Foodies Guide To F&B Industry

Ayo Berburu 12 Nasi Goreng di Jakarta Paling Enak!

March 25, 20168 min readFoodie Trends

Ada tiga alasan kenapa banyak banget yang suka Nasi Goreng di Jakarta. Nasi Goreng itu enak, nggak ribet, dan yang paling penting harganya murah. Selain itu, menemukan tempat makan Nasi Goreng di Jakarta juga nggak susah. Banyak gerobak Nasi Goreng yang mangkal di lokasi-lokasi strategis di seantero Jakarta. Mereka siap menyelamatkanmu kalau kamu tiba-tiba lapar di tengah malam dengan sepiring nasi yang digoreng, potongan ayam, sosis, bumbu racikan, serta taburan bawang goreng dan kerupuk yang bikin makin pecah rasanya. Tapi ingat, nggak semua restoran atau pedagang kaki lima punya Nasi Goreng yang enak. Kalau mau mencari Nasi Goreng di Jakarta yang paling enak, kamu wajib banget datengin 12 tempat berikut ini.

 

1. Nasi Goreng Mafia

nasi-goreng-di-jakarta-02

Photo source: @mgdalenaf

Kalau di tanya di mana tempat makan Nasi Goreng di Jakarta yang enak, Nasi Goreng Mafia harus jadi salah satu jawabannya. Nasi Goreng asal Bandung ini sudah punya banyak sekali cabang di seluruh Indonesia. Nggak heran kenapa banyak orang yang suka, selain enak, mereka juga punya konsep yang unik. Lihat saja namanya, MAFIA. Kalau dilihat lebih dalam lagi ke menunya, nama-nama menunya pun nggak jauh dari sebutan-sebutan mafia, misalnya Nasi Goreng Preman atau Nasi Goreng Yakuza. Yang dibanggakan dari Nasi Goreng Mafia adalah karakteristik Nasi Goreng buatan mereka yang dibuat dengan bumbu rempah-rempah sehingga rasanya beda dari yang lain. Buat yang suka makanan pedas, kamu pasti akan ketagihan waktu makan di restoran Nasi Goreng di Jakarta ini. Bumbu rempah-rempah yang mereka pakai itu rasanya pedas dan ada lima level kepedasan yang bisa kamu pilih. Tapi tenang, nggak semua Nasi Goreng enak yang dijual di restoran Jakarta ini pedas kok. Nasi Goreng God Father di sini rasanya cenderung manis. Kalau yang paling best seller adalah Nasi Goreng Gangster dengan tingkat kepedasan yang hot abis. Kamu juga bisa tambah topping untuk Nasi Goreng pesananmu, seperti telur atau kikil.

 

Lokasi:

Nasi Goreng Mafia

Jl. Tebet Raya No. 27D, Tebet, Jakarta. Telp. (021) 83785343.

 

2. Nasi Goreng Kebuli APJAY

nasi-goreng-di-jakarta-03

Photo source: @jakartarandomeats

Makan Nasi Kebuli mungkin udah biasa. Yang nggak biasa itu makan Nasi Goreng kebuli. Kamu bisa mencicipi Nasi Goreng di Jakarta dengan bumbu kebuli di Nasi Goreng Kebuli Apjay yang berlokasi di Panglima Polim. Nasi Gorengnya wangi banget karena pakai rempah-rempah khas Nasi Kebuli. Belum lagi terdapat potongan kambing atau ayam yang bikin Nasi Goreng kebuli makin nendang. Selain Nasi Goreng, kamu juga bisa mencicipi Bakmi Jogja dan Bubur Ayam di tempat makan Nasi Goreng enak di Jakarta ini. Rasanya nggak kalah mantap dengan Nasi Goreng Kebulinya.

 

Lokasi:

Nasi Goreng Kebuli APJAY

Jl. Panglima Polim 9, Melawai, Jakarta.

 

3. Nasi Goreng Ijo Thole

nasi-goreng-di-jakarta-04

Photo source: @placetogoandeat

Pernah terbayang nggak makan Nasi Goreng di Jakarta yang warnanya colorful? Kalau mau coba, kamu bisa meramaikan antrean di Nasi Goreng Ijo Thole. Di tempat makan Nasi Goreng ini, kamu bisa menyantap Nasi Goreng dengan 3 warna sekaligus, merah, hijau, dan hitam. Tenang, warna-warna tersebut tidak berasal dari bahan kimia. Warna merahnya berasal dari bit, warna hijau berasal dari campuran cabai hijau dan sawi, sedangkan warna hitam berasal dari tinta cumi dan kluwek. Rasanya mantap banget, apalagi Nasi Goreng hitamnya. Rasa gurih yang berasal dari cumi-cumi sangat terasa di lidah, tapi tidak disertai aroma amis. Nasi Goreng warna warni ini makin lezat saat beradu dengan toppingnya yang berupa bakso, sosis, dan teri medan. Meski ini adalah Nasi Goreng kaki lima, rasanya nggak kalah enak dengan Nasi Goreng ala restoran.

