Foodies Guide To F&B Industry

BARA, Fresh California Grill di Utara Jakarta

June 28, 20195 min readReviews

Jika nibblers adalah salah satu penggila kuliner yang update, pasti paham kalau Pantai Indah Kapuk semakin hari semakin hits dengan resto-resto kece. Salah satu yang menarik perhatian kami adalah sebuah restoran bermenu western yang bernama BARA.

Restoran yang berlokasi di PIK Avenue ini sangat worth it dikunjungi, sekalipun oleh nibblers yang berasal dari selatan Jakarta. Mengapa demikian, ya karena menu-menu yang mereka tawarkan menjanjikan kenikmatan tak tertandingi di segi rasa.

12-

Soal namanya, ternyata tepat dugaan kami bahwa diambil dari kata bara api. Identik dengan konsep restoran ini yang memanggang semua kulinernya dengan bara dari kayu pohon rambutan pilihan. Secara  mereka benar-benar membakar kayu utuh hingga menjadi bara, lalu digunakan untuk memanggang.

Sebuah dedikasi yang serius lantaran BARA ingin menawarkan pengalaman kuliner yang utuh hingga ke tingkatan proses.

Perjalanan jauh kami terbayarkan dengan sajian-sajian andalannya seperti; BARA Rotisserie Chicken, Crispy Pig Ear, Mushroom Toast, Passion Fruit, dan tentunya Steak Frites yang menurut kami wajib masuk daftar steak kelas atas di Jakarta. Seperti apa pengalaman menyenangkan kami bersama restoran ini? Berikut ceritanya!

Ambiance

Nuansa kasual yang kental beraroma keluarga akan langsung terasa saat kita memasuki restoran ini. Pencahayaan yang hangat serta penataan meja, kursi dan cutlery terasa rapi. Hal ini membuat kelas BARA terasa eksklusif namun tidak mengintimidasi.

Dapurnya yang langsung menyambut kedatangan kita akan menyajikan aktivitas live para cook selama menyiapkan sajian. Model dapur terbuka ini memang sedang hype di zaman sekarang, dan tentunya BARA tidak ingin ketinggalan untuk update dengan tren kuliner sehingga model dapur terbuka ini mereka adopsi.

13

Jika ditanya konsep, Zachary Nice sang owner menjelaskan kalau mereka tidak hanya sekedar restoran western biasa.

“Basically BARA is a California grill, so if you want to know what the concept, we are combine two our favorite things, which are fresh ingredients with a kitchen where basically everything made from scratch everyday and a custom grill that provide a fire rotisserie. As far I know we are the only one that have the fire rotisserie in North Jakarta or maybe Jakarta,” kata pria yang lebih akrab dipanggil Zach ini.

Restoran ini juga memiliki dua private room yang akan membuat suasana makan nibblers semakin nyaman dengan orang-orang terdekat. Serunya lagi dua ruangan ini bisa disatukan menjadi sebuah private room besar untuk acara spesial yang mampu menampung setidaknya 40 orang.

Promo

Khusus selama bulan Juni dan Juli kalian bisa menikmati kemurahan hati dari BARA. Lewat Steak Madness Promo yang mereka tawarkan, nibblers bisa mendapatkan promo potongan hingga 40% untuk steak-steaknya.

14

Mulai steak frites 200g yang terpotong menjadi Rp120.000 dari Rp175.000, lalu rib eye 300g yang terpotong menjadi Rp250.000 dari Rp340.000, kemudian striploin 500g yang terpotong menjadi Rp490.000 dari Rp690.000 dan tomahawk yang akan terpotong 40% dari harga pasarannya.

Promo ini berlaku mulai 17 Juni 2019 hingga 31 Juli 2019. Masih ada kesempatan loh untuk menikmati kegilaan steak di BARA.

 

Menu

Menu-menu yang disajikan memang sangat terasa western. Bagi kalian yang suka dengan menu-menu pork bisa dibilang BARA akan menjadi surganya. Variasi daging babi di sini cukup banyak, jadi tak perlu pikir dua kali untuk para pork lover.

