Foodies Guide To F&B Industry

Cara Menjadi Barista di Coffee Shop

April 22, 20195 min readTips & Tricks

Bekerja menjadi barista di coffee shop tentunya sangat ideal untuk orang-orang yang sangat suka dengan kopi, industri kuliner, atau untuk anak-anak muda yang menginginkan kerja sampingan. Jika Anda tertarik untuk menjadi barista, kami akan membahas tuntas mengenai seperti apa tugas seorang barista, dan kualitas barista yang seperti apa yang dicari oleh coffee shop terkemuka.

Tugas Seorang Barista

menjadi-barista-02

Barista dapat bekerja di berbagai tempat, mulai dari coffee shop sampai coffee house berkelas yang hanya menyeduh gourmet coffee. Tempat di mana Anda kerja akan berdampak pada seperti apa tanggung jawab yang akan Anda emban. Pada umumnya, berikut ini adalah tugas utama seseorang yang menjadi barista:

  • Melayani pelanggan dan menerima pesanan.
  • Menyeduh dan menuangkan kopi untuk pelanggan.
  • Menggiling biji kopi segar untuk diseduh menjadi secangkir kopi.
  • Menyiapkan berbagai jenis minuman, seperti teh, latte, cold brew, dan masih banyak lagi.
  • Melayani pesanan lewat drive thru, jika ada. Ini tergantung pada tempat di mana barista kerja.
  • Menangani keluar masuknya uang di coffee shop.
  • Mempersiapkan dan menyajikan makanan untuk pelanggan.
  • Melakukan tugas kebersihan, seperti membersihkan peralatan untuk membuat kopi, mencuci peralatan makan dan minum, membersihkan area makan, dan membersihkan kamar mandi.

Tugas Seorang Barista Profesional

menjadi-barista-03

Tanggung jawab yang kita sebutkan sebelumnya biasanya merupakan tanggung jawab yang diemban oleh barista pada umumnya. Di samping itu, ada beberapa tugas lain yang harus dilakukan oleh barista profesional. Seorang barista profesional harus memiliki pengetahuan luas tentang kopi, karakter kopi, pemanggangan kopi, dan juga tahu cara menyeduh kopi yang terbaik.

Barista profesional biasanya bekerja di coffee shop kelas atas yang melayani pelanggan yang rela untuk merogoh kocek lebih dalam untuk menikmati secangkir kopi berkualitas. Berikut ini adalah beberapa tanggung jawab barista profesional:

  • Belajar mengenai berbagai jenis kopi dan bijinya.
  • Menciptakan campuran kopi yang berbeda serta menentukan karakter rasanya.
  • Memberikan rekomendasi kepada pelanggan berdasarkan kesukaan mereka.
  • Menggunakan peralatan untuk membuat kopi yang berkelas buat menyeduh kopi berkualitas yang tergambar dalam rasa serta aromanya.
  • Menyiapkan berbagai jenis minuman berbahan dasar espresso, seperti latte, cappuccino, caffe machiato, dan lain sebagainya.
  • Membuat latte art untuk pelanggan.

Cara Menjadi Barista

menjadi-barista-04

Menjadi barista merupakan pekerjaan yang dicari-cari oleh para mahasiswa atau oleh orang-orang yang ingin berkecimpung di dalam dunia kuliner karena banyak coffee shop atau cafe yang mencari barista tanpa pengalaman kerja.

Meskipun pengalaman kerja tidak diutamakan saat Anda tertarik untuk menjadi barista, tapi tidak ada salahnya untuk menimba pengalaman yang berkaitan dengan kopi dan industri kuliner agar Anda dapat bekerja di coffee shop berkelas. Berikut ini kami akan menjelaskan bagaimana menjadi barista tanpa pengalaman kerja sebelumnya.

Cara Menjadi Barista Tanpa Pengalaman Kerja

menjadi-barista-05

Meski tidak memiliki pengalaman menjadi barista, Anda masih memiliki peluang besar untuk bisa menjadi barista di coffee shop atau restoran karena banyak dari pemilik industri kuliner yang tidak mempermasalahkan pengalam kerja. Jadi, tidaklah perlu merasa rendah diri jika Anda tidak punya pengalaman kerja karena sebagian besar coffee shop bersedia untuk melatih Anda menjadi barista yang handal.

