Foodies Guide To F&B Industry

Cara Menggunakan Coffee Maker dengan Mudah

December 17, 20184 min readReviews

Sebuah cafe akan jauh lebih menarik jika menawarkan beragam minuman yang berbahan dasar kopi. Belajar cara menggunakan coffee maker dan berinvestasi membeli alat tersebut bisa menjadi pilihan terbaik untuk membuat cafe Anda makin ramai pengunjung. Namun, kita perlu belajar menggunakan coffee maker terlebih dahulu untuk menghasilkan Kopi yang enak. Bagaimana caranya? Mari simak penjelasannya di sini.

Berkenalan dengan Espresso

cara-menggunakan-coffee-maker-02

Sebagai bahan utama membuat berbagai varian menu Kopi, kita memerlukan espresso. Espresso merupakan kopi yang dihaluskan, lalu diseduh dengan air yang hampir mendidih. Setiap shot espresso mengandung kandungan kafein cukup banyak sehingga terasa cukup pahit. Tapi tenang saja, Anda bisa menambahkan susu untuk menyamarkan rasa pahitnya. Kombinasi espresso dan susu akan menghasilkan beragam menu Kopi, seperti cappuccino, latte, dan macchiato.

Mengenal Bagian-Bagian Coffee Maker

cara-menggunakan-coffee-maker-03

Sekilas, membuat espresso dan mempraktekkan cara menggunakan coffee maker terlihat sangat sulit, khususnya untuk para barista pemula. Apalagi pada sebuah coffee maker, ada banyak knobs atau tombol yang harus ditekan. Sebenarnya kalau Anda sudah mengetahui caranya, penggunaannya tidak sesulit yang Anda bayangkan. Umumnya setiap coffee maker memiliki fitur yang hampir sama, yaitu:

A. Portafilter atau penyaring

Ini adalah tempat espresso bubuk untuk di brew.

B. Grouphead

Ini adalah tempat meletakkan portafilter untuk brewing espresso. Coffee maker yang ukurannya besar biasanya punya lebih dari satu grouphead.

C. Steam Wand

Bagian ini berupa corong yang terbuat dari metal untuk mengeluarkan steam. 

D. Hot Water Spigot

Tugas hot water spigot adalah untuk mengeluarkan air panas buat keperluan membuat Hot Tea atau Americano.

E. Shot Buttons

Tombol ini akan mengirimkan air ke portafilter. Biasanya ada pilihan single shot, single long, double shot, atau double long.

Step by Step Cara Menggunakan Coffee Maker

cara-menggunakan-coffee-maker-04

1. Lepaskan portafilter dari grouphead dan bersihkan bagian tersebut untuk menghilangkan sisa residu.

2. Dengan menggunakan espresso bean grinder, letakkan biji kopi yang baru digiling ke dalam portafilter Anda.

3. Ratakan kopi yang berada di dalam portafilter dengan menggoyang portafilter dalam gerakan melingkar. Pastikan untuk menghilangkan remah-remah kopi yang tersisa di sekitar tepi portafilter.

4. Padatkan kopi yang ada di dalam portafilter dengan menggunakan metal tamper. Bagian atas kopi harus halus dan rata.

5. Pasang portafilter kembali ke grouphead.

6. Lalu brewing kopi tersebut. Biasanya dalam sebuah coffee maker, ada pilihan single shot, double shot atau triple shot.

7. Perhatikan waktu yang dibutuhkan coffee maker untuk menghasilkan espresso yang jumlah sesuai dengan preferensi Anda.

8. Setelah jadi, tuanglah shot ke dalam espresso cup.

9. Letakkan espresso cup di atas saucer, lalu sajikan ke pelanggan.

Cara Steaming Milk

cara-menggunakan-coffee-maker-05

Peraturan utama dalam melakukan steaming milk adalah susu tidak boleh di steam dua kali. Lebih baik kita belajar mengira-ngira berapa takaran susu yang pas untuk di steam. Mengapa demikian? Protein dalam susu hanya bisa dipecah satu kali, saat kita memanaskan susu lebih dari sekali, rasa susu akan terasa aneh karena ada sensasi “gosong”nya. Hentikan proses steaming saat susu mencapai suhu yang Anda inginkan, biasanya sekitar 150F.

Istilah Espresso yang Harus Anda Ketahui

cara-menggunakan-coffee-maker-06

Jika ini adalah kali pertama Anda belajar cara menggunakan coffee maker, cari tahu beberapa istilah yang berkaitan dengan espresso, berikut ini:

1. Crema

Cairan berwarna terang yang pertama kali keluar saat menghasilkan espresso shot. Setelah cairan espresso yang berwarna lebih gelap keluar dan bercampur dengan crema, cairan yang warnanya lebih terang akan naik ke atas permukaan epsresso.

2. Pulling a shot

Ini artinya menggunakan coffee maker untuk menghasilkan espresso shot. Frasa ini tercipta karena pada jaman dahulu, barista harus menarik tuas pada coffee maker untuk menghasilkan espresso shot.

3. Purging the steam wand

Ini adalah istilah saat Anda membiarkan uap keluar dari wand di coffee maker. Hal ini akan membantu Anda menghilangkan residu dan juga memanaskan wand.

Tidak sulit bukan belajar cara menggunakan coffee maker? Jika Anda masih kesulitan, ada baiknya untuk belajar langsung ke barista profesional yang lebih berpengalaman. Selamat meracik kopi dan membuat pelanggan Anda terpesona dengan Kopi yang Anda ciptakan.

Photo source: Pixabay

Related Articles

Connect with Nibble