Foodies Guide To F&B Industry

Cara Menghemat Pengeluaran Operasional Restoran

January 11, 20196 min readReviews

Biaya operasional restoran sangatlah mahal. Pengeluaran operasional yang paling besar biasanya terletak di biaya utilitas, sewa tempat, pemasaran, dan gaji karyawan. Perlu dicatat, biaya-biaya ini disebut sebagai biaya overhead, di mana pengeluaran tersebut tidak berhubungan langsung dengan proses untuk membuat menu makanan atau pengadaan bahan makanan. Beberapa jenis biaya overhead mungkin merupakan pengeluaran tetap yang harus dibayar oleh Anda, tapi sebenarnya ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan sebagai cara menghemat pengeluaran overhead tersebut.

Langkah-langkah seperti melakukan negosiasi dengan pemilik bangunan atau membeli peralatan dapur restoran yang terbukti lebih efisien bisa jadi cara menghemat pengeluaran overhead. Dengan begini, bukan tidak mungkin biaya overhead Anda akan menyusut tidak sebesar biasanya.

Cara Menghemat Pengeluaran Sewa Tempat

cara-menghemat-pengeluaran-02

Biaya sewa tempat sering menjadi pengeluaran terbesar dari sebuah restoran. Mungkin sangat sulit untuk bisa dapat cara menghemat pengeluaran biaya sewa tempat, tapi tidak ada salahnya untuk mencoba beberapa langkah ini:

1. Negosiasikan Ulang Perjanjian Sewa

Jika Anda membayar sewa tempat per bulan, ada baiknya untuk menegosiasikan ulang perjanjian sewa dengan pemilik tempat tersebut. Restoran Anda bisa menjadi pemasukan tetap untuk pemilik tempat tersebut. Kalau Anda berencana untuk menempati lokasi tersebut selama beberapa tahun, sampaikan keinginan Anda, siapa tahu pemilik tempat itu bersedia membuat kesepakatan untuk menurunkan biaya sewa tempat lebih murah.

2. Sewakan Area Restoran Anda Ke Pebisnis Lain

Anda bisa mendapatkan uang tambahan dengan cara ini. Misalnya, jika restoran Anda tutup jam 7 malam, Anda bisa menyewakan lahan parkir restoran Anda ke pemilik usaha street food yang hanya buka saat malam. Atau bisa juga Anda menyewakan area dapur restoran Anda di luar jam operasional restoran ke pengusaha catering yang butuh ruang dapur lebih banyak untuk menyiapkan makanan.

Cara Menghemat Pengeluaran Pemasaran

cara-menghemat-pengeluaran-03

Biaya pemasaran tidak perlu mahal-mahal. Hanya dengan sedikit biaya pemasaran, Anda bisa mendapatkan dampak yang besar jika melakukannya dengan tepat. Selain itu, ada banyak cara pemasaran yang bahkan tidak perlu mengeluarkan biaya sedikitpun. Alternatif ini bisa Anda lakukan sebagai cara menghemat pengeluaran overhead besar-besaran.

Salah satu alternatif pemasaran tanpa biaya adalah mengadakan event seperti nonton bareng atau happy hour. Bila Anda secara rutin menggelar acara-acara seru, pasti akan ada banyak pelanggan setia yang akan kembali ke restoran Anda.

1. Marketing Melalui Social Media

Social media bukan hanya untuk anak muda saja. Banyak juga orang dewasa yang punya akun social media di jaman sekarang. Ini menjadikan social media sebagai cara paling ampuh untuk menggaet pasar potensial. Anda bisa mengunggah foto atau video yang menggambarkan kelezatan makanan di restoran Anda ke Facebook, Twitter, atau Instagram. Anda juga akan lebih mudah memberikan info kepada pelanggan tentang menu terbaru atau event yang akan diselenggarakan di restoran Anda.

Selain itu, Anda juga melakukan retweet atau repost foto makanan yang diunggah oleh pelanggan Anda untuk berinteraksi dengan mereka. Saat Anda berinteraksi dengan mereka, itu artinya Anda juga sedang menjangkau followers mereka yang bisa menjadi target market yang potensial untuk restoran Anda.

2. Ulasan Online di Situs Pencari Restoran

Hubungan restoran dengan situs pencari restoran ibarat seperti love/hate relationship. Setiap ulasan pelanggan yang dipost di situs-situs tersebut sangat memberikan dampak yang sangat besar bagi restoran Anda. Banyak orang yang mengambil keputusan untuk memilih sebuah restoran dengan membaca ulasan online. Jadi jangan remehkan kekuatan dari sebuah ulasan.

