×
Nibble
Nibble
FREE - On the App Store Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua.
Nibble
Nibble
FREE - In Google Play
VIEW VIEW

Awali Hari Dengan Semangkok Bubur Ayam Dari 5 Kios Bubur Paling Mantap di Jakarta

  • Atalya Anggraini
  • Friday January 22nd, 2016
SONY DSC

 

Photo source: obrolansehat.com

Bubur terkenal banget jadi salah satu dish yang pas buat dimakan saat sarapan. Dish ini ternyata cukup populer lho di sebagian besar negara Asia, termasuk Indonesia. Asalnya sendiri dari China dan menurut legenda sudah ada dari jaman Yellow Emperor. Di negeri asalnya, bubur berperan penting untuk pengobatan tradisional. Tekstur bubur yang mudah dicerna tubuh membuatnya dikenal sebagai makanan tersehat di sana. Nggak heran ya, kalau dulu pas kita sakit pasti ibu kita akan langsung sigap buat bubur. Di Indonesia, bubur cukup mudah ditemukan, mulai di restoran kelas atas sampai tempat makan kaki lima. Uniknya, tidak setiap daerah di Indonesia punya rasa bubur yang sama lho. Karena lain daerah, lain rasa dan ke-khas-an. Misal, Jakarta punya bubur Betawi yang disiram kuah semur, sedangkan bubur Sukabumi dan Cianjur menggunakan kuah kekuningan untuk menyiram bubur. Well, apapun seleramu, kita percaya 5 tempat makan bubur di Jakarta berikut ini bisa memanjakan lidah dan perutmu dengan maksimal.

 

 

1. Bubur Aguan

Photo source: Instagram.com/hobijajan

Ada beberapa bubur enak di daerah Mangga Besar dan salah satunya Bubur Aguan ini. Walaupun tempatnya sederhana dan old fashion, Bubur Aguan punya banyak penggemar lho. Apalagi kalau sudah mulai ramai, bisa-bisa kamu agak susah buat cari parkir. Tapi tenang, perjuanganmu cari parkir itu worth it kok karena rasa Bubur Aguan ini mantap banget. Menu yang paling populer itu Bubur Ayam Tangki Aguan. Bubur kental dengan topping suwiran ayam melimpah, cakue, caipo, seledri, dan bawang goreng siap menghangatkan perutmu. Oh iya,  Bubur Tangkimu juga bisa lho ditambah telur mentah yang bisa langsung jadi setengah matang karena panasnya bubur.  Biar acara makan Bubur Tangki makin nikmat, jangan lupa pesan Sekba. Apaan tuh? Buat yang belum tahu, Sekba adalah jeroan sapi atau babi yang diolah seperti semur. Rasanya nendang dan pas banget dikombinasikan dengan Bubur Tangki yang flavorful itu.

 

Lokasi:

Bubur Aguan

Jl. Mangga Besar 1, No.20 B, Tamansari, Jakarta Barat. Telp. (021) 6499963.

 

2. Bubur Kamseng

Photo source: Instagram.com/reinhardsetiawan

Mau coba sensasinya makan bubur pakai claypot? Langsung saja datang ke Bubur Kamseng yang lokasinya sama-sama di daerah Mangga Besar seperti Bubur Aguan. Sebenarnya di Kamseng nggak cuma sedia bubur saja kok. Ada Chinese food juga buat kamu yang nggak terlalu suka bubur. Kamseng restaurant ini ibaratnya Dim Sum Festival-nya Jakarta Utara karena tempat makan ini siap melayanimu 24 jam. Jadi buat kamu yang tinggal atau abis main di daerah Mangga besar, langsung aja meluncur ke Kamseng kalau kelaparan tengah malam. Nah, buat yang doyan banget sama telur, kamu wajib pesan Bubur Tiga Rasa karena topping bubur kamu selain dikasih ikan, daging babi, dan kacang, ada 3 macam telur yang juga ikut meramaikan, yaitu telur ayam, telur asin, dan telur pitan. Jika lebih suka cakwe, Bubur Guangzhou Special harus jadi pilihan karena ada cakwe segunung yang siap memuaskanmu.

