Foodies Guide To F&B Industry

Ayo Jalan-Jalan ke 8 Negara yang Punya Street Food Enak di Asia!

March 6, 20177 min readTips & Tricks

Makanan terbaik di suatu negara tidak dapat ditemukan di restoran fine dining, melainkan di pedagang kaki lima yang berjejer di pinggir jalan. Hampir semua negara di Asia punya street food enak dan pastinya sangat murah yang memberikan pengalaman menarik dan berbeda untuk para wisatawan. Untuk kalian yang suka traveling sekaligus berburu makanan, ada 8 negara di Asia yang terkenal memiliki street food enak. Tidak perlu bingung mencari tempat makan street foodnya di mana, karena kita sudah menyiapkannya khusus untuk kamu!

1. Thailand

street-food-enak-02

Green Papaya Salad. Photo source: Mark Wiens.

Sangat tidak mungkin untuk tidak mencoba street food enak saat jalan-jalan ke Bangkok. Pedagang kaki lima di tempat-tempat tertentu di Bangkok menawarkan street food dari pagi hingga malam. Saat cari sarapan, kamu bisa melipir untuk mencoba sweet soy milk dan bean curd khas Bangkok. Saat makan siang tiba, Nasi Hainan lengkap dengan ayam bisa kamu temukan di pinggir jalan. Makanan di malam hari justru lebih meriah lagi, ada Pad Thai Noodles sampai berbagai makanan Thailand lain yang bisa dipilih. Yang tidak boleh dilewatkan, tentu saja Thai Tea yang juga sangat terkenal di Jakarta. Rasanya sudah pasti sangat original dan menyegarkan tenggorokan di tengah cuaca Bangkok yang sering panas. Harga makanan kaki lima di Bangkok sekitar 35-70 Baht (Rp.13.000-Rp.26.000). Sedangkan minumannya bisa dibeli dengan harga mulai dari 20 Baht (Rp.7.000) saja.

Tempat Makan Street Food Enak di Bangkok:

Yaowarat Road di Chinatown, Petchaburi Soi 5, Sukhumvit 38, dan Silom Soi 20.

2. Taiwan

street-food-enak-03

Stinky Tofu. Photo source: JLim02.

Kamu salah satu penggemar dessert Taiwan atau snack Taiwan yang lagi hits banget di Jakarta? Kalau iya, sempatkanlah waktu untuk jalan-jalan ke Taipei dan tenggelamkan diri di banyak surga street food enak yang ada di sana. Kebanyakan ragam street food Taipei berasal dari mainland China, tapi di kota ini, makanan originalnya diolah dan diberi twist yang menarik sehingga berbeda dari yang lain. Salah satu yang paling terkenal adalah Chou Doufu. Makanan ini sangat populer di China, aslinya menu ini disajikan dengan bumbu pedas atau sangat pedas, lengkap dengan pickled veggies dan saucenya. Di Taipei, menu ini sangat ikonik dengan baunya yang sangat menyengat. Meski begitu, rasanya luar biasa! Biasanya digoreng kering dan disajikan dengan saus hoisin. Jangan lupa juga untuk mencoba Bubble Tea, Popcorn Fried Chicken, serta Shaved Ice langsung di negara asalnya. Makanan kaki lima di Taipei bisa kamu temukan di banyak night market dengan harga mulai dari NT 20 (Rp.9.000).

Tempat Makan Street Food Enak di Taipei:

Raohe Night Market, Shilin Night Market, dan Gongguan Night Market.

3. India

street-food-enak-04

Aloo Paratha. Photo source: Yummy Tummy.

Percayalah, traveling ke India akan membuat kamu lebih sehat. Pasalnya, hampir semua makanan di negara ini berbahan dasar sayuran, termasuk street food enak yang bisa kamu temukan di sana. Ini karena sebagian besar orang India adalah vegetarian. Setiap kota di India memiliki street food andalan yang berbeda dari kota-kota lainnya. Delhi jadi salah satu kota yang penuh dengan street food berlimpah di pinggir jalan. Kamu harus mencoba Aloo Tikki yang berupa spicy potato croquette yang disajikan dengan tamarind sauce, green chillies, dan green peas. Mencicipi Roti Pratha, makanan khas India, juga jadi salah satu hal yang wajib kamu lakukan saat di Delhi. Rotinya digoreng dengan butter dan diberi filling aneka sayuran serta keju India bernama paneer. Biasanya disajikan dengan curry, chutney, yoghurt, atau pickles. Masala Chai juga banyak dicari orang saat ke India. Milk Tea dengan aroma rempah khas India ini terasa “pedas” di mulut, tapi sangat enak dan menyehatkan. Untuk menikmati street food enak di negara ini, kamu hanya perlu mengeluarkan uang mulai dari Rp.2.000 saja!

Tempat Makan Street Food Enak di Delhi:

Shree Balaji Chaat Bhandar, Bishan Swaroop, dan Lala Babu Chaat Bhandar.

4. Vietnam

street-food-enak-05

Pho. Photo source: Legal Nomads.

