Foodies Guide To F&B Industry

Cara Memulai Loyalty Program untuk Marketing Restoran

April 23, 20196 min readTips & Tricks

Memulai loyalty program sebagai bentuk marketing restoran untuk pelanggan adalah cara terbaik bagi restoran untuk menjaga kepuasan pelanggan agar mereka kembali lagi ke restoran Anda. Program ini adalah asset penting untuk setiap restoran, tapi bagaimana agar hasilnya maksimal? Pertama-tama, Anda harus memutuskan bagaimana program marketing restoran ini akan menghasilkan hasil terbaik bagi pelanggan dan bisnis Anda sembari mencoba memberikan berbagai hadiah untuk kesetiaan pelanggan Anda. Kali ini, kami akan menjelaskan beberapa ide loyalty program yang bisa Anda jalankan di restoran Anda.

Bagaimana Cara Mendapatkan Kesetiaan Pelanggan?

marketing-restoran-02

Pelanggan yang kerap kali mengunjungi restoran Anda kemungkinan besar akan mengikuti loyalty program sebagai marketing restoran. Jadi bagaimana cara meningkatkan frekuensi kedatangan pelanggan?

Pelanggan Anda akan mengingat hal-hal kecil yang mungkin Anda anggap remeh. Jangan ragu untuk menanyakan nama pelanggan Anda, bertanya tentang kegiatannya sekarang, atau bertanya kepada mereka apakah mereka mau memesan makanan dan minuman yang biasanya mereka pesan. Pelanggan yang datang kembali ke restoran Anda biasanya akan mendapat penghargaan dari karyawan restoran dengan mengingat wajah, nama, dan makanan favoritnya.

Memang pelanggan akan senang dengan bentuk marketing restoran Anda, seperti program happy hour, atau menu spesial restoran Anda. Namun setelah mendapatkan apresiasi dari pelanggan, ini saatnya untuk lebih mempersempit pilihan reward dan promosi hanya untuk pelanggan setia Anda. Pastikan agar pelanggan setia restoran Anda merasa bahwa mereka mendapatkan perhatian spesial sebagai pelanggan tetap.

Apakah Kebiasaan Pelanggan Dapat Berubah?

marketing-restoran-03

Jika pelanggan Anda memutuskan untuk menjadi bagian dari loyalty program, bagaimana efeknya terhadap kebiasaan berbelanja mereka? Penelitian menunjukkan bahwa pelanggan yang terlibat dalam loyalty program akan menghabiskan lebih banyak uang dari pelanggan baru. Meski begitu, jangan sampai Anda membuat mereka merasa bahwa untuk mendapatkan rewards membutuhkan banyak usaha karena faktanya, tren terkini menunjukkan bahwa pelanggan enggan menghabiskan waktunya untuk terlibat dalam loyalty program jika mereka harus mengisi banyak survey online atau harus membawa  loyalty card. Program reward untuk pelanggan terbaik sebaiknya tidak melibatkan kupon-kupon atau loyalty card yang terlalu banyak untuk dibawa-bawa. Pastikan prosesnya semudah mungkin.

Cara Agar Program Rewards Anda Sukses

marketing-restoran-04

  • Bikin sesederhana mungkin. Pikirkan cara bagaimana Anda bisa menyederhanakan loyalty program untuk marketing restoran Anda. Buatlah survey yang mudah diisi oleh pelanggan setelah mereka makan. Berikan pertanyaan sederhana yang berkaitan dengan kualitas makanan dan pengalaman mereka berkunjung ke restoran Anda secara keseluruhan. Anda bisa memberi opsi “excellent, very good, good, average, dan poor.”
  • Berikan bonus. Berikan bonus pada pelanggan Anda yang mengisi survey. Anda bisa memberikan makanan gratis atau beri kesempatan agar mereka bisa mendapatkan hadiah tertentu. Pelanggan pasti sangat senang untuk memberi feedback untuk restoran Anda.
  • Feedback pelanggan itu penting. Jangan meremehkan pentingnya feedback pelanggan Anda. Ini bisa menjadi cara yang baik untuk meningkatkan bisnis Anda. Jika Anda ingin belajar apa yang pelanggan Anda suka dan tidak suka mengenai bisnis restoran Anda, Anda bisa menyesuaikan pelayanan dan menu restoran Anda sesuai dengan selera pelanggan.

