Foodies Guide To F&B Industry

Berburu Filet Mignon Berkualitas di Jakarta

June 24, 20195 min readFoodie Trends

Penggemar steak pasti tidak asing lagi dengan istilah filet mignon. Jenis steak yang satu ini sering dianggap sebagai “King of Steaks” karena langka dan memiliki tekstur yang meleleh di mulut.

Tak heran kalau harga filet mignon lebih mahal dibandingkan jenis steak lainnya. Buat nibblers yang penasaran dengan keistimewaan filet mignon, kamu bisa menyimak artikel berikut ini. Kami juga punya rekomendasi restoran untuk mencicipi filet mignon terenak di Jakarta lho.

Apa Itu Filet Mignon?

Istilah filet mignon diambil dari bahasa Perancis dari kata filet yang berarti irisan tebal dan mignon yang artinya lembut. Nibblers mungkin bertanya-tanya, kenapa filet mignon sangat langka dan tidak banyak restoran yang menyajikannya.

Hal ini karena filet mignon diambil dari bagian ujung potongan tenderloin yang bisa ditemukan di belakang tulang rusuk sapi. Daging di area ini tidak berfungsi untuk menahan berat tubuh sapi, jaringan otot di sekitarnya pun tidak digunakan untuk beraktivitas.

Itulah kenapa, tekstur dari daging ini sangat empuk, bahkan meleleh saat sampai di lidah. Saking empuknya, nibblers bahkan bisa menggunakan garpu saja untuk memotong sebuah filet mignon.

Restoran di Jakarta untuk Mencicipi Filet Mignon

Kali ini, kami akan membocorkan beberapa restoran di Jakarta yang siap memanjakan kamu dengan sajian filet mignon. Mau tahu di mana saja?

1. AMKC Atelier

01 - @amkcatelier

Photo source: @amkcatelier

Restoran yang berlokasi di Plaza Indonesia ini tidak hanya terkenal dengan berbagai cake dan dessertnya. AMKC Atelier juga menawarkan filet mignon. Ukurannya mungil, tapi rasanya surga. Empuknya tak tertandingi, super crusted. Nibblers juga bisa menikmati Truffle Spaghetti with Uni atau Seared Scallops with Foie Gras andalan AMKC Atelier yang tidak kalah mewah dan lezat.

Lokasi:

AMKC Atelier

Plaza Indonesia, Lantai 1, Jl. MH. Thamrin, Thamrin, Jakarta. Telp. (021) 29924357.

2. Altitude Grill

02 - @altitudegrill

Photo source: @altitudegrill

Dari nama restorannya, nibblers pasti bisa menebak kalau kamu bisa menemukan berbagai makanan grill di Altitude Grill. USDA ‘All American’ Filet Mignon 200 gr menjadi salah satu menu istimewa yang harus kamu pesan di sini.

Menu spesial ini dibanderol dengan harga Rp390.000. Kelezatannya sangat menggoda dan worth it untuk dicoba. Tak hanya aneka steaknya yang akan membuat kamu kembali ke restoran ini, view citylight yang keren dan romantis dari lantai 46 The Plaza juga akan membuat kamu jatuh cinta dengan Altitude Grill.

Lokasi:

Altitude Grill

Altitude - The Plaza, Lantai 46, Jl. MH Thamrin, Thamrin, Jakarta. Telp. (021) 29922448.

3. AB Steak by Chef Akira Back

03 - @pergimakan

Photo source: @pergimakan

Steak dari AB Steak by Chef Akira Back memang tak pernah gagal memuaskan selera kita, termasuk Filet Mignon USA yang berasal dari daging USDA Prime. Jadi nibblers tak perlu meragukan kualitas dan marblingnya yang melimpah ruah.

Daging seberat 100gr ini bisa kamu nikmati dengan harga Rp230.000. Rasanya makin mantap karena juga disajikan dengan berbagai pilihan condiments, seperti sesame oil, habanero ssam jang, bulgogi sauce, atau chimichurri sauce.

