Foodies Guide To F&B Industry

Benihana, Atraksi Teppanyaki Terbaik di Jakarta

July 2, 20195 min readReviews

Sebagai salah satu bagian dari 101 rantai restoran Benihana di seluruh dunia, Benihana Jakarta juga mewarisi semangat dari Rocky, sang pendiri Benihana yang mengalami pasang surut ketika mengenalkan sebuah restoran dengan konsep teppanyaki di Amerika Serikat.

Saat ini, Benihana Jakarta merupakan salah satu restoran teppanyaki yang pasti akan selalu masuk dalam daftar restoran teppanyaki yang harus dikunjungi di Jakarta.

Untuk melihat secara langsung kenapa Benihana bisa selalu masuk ke dalam daftar ini, nibble.id akhirnya berkesempatan untuk mengunjungi langsung Benihana Jakarta dan merasakan sendiri apa saja yang ditawarkan oleh restoran ini.

2

Benihana Jakarta yang dulunya bertempat di Grand Indonesia, pada tahun lalu pindah ke seberang Grand Indonesia, tepatnya ke Plaza Indonesia. Perpindahan tempat ini tidak mengubah konsep dari Benihana.

Banyak yang berkata, papan penanda restoran yang berada di depan sebuah restoran akan sedikit menggambarkan pengalaman apa yang akan dirasakan nantinya.

Ternyata, Benihana Jakarta memiliki sebuah papan penanda restoran yang berkesan eksklusif dan modern. Sedikit banyak, kesan itulah yang kami rasakan selama berada di Benihana Jakarta.

Ambiance

Ketika masuk ke dalam restorannya, kesan modern dan private akan langsung kita rasakan. Benihana Jakarta tidak memiliki banyak meja, namun ini justru menjadi nilai plus.

Dengan tidak terlalu banyak melayani tamu, Chef dapat berinteraksi lebih personal dengan tamu yang ada di depannya. Selain itu, karena tidak terlalu banyaknya jumlah tamu yang datang pun akan membuat tamu akan nyaman berada di Benihana.

1

Berbeda dengan restoran teppanyaki lainnya dimana seorang Chef hanya berinteraksi formal dengan tamu, di Benihana, kita akan merasa terhibur dengan aksi-aksi yang dilakukan oleh Chef saat mereka sedang memasak atau sebelum memasak.

Bahkan terkadang, Chef di Benihana pun akan melakukan apa saja agar tamu yang hadir di Benihana merasa terhibur dan nyaman berada di Benihana.

Lebih punya cita rasa

Menariknya, Benihana Jakarta ternyata sering juga dikunjungi oleh tamu dari luar negeri. Mereka mengungkapkan bahwa sajian di Benihana Jakarta lebih memiliki rasa dan hal tersebut tidak dapat mereka temukan di cabang Benihana manapun di seluruh dunia.

Hal ini bisa dipahami, karena sebenarnya masyarakat di negara lain lebih memilih sajian yang justru tidak memiliki rasa dan menghadirkan rasa tersebut melalui saus atau kecap, berbeda dengan Indonesia dimana masyarakatnya lebih menyukai makanan yang telah memiliki rasa sebelum diberikan tambahan saus atau kecap.

Menu

Sajian utama tentu saja starters yang terdiri dari japanese onion soup dan Benihana salad. Seperti kebanyakan restoran lainnya, Benihana juga menyajikan japanese onion soup sebagai salah satu menu pembuka. Sebuah sajian yang cukup ringan, dimana meskipun memiliki kaldu yang bening, namun japanese onion soup memiliki rasa yang cukup beragam di lidah.

Nasi Goreng Wagyu

Masuk ke menu selanjutnya, kami memesan sebuah sajian yang bisa dikatakan sebagai perpaduan antara makanan khas Indonesia dengan makanan khas Jepang, yaitu Nasi Goreng Wagyu. Bahkan, makanan ini disebut sebagai salah satu makanan yang paling sering dipesan dan digemari di Benihana Jakarta.

Tentu sedikit mengherankan bagaimana mungkin di sebuah restoran Jepang dengan konsep teppanyaki, sebuah sajian yang notabene merupakan makanan khas Indonesia dapat menjadi sebuah favorit.

3

Akhirnya, setelah mencicipi sajian yang satu ini, kami mengetahui alasannya.

Nasi goreng yang dibuat oleh Benihana Jakarta memiliki kualitas yang sangat baik. Nasi yang dipakai dimasak dengan tepat sehingga terasa pulen saat disantap.

Setiap bumbu yang digunakan memiliki komposisi yang tepat dan saling melengkapi sehingga tidak menonjolkan rasa asin, manis, atau pedas saja. Ditambah lagi dengan wagyu yang dimasak dengan teliti hingga cocok untuk menemani sajian nasi goreng.

Rocky's Choice

Setelah cukup dipuaskan dengan starters dan nasi goreng wagyu yang sudah cukup besar porsinya, kami memesan salah satu menu teppanyaki set combo yang ditawarkan oleh Benihana Jakarta, yaitu Rocky’s Choice

Rocky’s Choice adalah teppanyaki set combo yang merupakan pilihan dari pendiri dari Benihana, yaitu Hiroaki Aoki atau yang biasa dikenal dengan nama Rocky. Rocky’s Choice sendiri adalah set combo yang terdiri dari steak sirloin dan ayam. Namun, pada kesempatan ini, kami memilih untuk mengganti steak sirloin dengan wagyu.

6

Saat memasak wagyu, Chef memberikan pilihan untuk memasak wagyu hingga tingkat kematangan medium rare atau medium. Namun, menurut Chef, wagyu yang dimasak hanya sampai tingkat kematangan medium rare tidak terlalu direkomendasikan, sehingga kami memilih tingkat kematangan medium.

Hasilnya ternyata memang luar biasa. Chef mampu mengolah wagyu yang berasal dari Australian beef grade 7+ dengan sangat baik. Seluruh rasa dari daging mampu keluar dengan baik dan sangat cocok untuk dinikmati di lidah.

Tidak kalah dengan wagyu, sajian daging ayam dalam paket Rocky's Choice juga mampu diolah oleh Chef dengan sama baiknya. Tingkat kematangan yang sempurna membuat daging ayamnya empuk dan bumbu yang dipakai terasa hingga ke bagian daging terdalam.

Banana Flambe

Sebagai dessert, Banana Flambe menjadi pilihan kami. Sesuai dengan namanya, proses memasak dessert yang satu ini memanfaatkan semburan api. Ketika memasak sajian ini, Chef begitu piawai melakukan berbagai atraksi yang pastinya akan membuat kita berdecak kagum. 

Rasa dari banana flambe juga terasa sangat tepat untuk menutup sesi makan yang sangat menyenangkan hari itu. Perpaduan antara pisang yang dibakar dengan teknik flambe dan es krim terasa begitu menyatu.

5

Mencoba konsep teppanyaki di Benihana merupakan sebuah pengalaman yang tidak akan pernah bisa dilupakan. Melihat atraksi-atraksi yang dilakukan oleh Chef dan bagaimana Chef melakukan ice breaking kepada tamu pasti akan selalu terbayang dalam benak kita.

Rekomendasi kami tentang Benihana Jakarta? Is a big yes untuk kalian yang ingin menikmati sajian teppanyaki dengan kualitas terbaik dan ambiance privat yang luar biasa.   

Related Articles

Connect with Nibble