 

Lokasi:

Nasi Goreng Ijo Thole

Jl. Panglima Polim V, Melawai, Jakarta.

 

4. Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih

nasi-goreng-di-jakarta-05

Photo source: @bikingendut

Di mana Nasi Goreng di Jakarta yang paling terkenal? Semua pasti akan menjawab Nasi Goreng Kebun Sirih. Kelezatan Nasi Goreng di Jakarta yang satu ini memang sudah melegenda banget. Nggak heran, tempat makan Nasi Goreng ini sudah buka sejak tahun 1958. Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih jadi street food di Jakarta yang nggak boleh dilewatkan sama siapapun. Cabang utamanya memang ada di Kebon Sirih, tapi mereka sudah punya banyak outlet yang ada di daerah Jabodetabek. Menu yang paling mantap di sini adalah Nasi Goreng Kambing. Aroma rempah-rempah di sepiring Nasi Goreng enak tersebut kuat banget dan cocok dengan lidah Indonesia. Daging kambingnya empuk dan tidak bau sama sekali. Ini jadi bukti kalau kambing di Nasi Goreng Kebon Sirih tidak dimasak sembarangan. Selain sedapnya Nasi Goreng hidangan mereka, teknik memasak di Nasi Goreng Kebon Sirih pun jadi hiburan tersendiri buat para pengunjung. Semua pesanan Nasi Goreng di sini dimasak di wajan yang sangat besar sampai menggunung dan kokinya pun sudah ahli banget. Jadi hidangan nasi yang segunung itu bisa dimasak dengan sempurna tanpa takut tumpah.

 

Lokasi:

Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih

Jl. Kebon Sirih Barat, Menteng, Jakarta. Telp. 0811-1907-75.

 

5. OTW Food Street

nasi-goreng-di-jakarta-06

Photo source: @lapernihbro

Kamu pasti tahu OTW Food Street yang jadi gudangnya street food terkenal ala Indonesia? Di dalam OTW Food Street ini kamu bisa menemukan tempat makan Nasi Goreng di Jakarta paling pecah. Warna-warna Nasi Goreng yang ditawarkan di sini nggak biasa banget. Ada Nasi Goreng Hijau dengan campuran ayam dan Nasi Goreng Hitam dengan campuran cumi. Rasanya gurih dan wanginya harum abis. Kalau sudah puas makan Nasi Goreng, kamu bisa mencoba beragam street food yang berasal dari booth lain di OTW Food Street. Ada Kue Cubit, Martabak, Bakso, Burger, dan yang paling fenomenal adalah Hotdog sepanjang 40cm.

 

Lokasi:

OTW Food Street

Jl. Kelapa Kopyor Raya, Blok BA 2 No. 1, Kelapa Gading, Jakarta. Telp. (021) 4531245.

6. Nasi Goreng Si Buncit #Areng

nasi-goreng-di-jakarta-07

Photo source: @limcecil0909

Kedai Nasi Goreng di Jakarta ini beda dari yang lain. Mereka memasak Nasi Goreng mereka dengan menggunakan arang seperti zaman dahulu. Nasi Goreng di sini cocok buat yang suka Pork karena ada dua pilihan daging yang disediakan, yaitu Pork dan Ayam. Rasanya sedap banget dan bikin perut happy. Selain Nasi Goreng, kamu juga bisa memesan Kwetiau atau Bihun Goreng yang nggak kalah pecah rasanya.

 

Lokasi:

Nasi Goreng Si Buncit #Areng

Jl. Danau Indah Raya, Blok A1 No. 10, Sunter, Jakarta. Telp. 0822-9700-5060.

7. Plataran Dharmawangsa

nasi-goreng-di-jakarta-08

Photo source: Nibble - oppakuliner

Restoran yang sering jadi venue wedding, bridal shower, atau arisan ini ternyata memiliki Nasi Goreng enak yang wajib kamu coba. Nasi Goreng di Jakarta andalan mereka dinamakan Nasi Goreng Keling. Meski begitu, warnanya tidaklah hitam. Namun, Nasi Goreng ini memang disajikan dengan Black Kalamata Olive yang memberikan sentuhan warna hitam pada nasinya. Topping Udang,  Ayam dan kerupuk emping yang disajikan pun tidak pelit. Rasanya pas di segala aspek, asinnya tidak berlebihan, dan tekstur nasinya sempurna.

