Foodies Guide To F&B Industry

Cara Membersihkan Talenan

January 28, 20196 min readReviews

Talenan atau cutting board adalah salah satu alat masak yang pasti bisa ditemukan di semua restoran. Cara membersihkan talenan tidaklah sulit. Jika Anda tahu cara yang tepat, ini akan membuat daya pakai talenan lebih lama. Selain itu, Anda juga bisa mencegah kontaminasi silang dari penyebaran bakteri yang bisa menimbulkan keracunan makanan. Apapun jenis restoran yang Anda punya, baik itu cafe kecil, restoran cepat saji, atau restoran fine dining mewah, bekalilah diri Anda dengan pengetahuan tentang cara membersihkan talenan yang benar. Mari simak penjelasannya lebih lanjut di artikel berikut ini.

1. Cara Membersihkan Talenan Kayu

cara-membersihkan-talenan-02

Talenan kayu memiliki permukaan berpori alami yang dapat menjadi tempat bakteri berkembang biak. Potongan kayu atau setiap lekukan yang dibuat di talenan kayu juga bisa menjadi sarang bakteri. Itulah sebabnya Anda harus tahu cara membersihkan talenan kayu yang benar agar kontaminasi silang tidak terjadi. Ada tiga cara membersihkan talenan kayu yang bisa Anda aplikasikan, yaitu:

A. Sabun dan Air

  • Cuci talenan dengan tangan setelah digunakan menggunakan air dan sabun.
  • Keringkan talenan dengan cara menepuk-nepuknya menggunakan paper towel atau lap piring yang bersih.

B. Cuka

  • Tuangkan cuka ke seluruh permukaan talenan kayu Anda.
  • Lalu lap dengan kain basah yang bersih.
  • Pemakaian cuka tidak disarankan untuk membersihkan talenan yang digunakan buat memotong daging merah, ikan, atau ayam.

C. Bleach

  • Buatlah cairan yang terbuat dari campuran 1 sendok teh pemutih dan 1 liter air.
  • Tuangkan cairan tersebut di atas talenan dan bilas sampai bersih dengan air panas.

Jangan pernah merendam talenan kayu di air atau mencucinya dengan dish washer karena saat direndam, talenan kayu akan menyerap air dan menghasilkan celah di permukaannya. Celah ini kemudian bisa menjadi sarang bakteri.

                                                                                   

Cara Merawat Talenan Kayu

Untuk memperpanjang masa pakainya dan mencegah timbulnya celah di permukaan talenan kayu, Anda bisa melakukan seasoning. Proses ini bisa dilakukan setiap minggu, dua minggu sekali, atau setiap bulan, tergantung pada seberapa sering Anda menggunakan talenan kayu tersebut. Berikut cara yang bisa Anda gunakan untuk seasoning talenan kayu:

  • Oleskan mineral oil yang food grade atau beeswax ke seluruh permukaan talenan kayu Anda.
  • Diamkan minyak tersebut berada di talenan selama beberapa jam.
  • Bersihkan sisa minyak dan beeswax dengan kain kering.
  • Jangan pernah menggunakan minyak nabati atau minyak zaitun untuk seasoning talenan karena bisa menyebabkan bau tengik pada talenan.

2. Cara Membersihkan Talenan Bambu

cara-membersihkan-talenan-03

Umumnya, talenan bambu tidak akan retak, melengkung, atau bernoda semudah talenan kayu karenan talenan dari bambu memiliki kepadatan yang lebih tinggi. Talenan bambu juga lebih tahan banting, setiap potongan pisau tidak akan membuat celah di permukaannya yang bisa menjadi sarang bakteri. Berikut adalah cara membersihkan talenan bambu yang bisa Anda lakukan:

  • Anda dapat menggunakan sabun cuci piring, cuka, cairan pemutih dan air untuk membersihkan talenan bambu Anda.
  • Campurkan cairan pembersih yang Anda pilih dengan air panas, lalu gosokkan ke permukaan talenan bambu.
  • Setelah dibersihkan, keringkan dengan paper towel atau lap bersih dengan cara ditepuk-tepuk, bukan digosok.
  • Jangan merendam talenan bambu Anda atau membersihkannya dengan dishwasher.

Cara Merawat Talenan Bambu

Cara merawat talenan bambu hampir mirip dengan cara merawat talenan kayu, yaitu:

  • Oleskan minyak mineral yang food grade atau beeswax ke permukaan talenan bambu dalam keadaan kering.
  • Diamkan minyak tersebut selama beberapa jam.
  • Bersihkan sisa minyak dan beeswax dengan kain kering.
  • Jangan pernah menggunakan minyak nabati atau minyak zaitun untuk seasoning talenan karena bisa menimbulkan bau tengik.