Lokasi:

AB Steak by Chef Akira Back

MD Place Building, Lantai Mezanine, Jl. Setiabudi Selatan No. 7, Kuningan, Jakarta. Telp. (021) 29669272

4. B'Steak Grill & Pancake

04 - Nibble - perut.lapar

Photo source: Nibble - perut.lapar

Kalau kamu keberatan untuk merogoh kocek lebih dalam untuk menikmati filet mignon, kamu bisa menuju B’Steak Grill & Pancake. Restoran Western dengan harga murah meriah ini punya beberapa outlet di Jakarta, ada di Green Ville, Serpong, Muara Karang, dan Kelapa Gading.

Rasanya nggak bohong, lembut dan bumbunya sangat meresap ke dalam daging. Nibblers juga akan dibikin ketagihan dengan gurihnya creamy spinach yang menjadi side dishnya.

Lokasi:

B'Steak Grill & Pancake

Jl. Green Ville AS No. 32, Green Ville, Jakarta 11510. Telp. (021) 5603968.

5.Prabu Steak & Coffee

05 - @prabusteakcoffee

Photo source: @prabusteakcoffee

Biarpun Prabu Steak & Coffee hanya menawarkan daging lokal, rasa daging di sini tetap juara. Nibblers bisa menikmati filet mignon dengan kearifan lokal, yaitu dengan siraman saus sambal matah yang aromatik. Rasanya begitu empuk, juicy, dan bisa dimasak sesuai dengan tingkat kematangan yang nibblers yang inginkan. Yang terpenting, harga di sini murah meriah. Filet mignon seberat 300gr bisa didapatkan dengan harga sekitar Rp115.000 saja.

Lokasi:

Prabu Steak & Coffee

Jl. Tebet Utara 1 No. 45C, Tebet, Jakarta. Telp. 0812-9120-6185.

6. Tokyo Skipjack

06 - @tokyoskipjack

Photo source: @tokyoskipjack

Buat nibblers yang biasa makan banyak, kamu wajib bertandang ke Tokyo Skipjack dan memesan “The King of Steak”. Menu ini berupa USDA Choice Beef Porterhouse seberat 1.000 gr.

Seperti yang nibblers tahu, porterhouse steak terdiri dari striploin dan tenderloin yang disatukan dengan tulang berbentuk huruf T. Yang bikin makin spesial, bagian daging tenderloin yang menjadi bagian porterhouse steak merupakan daging filet mignon yang langka.

Rasanya tak perlu ditanya, mewah dan empuk sekali. Sedangkan dibagian striploin, nibblers bisa merasakan sensasi juicy yang sedap. Berhubung porsi menu ini sangat besar, Skipjack Porterhouse bisa dijadikan menu sharing untuk dimakan bersama.

Lokasi:

Tokyo Skipjack

Jl. Bulungan Raya No. 16, Blok M, Jakarta. Telp. 0812-8922-2224.

 

7. Canabeans

07 - @canabeans.id

Photo source: @canabeans.id

Menu filet mignon di Canabeans dihidangkan dalam penampilan yang cukup berbeda. Di sini, nibblers akan dipuaskan dengan Pan-Seard Filet Mignon yang terdiri dari 200 gram New Zealand premium filet mignon, mesclun salad, mashed potato, dan mushroom sauce.

Untuk harga sangatlah terjangkau, hanya Rp135.000 saja. Tapi jangan salah, rasanya tak kalah enak dengan restoran steak berkelas lainnya.

Lokasi:

Canabeans

The Accent, Lantai Ground, Jl. Wahid Hasyim, Pondok Aren, Tangerang. Telp. (021) 80821640.

Nggak nyangka ya kalau ternyata filet mignon sangat spesial di mata pecinta steak. Yuk cobain sendiri kenikmatannya di salah satu rekomendasi restoran di atas dan jangan lupa beri ulasannya di Nibble.

Cover photo source: @absteaks

Related Articles

Connect with Nibble