Foodies Guide To F&B Industry

Cara Memilih Gula untuk Berbagai Menu di Restoran Anda

February 10, 20195 min readReviews

Gula merupakan bahan makanan yang sangat berperan untuk memberikan rasa manis pada makanan dan minuman. Untuk itu, Anda harus memilih gula yang tepat sesuai dengan kebutuhan Anda. Selain menambahkan rasa manis, gula juga berperan dalam menyeimbangkan keasaman dalam makanan dan juga berperan untuk menciptakan tampilan dan rasa yang menarik. Pada makanan yang dipanggang, gula akan menambahkan rasa manis pada makanan, mempertahankan kelembaban, memperpanjang daya simpan, membantu proses creaming, dan memberikan rasa pada crust makanan yang dipanggang.

Tidak semua gula diciptakan sama. Semua jenis gula punya fungsi masing-masing untuk memenuhi kebutuhan Anda. Jika Anda masih bingung memilih gula apa yang tepat untuk kebutuhan Anda, mari simak artikel berikut ini.

1. Pemanis Buatan

memilih-gula-02

Pemanis buatan merupakan zat pengganti gula yang tidak memiliki nilai nutrisi. Beberapa jenis pemanis buatan yang sering digunakan di pasaran adalah Aspartame, Acesulfame-K, Saccharin, dan Sucralose.

Cocok digunakan untuk:

Jika Anda memilih gula ini, Anda harus tahu cara menggunakannya. Misalnya, Aspartame tidak disarankan untuk semua makanan yang dipanggang dan juga tidak cocok dengan semua peralatan masak. Rasa manis pada Aspartame akan hilang saat dimasak dengan suhu tinggi dalam waktu yang lama. Sedangkan Acesulfame-K dan Saccharin bisa digunakan untuk makanan yang dipanggang dan tidak akan kehilangan rasa manisnya. Lain halnya dengan Sucralose, pemanis buatan ini tidak cocok untuk digunakan dalam beberapa resep, terutama resep cake yang sangat mengandalkan gula untuk menjadi struktur dasarnya. Selain itu, makanan yang diberikan sucralose harus dimasukkan ke kulkas.

2. Gula Coklat

memilih-gula-03

Gula coklat atau brown sugar terdiri dari gula halus, gula pasir dengan sedikit bagian yang kotor alias tidak putih bersih dan biasanya ditambahkan molase. Gula ini bersifat agak lembab dan tersedia dalam dua jenis, yaitu gula coklat terang atau gelap. Gula coklat yang gelap biasanya memiliki rasa molase yang lebih kuat dibandingkan gula coklat yang terang warnanya.

Cocok digunakan untuk:

Saat memilih gula ini, Anda bisa menggunakannya ketika membuat kue, pastry, saus, atau makanan yang gurih.

3. Confectioners' (Powdered)/10X Sugar

memilih-gula-04

Confectioners' (Powdered) dan 10X Sugar merupakan gula murni yang teksturnya dibuat jadi lebih halus lagi dengan tambahan sedikit tepung jagung untuk mencegah penggumpalan pada gula. Gula ini dapat dibedakan menurut tingkat kehalusannya, dimulai dari XX sampai 14X. 14X adalah jenis gula terbaik dari gula bubuk ini.

Sedangkan 10X adalah gula bubuk standar yang biasanya Anda temukan di toko bahan kue dan makanan. Gula ini paling banyak digunakan untuk membuat frosting, whipped cream, dan untuk finishing pastry. Saat gula ini dicampur dengan air, teksturnya akan mengkristal yang dapat mempercantik penampilan kue dan cemilan lainnya.

Gula 14X atau yang dikenal sebagai superfine sugar adalah gula bubuk terbaik. Gula ini punya tingkat larut yang tinggi sehingga sering digunakan dalam resep cocktail, seperti Mojito, Tiki, dan minuman lain berbahan dasar rum. Gula ini juga cocok digunakan untuk membuat Es Teh, Kopi, atau Teh panas. Anda juga bisa memilih gula ini saat ingin memanggang kue.