Steak Frites

Steak frites benar-benar salah satu steak sapi berkualitas yang wajib nibblers cicipi saat ke berkunjung ke sini. Striploin seberat 200gram ini sangat memanjakan lidah. Tekstur juicy dan super lembut yang didapat lantaran steak ini dipanggang dalam keadaan segar (tidak frozen) dengan menggunakan bara kayu rambutan.

1

Dipadu dengan potongan kentang goreng yang lagi-lagi bukan frozen, serta mushroom sauce yang nikmat. Di BARA mereka menaruh saus hanya di bagian pinggir steak, karena mereka ingin menunjukkan kecantikan warna dan tekstur daging fresh yang mereka tawarkan.

Harga normalnya yang ada di kisaran Rp175.000 menurut kami terlalu terjangkau untuk kualitas rasa steak frites ini. Selama masa promo steak frites bahkan bisa dinikmati hanya dengan Rp120.000.

BARA Rotisserie Chicken

Untuk kalian yang ingin main dish sehat, BARA rotisserie chicken ini adalah pilihan yang tepat. Daging ayam yang dipanggang perlahan selama 12 jam ini dipadukan dengan kale, warm crouton, almond, tarragon, champagne vinaigrette lalu diakhiri dengan golden raisin untuk sensasi asam manis.

7

Daging ayamnya yang empuk dengan beberapa bagian kulit hangus yang lebih pahit, serta sensasi kale yang segar akan membuat pengalaman makan rotisserie kalian tak terlupakan di restoran ini.

BARA rotisserie chicken ini bisa dinikmati dengan Rp140.000. Sangat recommended untuk kalian sedang diet atau lebih bergaya hidup sehat.

Crispy Pig Ear

Kudapan yang satu ini benar-benar pas untuk menjadi starter sebelum masuk ke main dish. Kuping babi yang telah melewati proses pemanggangan dan perebusan panjang ini digoreng crispy lalu disandingkan dengan saus rice vinegar, cilantro, parsley dan cayenne pepper.

10

Jika nibblers adalah penggemar crispy pig ear, milik BARA ini rasanya berani diadu. BARA membanderol crispy pig ear mereka seharga Rp80.000 dan kudapan ini masih cukup kok untuk sharing 2 hingga 3 orang.

Mushroom Toast

Suka dengan jamur-jamuran, sautéed mushroom BARA tidak boleh sampai terlewatkan. Campuran dari shimeji brown, shimeji white, king oyster dan shitake mushroom dipercatik dengan saus creamy truffle. Telur setengah matangnya akan memberikan rasa gurih saat kuningnya dipecahkan dan menyatu dengan saus.

5

Masuk ke dalam menu starter, mushroom toast ini sedikit lebih mahal dari crispy pig ear yang bisa dinikmati dengan harga Rp125.000. Bahan baku jamur pilihan yang membutuhkan ketelitian dalam memilihnya bisa jadi alasan rasanya di atas rata-rata.

Passion Fruit

Untuk para sweet tooth kalian bisa bermain di dessert, dan salah satunya yang kami rekomendasikan adalah passion fruit ini. Krim passion fruit, blueberry bay compote, dan passion fruit segar dibungkus dalam pavlova lalu disajikan dalam keadaan terpecah yang memberikan tampilan cantik.

6

Rasanya, jangan ditanya. Untuk nibblers yang hanya sekedar ingin memperbaiki mood bisa memesan dessert seharga Rp70.000. Rasa manis, asam dan segar dari buah markisa akan seketika membuat hari kalian lebih ceria.

Untuk kalian yang ingin membuktikkan review kami ini, bisa langsung saja kunjungi BARA di PIK Avenue Mall, Lantai Dasar, Jl. Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara. Setinggi apa rekomendasi kami tentang BARA? Sangat-sangat recommended nibblers!

Related Articles

Connect with Nibble