Jenis Rewards Seperti Apa yang Bisa Anda Tawarkan?

marketing-restoran-05

Dewasa ini, semakin banyak pelanggan yang bersedia menggunakan smartphone mereka untuk mendapatkan rewards. Jadi pastikan rewards yang Anda tawarkan bisa didapatkan dengan mudah melalui handphone atau smartphone pelanggan, misalnya dengan menyediakan situs yang user friendly atau membuat aplikasi untuk smartphone. Saat pelanggan mendaftarkan diri mereka untuk bergabung dengan loyalty program restoran Anda, mintalah alamat email mereka dan kirimkan info terbaru jika Anda memiliki promosi spesial. Daripada menghitung berapa nominal yang mereka habiskan, lebih baik hitung poin mereka. Ada beberapa cara yang bisa pelanggan lakukan untuk mengumpulkan poin, seperti:

  • Loyalty card atau membership card. Loyalty card restoran bisa dalam bentuk gift card atau reward card. Daripada mendorong pelanggan untuk membayar dengan credit card, lebih baik ajak mereka untuk membayar dengan loyalty card. Pelanggan Anda pastinya akan lebih memilih opsi yang lebih cepat dan lebih mudah. Restoran Anda juga akan lebih mudah melacak status reward pelanggan menggunakan system Point of Sale (POS). Setelah melakukan beberapa kali pembelian, restoran Anda bisa memberikan reward kepada pelanggan, berupa minuman gratis atau promosi lainnya.
  • Stempel Card. Punch card merupakan cara mudah untuk melacak pembelian para pelanggan. Setiap mereka melakukan pembelian, pelanggan akan mendapatkan stempel di kartu mereka. Semakin banyak mereka mengumpulkan stempel, mereka akan mendapatkan makanan atau minuman gratis atau promosi spesial. Meskipun biasanya banyak pelanggan yang tidak suka membawa-bawa kartu seperti ini di dompet mereka, tapi program ini dapat mengakomodasi selera pelanggan Anda. Contohnya, jika pelanggan Anda sering memesan ice cream, Anda bisa memberikan ice cream gratis setelah mereka mengumpulkan 10 stempel. Di balik kartu tersebut, Anda bisa memaksimalkanya dengan memberi menu lain. Misalnya, jika pelanggan memesan 5 menu pembuka, mereka bisa mendapatkan dessert gratis.
  • Automatic rewards systems dan databases. Anda bisa secara otomatis mendaftarkan pelanggan ke dalam loyalty program Anda saat mereka membayar dengan credit card. Sistem POS Anda akan sangat berguna untuk melacak setiap pelanggan setia Anda. Anda bisa memasukkan tanggal lahir dan alamat email mereka ke dalam sistem, lalu berikan mereka hadiah spesial saat mereka berulang tahun. Hal ini tentunya akan membuat pelanggan senang karena mereka merasa sangat dihargai dan Anda sendiri bisa melacak seberapa sering mereka mampir ke restoran Anda.
  • Nota pembelian. Anda bisa menggunakan nota pembelian untuk mempromosikan program reward Anda. Masukkan link situs di dalam nota pembelian agar pelanggan bisa mendapatkan hadiah spesial atau bisa juga link tersebut menuju tautan untuk masuk ke sebuah giveaway atau kontes yang diadakan oleh restoran Anda. Anda juga bisa memberikan makanan gratis atau diskon spesial jika pelanggan membawa nota tersebut saat mereka datang lagi ke restoran Anda. Ini akan mendorong mereka untuk berkunjung kembali.

Apa Lagi yang Perlu Dipertimbangkan?

marketing-restoran-06

Ada beberapa hal lagi yang perlu dipertimbangkan saat Anda sedang memikirkan ide untuk program loyalty reward sebagai marketing restoran Anda, antara lain:

  • Pelanggan Anda pasti ingin agar hadiah yang Anda berikan mudah didapat dan menguntungkan. Misalnya, pelanggan yang berusia di bawah 21 tahun tidak akan termotivasi untuk mengumpulkan poin demi mendapatkan diskon buat pembelian minuman beralkohol di restoran Anda karena harganya terlalu mahal untuk mereka.
  • Berikan hadiah yang secara khusus sesuai dengan karakter pelanggan Anda agar program loyalty reward ini berjalan dengan efektif. Tidak ada salahnya untuk menawarkan hadiah seperti kaos, topi, atau hal lain yang bisa mempromosikan restoran Anda secara tidak langsung. Dengan cara ini, Anda bisa mengombinasikan rewarding, marketing restoran, dan advertising dalam satu program.
  • Jika Anda menyadari kalau restoran Anda tidak terlalu banyak pengunjung di hari tertentu atau jam tertentu, berikan poin ganda kepada pelanggan saat mereka melakukan pembelian di waktu-waktu tersebut.

Banyak sekali bukan ide loyalty program yang bisa digunakan untuk marketing restoran? Tujuan utama dari program ini adalah untuk meningkatkan jumlah pelanggan Anda untuk mengunjungi restoran. Jika pelanggan Anda senang dan merasa diuntungkan oleh program loyalty rewards yang Anda buat, maka restoran Anda juga dapat menikmati hasilnya.

Photos source: Pexels

Related Articles

Connect with Nibble