 

Lokasi:

Kamseng Restaurant

Jl. Mangga Besar 1 No. 26, Mangga Besar, Jakarta. Tel. (021) 6492319.


3. Bubur Cikini H.R. Suleman

Photo source: foody.id

Kalau berniat cari Bubur Cikini jangan sampai tertipu karena ada banyak banget tukang bubur yang menamakan dagangannya “Bubur Ayam Cikini”. Itulah kenapa akhirnya pemilik Bubur Cikini yang sudah melegenda itu menambahkan “H.R. Suleman” di belakangnya. Bubur Cikini menghadirkan cita rasa bubur Cirebon di Jakarta. Rasanya jangan ditanya lagi, sudah jadi perbincangan banyak orang dari tahun 1987. Penampilan buburnya memang terlihat sederhana dengan taburan daging ayam, kacang, dan emping, tapi percaya deh, rasanya enak banget. Ini mungkin karena Bubur Cikini menggunakan kecap Tjap Tiga Jari asli asal Cirebon. Jadi keauntentikan dan keunikan rasanya tetap terjaga. Selain itu ada telur ayam kampung mentah juga yang sengaja dibenamkan di tengah-tengah bubur. Bikin rasanya makin nendang! Meski mentah, telur akan berubah jadi setengah matang dengan sendirinya kok.

 

Lokasi:

Bubur Cikini H.R. Suleman

Jl. Cikini Raya, Cikini, Jakarta.

 

4. Bubur Ayam Sukabumi Tebet

Photo source: berthanatalia.wordpress.com

Buat yang suka ngemil tengah malam dan rumahnya di daerah Tebet, Bubur Ayam Sukabumi bisa jadi tujuan kulinermu. Selain bisa menghangatkan perut di tengah dinginnya malam, bubur ini sudah banyak direkomendasikan foodies lho karena rasanya yang memang enak. Oh iya, mereka juga menyediakan makanan lain selain bubur, ada Nasi Goreng Gila, bermacam jenis Mie, Bihun, Gurame, dan lainnya. Kalau buburnya sendiri, ada 4 menu andalan yang bisa kamu pilih, Bubur Ayam Spesial, Bubur Ayam Biasa, Bubur Ayam Seafood, dan Bubur Ayam Cistik. Biarpun toppingnya sama kayak bubur di tempat lain, ada cakwe, suwiran ayam, seledri, kacang, dan lainnya, yang bikin rasa Bubur Sukabumi khas adalah buburnya sendiri. Teksturnya kental dan rasanya khas. Yuk dicoba!

 

Lokasi:

Bubur Ayam Sukabumi

Jl. Cikini Raya, Cikini, Jakarta. Tel. (021) 8312257.

 

5. Bubur Ayam Senopati

Photo source:Instagram.com/kashuttero

Yang ngantor di daerah Senopati dan SCBD pasti familiar banget nih sama Bubur Ayam Senopati. Bubur yang satu ini memang sudah jadi sarapan andalan orang kantoran di daerah sana. Nggak heran, sebelum jam 10 pagi, bubur ayam pasti sudah habis. Rasanya beda banget sama bubur ayam biasa. Kuahnya memakai kuah kari dan perfect banget saat disiram ke atas bubur bertopping cakwe, ayam, dan kerupuk. Sampai-sampai kamu nggak perlu lagi deh menambahkan kecap dan lainnya karena rasa aslinya memang sudah enak. Sedikit tips, daripada rebutan sama orang kantoran, mendingan kamu coba sarapan di sini waktu weekend saja. Pasti enak banget kan abis jogging di CFD terus makan di sini?

 

Lokasi:

Bubur Ayam Senopati

Jl. Senopati (depannya The Senopati), Jakarta.

 

Jadi, udah siap antri untuk mendapatkan semangkok bubur enak se-Jakarta? Jangan lupa abadikan foto bubur ayammu di Nibble ya. Beri review juga agar foodie lain tahu nikmatnya bubur ayam yang kamu santap. Mau tahu lebih banyak tentang Nibble? Klik aja di sini.

 

 

Write some comments

Related posts