 

Lokasi:

Plataran Dharmawangsa

Jl. Dharmawangsa Raya No. 6, Dharmawangsa, Jakarta. Telp. (021) 29044167.

 

8. Restoran Senyum Indonesia

nasi-goreng-di-jakarta-09

Photo source: Nibble - bitesbymarc

Isi restoran yang berlokasi di Thamrin ini adalah makanan-makanan khas Indonesia yang dimasak dengan bahan berkualitas premium dan disajikan layaknya seperti menu restoran fine dining, sangat berkelas. Sekali mencoba, kamu pasti tidak akan bisa move on dari Nasi Goreng Cakalang buatan mereka. Kombinasi antara Nasi Goreng di Jakarta dengan Ikan Cakalang khas Manado pecah banget di mulut. Rasanya pedas, tapi bikin nagih.

 

Lokasi:

Restoran Senyum Indonesia

Jl. Teluk Betung No. 45, Thamrin, Jakarta. Telp. (021) 3146092.

9. Eastern Opulence

nasi-goreng-di-jakarta-10

Photo source: @easternopulence

Eastern Opulence tak hanya akan membuat kamu terkesima dengan kemewahan design bangunannya, sajian makanan Indonesia di sini juga akan membuat lidahmu tak berkutik. Coba saja Nasi Goreng Buntut Cabe Ijo untuk membuktikannya. Nasi Goreng di Jakarta ini dimasak bersama buntut dan sambal cabe ijo yang luar biasa lezat. Sebagai side dishnya, ada tambahan buntut sapi, dendeng, serta sambal yang terasa pedas.

 

Lokasi:

Eastern Opulence

Jl. Cipaku 1 No. 85, Dharmawangsa, Jakarta. Telp. (021) 27081258.

10. Warunk Upnormal

nasi-goreng-di-jakarta-11

Photo source: Nibble - eatimology

Siapa yang tak kena dengan Warunk Upnormal? Tempat nongkrong ini menawarkan beragam street food yang enak-enak, termasuk Nasi Goreng di Jakarta. Kalau mau mencoba sesuatu yang berbeda, pesanlah Nasi Goreng Mawut. Nasi Goreng pada menu ini disajikan dengan campuran Mie Goreng yang membuatnya terlihat semrawut. Meski begitu, rasanya enak sekali, gurih, dan porsinya mengenyangkan.

 

Lokasi:

Warunk Upnormal

Jl. Kisamaun No. 156, Kec. Tangerang, Tangerang.

11. Es Teler 77

nasi-goreng-di-jakarta-12

Photo source: Nibble - eatimology

Es Teler 77 nggak cuma terkenal dengan kemantapan Es Telernya. Kamu juga harus mencoba Nasi Goreng di Jakarta bikinan mereka. Nasi Goreng Sambal Terasi akan membuat kamu ketagihan. Rasanya enak, topping daging ayamnya pun banyak.

 

Lokasi:

Es Teler 77

Cinere Mall, Lantai 1, Jl. Cinere Raya No. 1, Cinere, Depok. Telp. (021) 7536460.

12. Dermaga Makassar Seafood

nasi-goreng-di-jakarta-13

Photo source: Nibble - makancengli

Sesekali nggak ada salahnya mencoba Nasi Goreng khas Makassar. Kamu bisa ke Dermaga Makassar Seafood di The Breeze BSD. Ciri Nasi Goreng Makassar terletak pada toppingnya yang penuh dengan Seafood yang melimpah ruah. Rasanya sudah pasti enak, tekstur nasinya pun nggak lengket dan nggak lembek. Siap-siap dibuat jatuh cinta pada suapan pertama.

 

Lokasi:

Dermaga Makassar Seafood

The Breeze, Jl. Grand Boulevard BSD, Green Office Park BSD City, BSD, Serpong, Tangerang. Telp. (021) 50386870.

Nasi Goreng di Jakarta mana yang akan kamu datangi duluan? Jangan lupa ulas Nasi Goreng favoritmu di Nibble. Klik di sini yuk untuk tahu Nibble lebih banyak lagi.

Cover photo source: @twinkle_belly

Related Articles

Connect with Nibble