Selain langkah-langkah di atas, Anda bisa merawatnya dengan cara memotong lemon menjadi dua bagian, lalu gosokkan potongan lemon tersebut ke atas permukaan talenan bambu agar talenan lebih segar. Asam alami dari lemon akan memecah residu yang tersisa di talenan Anda.

3. Cara Membersihkan Talenan Karet

cara-membersihkan-talenan-04

Salah satu keuntungan memiliki talenan karet adalah permukaannya tidak berpori dan tidak menyerap sehingga lebih anti bakteri daripada talenan kayu atau bambu. Berikut adalah cara membersihkan talenan karet:

  • Gosok talenan karet dengan air dan sabun.
  • Jangan pernah mencuci talenan karet di dishwasher karena suhu tinggi dapat merusak material pembuatnya.

Cara Merawat Talenan Karet

Tidak seperti talenan kayu atau bambu, talenan karet tidak membutuhkan perawatan detail. Anda hanya perlu mengganti talenan karet dengan yang baru jika kondisinya sudah rusak akibat potongan pisau. Cara ini untuk mencegah bakteri berkembang biak di celah yang dihasilkan potongan pisau tersebut. Selebihnya, talenan karet biasanya memiliki masa pakai yang lebih lama.

4. Cara Membersihkan Talenan Komposit

cara-membersihkan-talenan-05

Untuk membersihkan talenan komposit, Anda bisa membilasnya dan letakkan di dishwasher. Talenan komposit biasanya terbuat dari material yang tahan lama dan tahan banting. Talenan komposit biasanya tahan di suhu sampai 121C.  Itu artinya, talenan dari bahan komposit ini cocok untuk memotong daging.

Cara Merawat Talenan Komposit

Meskipun talenan komposit tahan pada goresan daripada talenan kayu atau plastik, Anda perlu mengganti talenan ini begitu kondisinya rusak. Jika permukaan talenan rusak, biasanya ini akan menghasilkan aroma tidak sedap.

5. Cara Membersihkan Talenan Fleksibel

cara-membersihkan-talenan-06

Setelah selesai menggunakan talenan fleksibel, Anda bisa membersihkannya dengan membilasnya pakai air hangat dan letakkan di dishwasher. Talenan fleksibel hadir dengan desain yang mudah ditekuk. Ini artinya, Anda bisa menekuk talenan ini menjadi corong untuk memasukkan bahan makanan yang sudah diiris ke dalam panci atau wajan.Talenan fleksibel biasanya terbuat dari resin plastik yang mencegah pertumbuhan bakteri.

Cara Merawat Talenan Fleksibel

Sebagian besar talenan fleksibel biasanya tipis sekali dan tidak semua talenan cocok digunakan untuk memotong makanan dengan menggunakan pisau yang sangat tajam. Jika potongan pisau menciptakan celah di talenan Anda, segeralah ganti talenan Anda dengan yang baru.

6. Cara Membersihkan Talenan Plastik

cara-membersihkan-talenan-07

Sebagian besar talenan plastik didesain aman digunakan untuk dishwasher. Namun, paparan suhu tinggi yang berulang-berulang dapat membuat talenan melengkung. Anda bisa membersihkan talenan plastik dengan cara sebagai berikut:

  • Buat cairan pembersih dari 1 sendok teh pemutih dan 1 liter air.
  • Bersihkan talenan plastik dengan cairan pembersih tersebut, lalu bilas dengan air panas.

Alternatif lainnya, Anda bisa menggunakan pasta yang dibuat dari 1 sendok teh baking soda, 1 sendok teh garam, dan 1 sendok teh air. Campuran ini akan menghilangkan setiap noda yang ada di permukaan talenan plastik dan membuat talenan Anda tampak putih bersih.

Talenan plastik biasanya terbuat dari plastik bahan poly yang tidak berpori-pori. Ini artinya, talenan ini aman untuk menjadi alas buat memotong segala jenis makanan. Permukaannya yang tahan pada potongan pisau akan membantu Anda mencegah terjadinya kontaminasi silang.

Cara Merawat Talenan Plastik

Jika Anda melihat goresan atau celah pada talenan plastik Anda, gunakan sabut besi untuk menghilangkan sisa plastik yang terlepas di talenan Anda. Lalu gunakan belt sander untuk menghaluskan permukaan talenan.

Setiap jenis talenan membutuh perawatan yang berbeda-beda, tergantung pada karakteristik material talenan. Yang terpenting, Anda sudah tahu cara membersihkan talenan dengan tepat. Ini akan membantu Anda menghindari kontaminasi silang yang akan merugikan restoran Anda.

Photos source: Pixabay

Related Articles

Connect with Nibble