Tapi Anda perlu ingat, ulasan dari pelanggan tidak akan hanya ada yang positif saja. Anda tidak bisa mengontrol pelanggan jika mereka memberikan ulasan negatif yang akhirnya dapat berdampak buruk untuk bisnis restoran Anda. Untungnya, sebagian besar situs pencari restoran memperbolehkan pemilik restoran untuk mengklaim bisnisnya sehingga Anda punya kesempatan untuk memberikan respons buat ulasan negatif yang diberikan pelanggan. Jika mendapatkan ulasan negatif, sebaiknya perlakukan ulasan tersebut seperti sedang berhadapan dengan pelanggan yang tidak puas. Anda bisa meminta maaf, mengembalikan uang, atau memberikan diskon agar mereka mau datang kembali ke restoran Anda.

Namun sebaiknya jangan pernah meminta dan memaksa pelanggan untuk memberikan ulasan positif di situs pencari restoran. Hal ini akan membuat Anda terlihat putus asa dan membuat para pelanggan tidak mempercayai restoran Anda lagi. Lebih baik, biarkan ulasan-ulasan tersebut mengalir apa adanya. Dan selalu berikan yang terbaik kepada semua pelanggan Anda, baik itu dalam hal pelayanan maupun makanan agar ulasan positif akan datang dengan sendirinya.

Cara Menghemat Pengeluaran Pengadaan Peralatan di Restoran

cara-menghemat-pengeluaran-04

Anda juga butuh mengeluarkan banyak biaya untuk penyediaan dan pemeliharaan peralatan di restoran. Terkadang, salah satu cara menghemat pengeluaran overhead adalah dengan mengganti peralatan lama. Peralatan masak yang baru biasanya dilengkapi dengan fitur hemat energi yang akhirnya akan memangkas biaya utilitas dalam jangka panjang. Selain itu, ada beberapa cara menghemat pengeluaran lain yang bisa Anda lakukan, seperti:

  • Pertimbangkan untuk membeli combi ovens. Oven model ini memiliki tiga fungsi yang unik, yaitu convection, steam, dan kombinasi dari keduanya. Ini artinya Anda dapat membuat beragam jenis makanan hanya dengan satu alat. Karena fungsinya banyak, Anda bisa meniadakan beberapa jenis alat masak hanya dengan berinvestasi pada combi ovens ini.

  • Steamer komersial juga menjadi pilihan terbaik sebagai cara menghemat pengeluaran, khususnya jika restoran Anda sering membuat makanan dengan cara dikukus atau direbus. Anda bisa mengukus makanan dengan steamer komersial hanya dengan sekali pencet. Kalau area dapur Anda terbatas, Anda bisa memilih yang ukurannya lebih kecil dan tidak makan tempat.

  • Alat pencuci piring komersial juga bisa menjadi investasi yang menguntungkan bagi bisnis restoran Anda. Alat ini bahkan bisa menggantikan posisi karyawan Anda yang bertugas untuk mencuci piring. Itu artinya, ini bisa jadi cara menghemat pengeluaran gaji karyawan.

Cara Menghemat Pengeluaran Utilitas

cara-menghemat-pengeluaran-05

Salah satu cara menghemat pengeluaran utilitas yang paling jitu adalah dengan menggunakan alat-alat hemat energi. Selain itu, ada beberapa cara lain yang bisa Anda praktekkan.

  • Lelehkan makanan beku di kulkas chiller daripada harus melelehkannya di bawah air mengalir selama beberapa waktu.

  • Matikan lampu di area restoran yang tidak dipakai. Anda juga bisa lebih menghemat biaya listrik dengan menggunakan lampu hemat energi, seperti LED.

  • Beli peralatan seperti faucet aerators yang bisa mengurangi jumlah pemakaian air di area pencucian piring.

  • Berikan air mineral gratis ke pelanggan hanya saat mereka memintanya. Jika kita memberikannya dari awal, bukan tidak mungkin air tersebut tidak diminum dan harus dibuang sia-sia. Mungkin ini terlihat sedikit, tapi coba jumlahkan berapa gelas air yang terbuang dari sebulan. Pasti jumlahnya cukup besar.

  • Jangan mengisi kulkas, freezer, atau walk-in coolers dengan terlalu banyak bahan makanan. Peralatan ini bekerja dengan cara mengalirkan udara dingin. Jika isi kulkas terlalu penuh, udara tidak bisa mengalir dengan baik sehingga memaksa alat ini bekerja lebih keras untuk mempertahankan suhu dingin.

  • Jika menggunakan alat pencuci piring, sebaiknya tunggu sampai sudah banyak piring kotor menumpuk untuk dicuci. Ini akan jauh lebih hemat daripada Anda mencuci piring dalam jumlah yang sedikit-sedikit sepanjang hari.

  • Matikan alat pencuci piring di malam hari. Banyak dishwasher yang memiliki water tank untuk menjaga suhu air tetap panas sepanjang waktu.

Biaya overhead yang berlebihan dapat mengurangi keuntungan bisnis restoran Anda. Tapi jika Anda dapat mengelola biaya pengeluaran overhead seefisien mungkin, ini justru akan membantu Anda meningkatkan laba. Jadi jangan tunggu lama-lama untuk menerapkan cara menghemat pengeluaran overhead yang sudah dijelaskan di atas.

Photos source: pixabay

Related Articles

Connect with Nibble