terdapat di dalam sup buah memiliki nutrisinya masing-masing yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Dengan mengonsumsi 1 porsi sup buah berarti nibblers telah menyuplai hampir semua nutrisi penting bagi tubuh dalam 1 hidangan saja.

5. Es Pisang Hijau

rsz_pisang_ijo

Photo source: tastemade.com

Hidangan yang satu ini berasal dari Makassar, Sulawesi Selatan. Namun, nibblers jangan khawatir. Es pisang hijau bisa dengan mudah ditemui dimanapun karena sudah banyak yang menjualnya.

Es pisang hijau memiliki kemiripan dengan es palu butung, perbedaannya bisa ditemui dari jenis pisang yang digunakan dan es pisang hijau disajikan dengan lapisan kulit yang terbuat dari tepung beras, santan, dan pewarna pandan.

Dengan rasanya yang manis, es pisang hijau sangat cocok dikonsumsi saat berbuka puasa agar bisa mengembalikan kondisi tubuh yang lemah.

6. Es Pacar Cina

pacar cina

Photo source: resepbundahaifa.com

Pacar cina merupakan salah satu bentuk olahan tepung yang juga dikenal di banyak negara di benua Asia.

Pacar cina di Indonesia terbuat dari tepung kanji yang diberi warna-warni pewarna makanan. Pacar cina umumnya tidak berbau dan tidak berasa selain rasa tepung. Karena rasanya yang netral dan tampilannya yang menarik berwarna-warni, pacar cina dipilih untuk dijadikan campuran berbagai macam kudapan, baik yang panas atau yang dingin, baik yang berasa manis, gurih, atau asin.

Salah satu kudapan pacar cina yang bisa dinikmati saat berbuka puasa adalah es pacar cina. Dapat dipadukan dengan minuman, seperti sirup, susu, atau air jeruk, es pacar cina dapat dengan mudah nibblers buat di rumah.

Gimana nibblers, udah ngiler belum? Tapi sudah terbayang dong ingin buka puasa dengan minuman yang mana sore ini.

Tetap ingat ya, minuman terbaik yang harus diminum pertama kali adalah air putih. Setelah air putih, baru deh kalian bisa memilih minuman segar apa saja untuk berbuka puasa.

Related Articles

Connect with Nibble