Foodies Guide To F&B Industry

Cara Mengurangi Sampah Makanan di Restoran

December 15, 20185 min readReviews

Ada banyak hal yang harus dipikirkan saat Anda membuka sebuah restoran. Di satu sisi, Anda harus memikirkan bahan makanan yang akan diolah, memikirkan keuangan restoran, mengatur sumber daya manusia, dan yang tidak kalah penting adalah memikirkan cara mengurangi sampah makanan sisa di restoran. Tidak semua orang mau menghabiskan makanan yang dipesan. Ini yang membuat tumpukan sisa-sisa makanan menggunung di tong sampah dan tentu saja ini menjadi salah satu sumber pemborosan biaya di restoran. Lalu apa yang bisa kita lakukan sebagai cara mengurangi sampah makanan di restoran? Mari simak penjelasannya lebih lanjut.

Bagi Menjadi Tiga Kategori Sampah

Agar kita lebih mudah mencari solusi cara mengurangi sampah makanan di restoran, ada baiknya kita membagi sampah-sampah makanan tersebut dalam tiga kategori, yaitu:

1. Pre-consumer waste : Sampah makanan yang dihasilkan di dapur.

2. Post-consumer waste : Makanan sisa pelanggan.

3. Disposables : Sampah seperti alat makan plastik, botol plastik, atau kemasan makanan.

Setelah itu, kita akan lebih mudah memikirkan cara mengurangi sampah di setiap kategorinya.

Cara Mengurangi Sampah Kategori Pre-Consumer Waste

cara-mengurangi-sampah-01

Anda memiliki kontrol besar dalam mengurangi pre-consumer waste. Sampah jenis ini biasanya berkaitan dengan cara memesan bahan baku makanan, menyimpan makanan, menyiapkan makanan, dan mangatasi bahan baku makanan yang berlebihan. Jadi jangan sia-siakan kesempatan Anda untuk mengaplikasikan cara mengurangi sampah makanan di dapur semaksimal mungkin. Hal yang bisa Anda lakukan, antara lain:

1. Mengevaluasi Inventori

Jika Anda menemukan bahan makanan yang terlalu lama disimpan, jangan sampai Anda memesan makanan tersebut terlalu banyak.

2. Periksa Tempat Penyimpanan Makanan

Jika bahan makanan sering ditemukan dalam kondisi rusak atau busuk sebelum Anda mengolahnya, itu artinya Anda harus memeriksa bagaimana bahan makanan tersebut disimpan. Apakah tempat penyimpanan terlalu lembab? Apakah cara menyimpan makanannya sudah tepat?

3. Cari Cara untuk Mengolah Sisa Bahan Makanan

Misalnya, Anda punya sisa daging ayam yang sebenarnya dibeli untuk dijadikan Ayam Goreng. Anda bisa memanfaatkan sisa daging ayam tersebut sebagai bahan tambahan Sup. Chef berpengalaman pasti mampu mengolah bahan makanan yang berlebih menjadi menu-menu istimewa.

4. Latih Staff Restoran untuk Mencari Cara Mengurangi Sampah

Pastikan staff Anda tahu berapa harga bahan makanan yang ada di dapur. Dengan cara ini, Anda bisa mengajarkan mereka untuk memperlakukan setiap bahan makanan dengan baik karena mereka menghargai setiap uang yang harus dikeluarkan untuk membeli bahan makanan tersebut. Anda juga bisa melatih mereka mengaplikasikan teknik menyiapkan makanan yang tepat sehingga sampah makanan bisa diminimalisir.

5. Pastikan Keluar Masuknya Bahan Makanan Sudah Tepat

Salah satu cara mengurangi sampah makanan di dapur adalah dengan memastikan bahan makanan yang paling cepat rusak digunakan sedini mungkin. Anda juga bisa menggunakan sistem “first in, first out”. Dengan sistem ini, Anda harus memberi label yang menuliskan keterangan kapan bahan makanan tersebut dibeli. Lalu para staf dapat menggunakan bahan yang dibeli paling pertama agar bahan makanan tersebut tidak rusak karena disimpan terlalu lama.

6. Berikan ke Staff Restoran

Jika ada sisa bahan makanan yang jumlahnya tidak cukup untuk membuat menu tertentu karena kekurangan bahan, Anda bisa memberikan bahan makanan tersebut ke staff restoran. Kebiasaan baik ini membuat para staff menghargai makanan dan tentunya mencegah makanan berkualitas baik terbuang sia-sia.

Cara Mengurangi Sampah Kategori Post-Consumer Waste

cara-mengurangi-sampah-04

Sebenarnya tidak banyak yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi sampah makanan yang sudah jatuh ke tangan pelanggan. Namun, Anda bisa mengantisipasi tumpukan sampah makanan yang sudah dipesan pelanggan dengan cara memberikan informasi menu secara detail dan menyajikan makanan dalam porsi yang tidak berlebihan. Dengan cara ini, pelanggan Anda bisa tahu apa saja bahan makanan yang terdapat pada menu pesanannya dan mereka dapat menghabiskan makanannya dengan baik.

1. Awasi Ukuran Porsi Makanan

Kalau pelanggan Anda sering menyisakan makanan di piringnya, itu tandanya porsi yang Anda berikan terlalu banyak. Anda bisa menggunakan timbangan atau menakar porsi makanan dengan satuan sendok sehingga Anda bisa menyajikan makanan dengan porsi yang tepat.

2. Beri Info Detail ke Pelanggan

Pelanggan tidak akan menyisakan banyak makanan jika setiap bahan makanan dijelaskan secara rinci di buku menu. Pastikan staff Anda bisa menjelaskan detail setiap menu dan menjawab setiap pertanyaan yang diajukan pelanggan.

3. Cari Tahu Bahan Makanan yang Sering Terbuang

Jika ada salah satu bahan makanan di menu makanan yang selalu berakhir di tempat sampah, itu artinya Anda harus mempertimbangkan untuk meninjau ulang resep yang Anda gunakan atau hilangkan bahan makanan tersebut dari menu makanan.

4. Layani Pelanggan yang Ingin Membawa Pulang Makanan Sisa

Ini adalah hal lumrah yang sering dilakukan pelanggan. Jadi pastikan Anda menyiapkan kotak makan disposable di restoran.

Cara Mengurangi Sampah Kategori Disposable Waste

cara-mengurangi-sampah-03

Penggunaan alat makan sekali pakai memang dapat mengurangi jumlah sampah makanan di restoran, tapi barang-barang disposable didesain untuk dibuang setelah dipakai. Jadi bijaklah dalam menggunakan barang disposable. Untuk mengurangi pemakaiannya, Anda bisa melakukan cara-cara berikut ini:

1. Beri Diskon Spesial untuk Pelanggan

Berikan diskon spesial untuk pelanggan yang membawa botol atau mug sendiri untuk membeli minuman.

2. Gunakan Bahan yang Mudah Terurai

Jika tidak ada cara mengurangi sampah disposable yang bisa dilakukan lagi, Anda bisa memilih alat makan sekali makan yang terbuat dari bahan yang mudah terurai.

Meski restoran Anda terlihat mampu mengurus sampah makanan, tidak ada salahnya untuk mengukur seberapa banyak limbah makanan yang Anda hasilkan setiap hari. Jika produksi limbah makanan lebih besar dari yang Anda duga, sudah sepatutnya untuk mengaplikasikan beberapa cara mengurangi sampah yang kita jelaskan di atas. Dengan begitu, Anda bisa lebih menghemat biaya dan menjaga bumi tetap lestari.

Photo source: Pixabay

Related Articles

Connect with Nibble