Cocok digunakan untuk:

Digunakan untuk makanan yang dipanggang, pastry, dan juga bisa digunakan sebagai icing, minuman, atau hiasan dekoratif pada cake.

4. Gula Perisa (Rimming)

memilih-gula-05

Gula perisa atau rimming sugar terdiri dari gula dengan perasa tambahan. Gula ini paling sering digunakan untuk memberi warna pada pinggiran gelas margarita dan martini.

Cocok digunakan untuk:

Menghias gelas cocktail

5. Gula Pasir atau Gula Putih

memilih-gula-06

Gula pasir sangat alami dan murni, berasal dari tebu. Ukurannya sangat kecil, tapi bisa tersedia dalam berbagai ukuran, mulai dari yang kasar sampai yang sangat halus (14X), ukurannya ada yang kotak atau seperti tablet.

Cocok digunakan untuk:

Jika memilih gula ini, Anda bisa memanfaatkannya untuk membuat kue, pastry, sauce, dan makanan yang gurih.

6. Gula Aren

memilih-gula-07

Gula aren merupakan gula yang tidak dimurnikan. Ini terbuat dari getah pohon aren atau tebu. Teksturnya kasar dan warnanya gelap. Biasanya tersedia dalam bentuk yang lunak atau padat.

Cocok digunakan untuk:

Makanan India, selai pada roti. Anda juga bisa memilih gula ini dan menjadikannya sebagai pemanis untuk kue, dan makanan manis buatan Anda.

7. Gula Maple

memilih-gula-08

Gula ini terbuat dari getah pohon maple. Awalnya berbentuk cairan, lalu direbus sampai mendekati titik uap. Hasilnya, gula ini terasa lebih manis daripada gula pasir biasa.

Cocok digunakan untuk:

Untuk makanan yang dipanggang serta sebagai pemanis sereal, yoghurt, kopi, dan teh.     

8. Tebu

memilih-gula-09

Tebu adalah sumber gula. Tanaman ini merupakan keluarga dari rumput dan bisa dimakan dengan cara direbus. Tebu bisa didapatkan dalam bentuk batang dan rasanya kurang manis bila dibandingkan dengan gula pasir.

Cocok digunakan untuk:

Anda bisa memilih tebu untuk digunakan sebagai camilan atau hiasan.

9. Madu

memilih-gula-10

Madu merupakan cairan kental yang manis berasal dari nektar bunga. Madu dihasilkan oleh lebah dan warna madu sangat bervariasi, ada yang kuning, pucat, coklat tua, dan lain-lain. Biasanya rasa madu makin manis jika warna lebih gelap. Jenis madu pun ada banyak, biasanya dinamakan berdasarkan dari jenis bunga apa madu itu berasal. Bentuk madu ada yang seperti sarang lebah, potongan besar, cairan, atau whipped.

Cocok digunakan untuk:

Membuat kue, roti, makanan yang gurih, minuman, dan bisa jadi selai untuk roti.

10. Sirup Maple

memilih-gula-11

Sirup maple merupakan hasil getah pohon maple yang direbus. Warnanya coklat keemasan dan memiliki rasa yang unik.

Cocok digunakan untuk:

Anda bisa memilih gula berupa sirup maple untuk Pancake, Waffle, French Toast, roti, kue, dan makanan lainnya yang lezat.

11. Molase

Molase adalah produk sampingan dari produk gula pasir. Molase tersedia dalam beberapa jenis, yaitu light, dark, dan blackstrap. Aroma dan rasa molase akan lebih intens pada molase yang berwarna lebih gelap.

Cocok digunakan untuk:

Masakan pancake, waffle, dan French Toast, roti, kue, dan makanan lainnya yang lezat.

Jadi Anda mau memilih gula yang seperti apa? Apakah butuh gula pasir biasa, tebu, gula coklat, atau pemanis buatan. Pastikan Anda tidak salah memilih gula agar hasil makanan dan minuman Anda tetap juara.

Photo source: Pexels

Related Articles

Connect with Nibble