Salah satu makanan Vietnam yang pasti terlintas di pikiranmu mungkin adalah Pho. Berasal dari China, Pho menjadi salah satu menu street food enak yang bisa merangkum keseluruhan cita rasa kuliner di Vietnam, yaitu asin, manis, asam, dan pedas. Tekstur yang akan kamu rasakan saat menyantap Pho juga bermacam-macam, mulai dari kenyalnya rice noodles, empuknya pork, cruchynya kacang, serta crispynya potongan bawang yang ada di dalamnya. Selain itu Banh Mi yang merupakan sandwich ala Vietnam juga harus dicicipi saat sedang jalan-jalan ke Hanoi. Harga street food di kota ini mulai dari 20.000 Dong (Rp.12.000) saja.

Tempat Makan Street Food Enak di Hanoi:

Pham Ngu Lao Street, Hang Bac St., Hang Bo, dan Hang Than.

5. Malaysia

street-food-enak-06

Penang Assam Laksa. Photo source: Miss Tam Chiak.

Sebagian besar jenis street Food enak di Malaysia tidak berbeda jauh dengan yang ada di Indonesia. Hanya saja ragam makanan Malaysia banyak dipengaruhi dari negara-negara lain, mengingat penduduk Malaysia terdiri dari banyak suku bangsa. Untuk menikmati semua jenis street food di Malaysia, kamu hanya perlu ke Jalan Alor di Kuala Lumpur. Di area ini, kamu bisa menemukan makanan dengan berbagai karakter, mulai dari Chinese, India, sampai Thailand. Harganya mulai dari RM 3 (Rp.9.000) saja! Jangan lewatkan Cha Siew Chicken Rice, Fish Ball Noodles, kedai Soup Pan Mee yang usianya sudah lebih dari 30 tahun, serta Curry Laksa yang rasanya creamy dan gurih.

Tempat Makan Street Food di Kuala Lumpur:

Jalan Alor dan Imbi Market.

6. Jepang

street-food-enak-07

Tonkotsu Ramen. Photo source: livejapan.

Jepang memang surganya makanan enak, tapi kalau bicara tentang street food di Jepang, kamu harus ke Fukuoka. Pusat kuliner street food enak ini memiliki sekitar 150 stalls kaki lima yang disebut Yatai yang tersebar di seluruh kota. Makanan yang disajikan sangatlah lezat dan harganya cukup terjangkau dibandingkan dengan tempat lain, sekitar 500-900 yen (Rp.59.000-Rp.105.000). Biasanya Yatai mulai buka saat petang dan bisa jadi destinasi yang sempurna untuk mencari makan malam. Tonkotsu Ramen dengan Hakata-style menjadi makanan yang wajib kamu coba di Fukuoka. Tekstur kuah Ramen ini creamy dan disajikan dengan mie yang lurus dan tipis, chashu, red pickled ginger, dan bawang. Fukuoka juga terkenal dengan Mentaiko alias telur ikan yang diramu dengan bumbu chili, sake, konbu, dan yuzu. Rasanya pedas dan cocok disajikan dengan onigiri sampai spaghetti.

Tempat Makan Street Food di Fukuoka:

Nakasu, Hakata-Ku, dan Chuo-Ku.

7. China

street-food-enak-08

Bing Tanghulu. Photo source: Joni Cong.

Ini dia salah satu negara yang makanannya sudah tersebar luas di seluruh dunia, China. Menemukan street food enak di China, khususnya di Kota Beijing, tidaklah sulit. Jenis makanan China juga sangat banyak dan kaya cita rasa karena dipengaruhi berbagai styles, mulai dari Hui, Mongolian, dan Manchurian. Selain dijual di pinggir jalan, ada pula tempat makan street foods yang lebih terorganisir seperti food court dengan sistem pembayaran menggunakan kartu. Untuk makanannya sendiri, kamu harus coba Bing Tanghulu yang penampilannya eye-catching sekali. Ini adalah sejenis permen yang terbuat dari buah-buahan yang dikeringkan. Bagian luarnya dilapisi gula yang membuat rasanya sangat manis, tapi ada sentuhan rasa asam dari buah di bagian dalamnya. Jiaozi (Chinese Dumplings), Jianbing (Chinese Crepes), Chuan’r (Chinese Kebabs), dan Banmian adalah beberapa jenis street food enak yang wajib dicicipi saat berwisata kuliner di Beijing. Harga street food di Beijing mulai dari 3-80 yuan (Rp.6.000-Rp.155.000).

Tempat Makan Street Food di Beijing:

Jiumen Snacks, Wangfujing Snack Street, Guijie, Niujie Muslim Snack Street, dan Fucheng Street.

8. Indonesia

street-food-enak-09

Martabak Coklat Kacang. Photo source: @martabakgue_id.

Last but not least, kita punya Indonesia sebagai salah satu negara yang punya street food enak di Asia. Kalau ditanya street food yang paling enak di Jakarta, jawabannya pasti banyak sekali. Mulai dari Nasi Goreng, Gorengan, Martabak, Seblak, Nasi Uduk, Soto, Bakso, Bakmi, dan masih banyak lagi! Untuk harga sih sudah pasti sangat bersahabat di kantong. Bisa didapatkan mulai dari Rp.2.000.

Tempat Makan Street Food di Jakarta:

Jalan Sabang, Pecenongan, Kelapa Gading, Mangga Besar, dan masih banyak lagi.

Menurut kamu, street food dari negara mana yang paling menggiurkan? Kalau jawabannya Jakarta, itu artinya kamu harus punya Nibble untuk memudahkan kamu mencari makanan enak di Jakarta. Buat yang belum tahu tentang Nibble, kamu bisa klik di sini!

Cover Photo source: Bon Appetour

Related Articles

Connect with Nibble