Cara Menjadi Barista yang Sukses

menjadi-barista-06

Banyak pemilik coffee shop atau restoran yang lebih memilih kandidat dengan karakter yang bagus, daripada mementingkan kemampuan teknis kandidat. Berikut ini beberapa karakteristik kepribadian yang harus dimiliki oleh seorang barista:

  • Keterampilan Berkomunikasi dengan Orang: Industri kuliner adalah industri yang serba cepat. Restoran membutuhkan orang yang bisa membuat pelanggan tersenyum di tengah padatnya jam kerja mereka.
  • Semangat untuk Belajar: Orang yang memiliki kemauan untuk belajar sangat dicari karena para pemilik coffee shop bersedia mengajari para calon barista mereka.
  • Kemampuan untuk Beradaptasi di Lingkungan Kerja yang Serba Cepat: Suasana di coffee shop bisa menjadi sangat sibuk dan seorang barista profesional harus mampu menangani stres dan bisa membuat berbagai macam pesanan minuman sekaligus.
  • Memiliki Mindset yang Fokus pada Detail: Proses menyeduh kopi membutuhkan banyak langkah agar barista dapat menonjolkan cita rasanya. Saat ada kesalahan, itu akan mengacaukan rasa kopi secara drastis. Seorang barista profesional harus mampu memperhatikan setiap aspek untuk memastikan kualitas rasa dan konsistensinya.
  • Mampu Membangun Hubungan dengan Pelanggan: Membangun hubungan dengan pelanggan sangatlah penting untuk seorang barista. Hafalkan nama-nama pelanggan tetap dan juga minuman kesukaannya agar mereka merasa dihargai dan membuat mereka mau kembali lagi ke restoran atau coffee shop Anda.

Cara Menjadi Barista yang Bersertifikasi

menjadi-barista-07

Untuk barista yang sudah menekuni pekerjaan ini selama bertahun-tahun dan berencana untuk menetapkan ini sebagai karirnya, ada baiknya Anda mengambil sertifikasi. Ada beberapa sertifikasi yang bisa Anda pertimbangkan. Cobalah untuk mengeksplor sekolah atau kursus barista di sekitar Anda.

Kenapa Harus Menjadi Barista Bersertifikasi?

menjadi-barista-08

Sertifikasi barista sangat ideal untuk Anda yang berencana untuk pindah kerja dari satu coffee shop ke coffee shop lain yang lebih berkelas dan lebih banyak menjualkan kopi dan minuman berbahan dasar espresso. Selain itu, sekolah dan kursus barista akan mengajari Anda tentang bagaimana Anda harus membuat kopi dengan lebih baik serta menjaga kualitas minuman.

Para pemilik restoran atau coffee shop juga akan diuntungkan jika mempekerjakan barista bersertifikasi. Mereka dapat memanfaatkan ilmu yang Anda miliki untuk memperkaya menu kopi di buku menu mereka dan membuat proses training yang mereka jalankan lebih kredibel.

Hal yang Akan Dipelajari di Sekolah atau Kursus Barista

menjadi-barista-09

Berikut beberapa hal yang biasanya dibahas di sekolah atau kursus barista:

  • Ilmu menyeduh kopi.
  • Hal fundamental terkait dengan barista, seperti menggiling kopi, membuat espresso, dan mengukus susu.
  • Asal biji kopi dan proses jual beli biji kopi.
  • Coffee cupping dan tasting.
  • Pelatihan intensif dalam membuat espresso, menggiling biji kopi dan tamping.
  • Seluk beluk peralatan pembuat kopi.
  • Customer service.
  • Kopi cold brew.

Siapapun Anda, baik itu mahasiswa yang sedang mencari kerja paruh waktu atau penggemar kopi, pekerjaan menjadi barista adalah pilihan yang sangat bagus. Anda tidak perlu memiliki pengalaman kerja untuk menjadi seorang barista, itulah kenapa posisi ini sangat tepat untuk entry-level di industri kuliner saat ini.

Photos source: Pexels

Related Articles

Connect with Nibble