Foodies Guide To F&B Industry

Cara Menjadi Koki

April 3, 20197 min readTips & Tricks

Industri kuliner merupakan salah satu industri terbesar dan paling beragam di Indonesia. Industri ini juga sangat cepat berkembang. Industri kuliner memang punya sisi unik yang membuatnya terlihat menarik bagi para calon karyawan. Di antaranya adalah adanya kesempatan untuk mengekspresikan diri secara kreatif di tempat kerja dan kesempatan untuk pindah ke restoran di seluruh dunia. Jadi jika Anda mempertimbangkan untuk mencari cara menjadi koki, tapi Anda tidak tahu harus memulainya dari mana, kami akan menjelaskan sedikit tentang hal penting seputar koki. Mari simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Syarat untuk Menjadi Koki atau Chef

cara-menjadi-koki-02

Jika Anda memutuskan untuk menjadi koki dan menjadikan pekerjaan di industri kuliner sebagai karir utama Anda, mungkin Anda bertanya-tanya adakah syarat pendidikan dan berapa lama waktu yang harus dihabiskan untuk menjalani pelatihan agar dapat menjadi koki yang kompeten? Ayo temukan jawabannya di bawah ini.

  • Komitmen Waktu untuk Menjadi Koki: Jika Anda ingin melanjutkan pendidikan Anda ke sekolah kuliner, Anda butuh waktu selama dua tahun untuk mendapat gelar associate dan empat tahun untuk mendapatkan gelar sarjana.
  • Persyaratan Latar Belakang Pendidikan untuk Menjadi Koki: Beberapa restoran memerlukan ijazah sekolah menengah. Tapi banyak juga restoran yang tidak mempermasalahkan latar belakang pendidikan. Namun Anda mungkin akan kesulitan untuk mendapatkan posisi ini di restoran kelas atas.
  • Biaya yang Dibutuhkan untuk Mengikuti Pelatihan atau Program Singkat Menjadi Koki: Hal yang satu ini sangat bergantung pada reputasi sekolah atau tempat pelatihan yang Anda pilih, jenis kelas yang ditawarkan, dan lama program yang akan Anda ikuti. Biasanya banyak koki yang menghabiskan biaya sama seperti orang-orang yang kuliah di universitas.

Ikut Sekolah Kuliner vs Belajar dari Pengalaman

cara-menjadi-koki-03

Ada dua cara utama yang bisa Anda pilih sebagai cara menjadi koki, yaitu melalui pendidikan formal di sekolah kuliner atau belajar langsung melalui pengalaman bekerja di dapur. Kedua pilihan ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Simak penjelasannya berikut ini.

1. Cara Menjadi Koki Melalui Sekolah Kuliner

cara-menjadi-koki-04

Belajar di sekolah kuliner tentunya menjadi pilihan yang banyak diambil oleh para koki yang memiliki cita-cita tinggi. Ini bisa menjadi pilihan yang tepat jika Anda memiliki waktu dan biaya lebih. Tapi pilihan ini mungkin tidak dapat dipilih oleh banyak orang. Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan dari belajar di sekolah kuliner:

Kelebihan belajar di sekolah kuliner:

  • Sekolah kuliner akan mengajarkan Anda cara memasak yang benar, sehingga Anda tidak melakukan kebiasaan buruk terus menerus saat kerja di dapur nanti.
  • Guru Anda merupakan orang yang akan sangat berharga untuk Anda. Mereka berpotensi untuk membantu Anda mencari koneksi dan pekerjaan setelah lulus.
  • Jika Anda memiliki latar belakang sekolah kuliner, Anda bisa mengasah lidah Anda dan belajar tentang variasi rasa agar rasa masakan Anda terasa saling melengkapi satu sama lain.
  • Saat Anda belajar di sekolah kuliner, Anda akan diajarkan tentang berbagai rasa, bahan makanan, dan metode memasak yang akan memperkaya ilmu Anda. Hal ini juga akan membuat Anda lebih fleksibel dalam menentukan gaya makanan seperti apa yang ingin Anda masak.
  • Beberapa sekolah kuliner biasanya akan membantu para siswanya untuk menemukan tempat magang serta memberi peluang kerja. Ini dapat membuka pintu kesempatan yang mungkin tidak tersedia untuk semua orang.

Kekurangan belajar di sekolah kuliner:

  • Jika Anda memutuskan untuk belajar di sekolah kuliner, Anda harus berinvestasi pada waktu. Tidak semua orang mau menghabiskan waktu beberapa tahun untuk belajar.
  • Biaya yang harus Anda keluarkan juga mungkin akan sangat mahal.

2. Cara Menjadi Koki Melalui Pengalaman Kerja Langsung

cara-menjadi-koki-05

Pilihan lainnya untuk menjadi koki adalah dengan belajar dan mengasah kemampuan dengan cara bekerja di restoran. Sama seperti sekolah kuliner, pilihan ini juga memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan yang harus Anda pertimbangkan.

Kelebihan belajar dari pengalaman kerja langsung:

  • Anda dapat menghasilkan uang selama Anda belajar keterampilan memasak.
  • Anda mendapatkan pengalaman langsung di dapur sehingga Anda bisa belajar cara menghadapi masalah dan bekerja di lingkungan yang penuh dengan tekanan. Selain itu, jika Anda memiliki pengalaman bekerja di restoran, ini bisa menjadi poin unggulan yang bisa dipertimbangkan para pencari kerja.
  • Banyak koki yang bersedia mementori koki pemula yang tertarik untuk berkecimpung di industri kuliner.
  • Bekerja di restoran juga menjadi cara yang baik untuk mencari koneksi sehingga Anda tidak akan kesulitan untuk mencari kerja di masa yang akan datang.

Kekurangan belajar dari pengalaman kerja langsung:

  • Jika Anda belajar langsung di dapur, Anda tidak akan mendapatkan pelajaran yang sama seperti orang-orang yang belajar di sekolah kuliner.
  • Berhubung Anda tidak belajar dari guru yang profesional, Anda mungkin bisa tidak sengaja menerapkan teknik memasak yang buruk, misalnya salah memegang pisau atau menguasai teknik memotong bahan makanan yang tidak tepat.
  • Anda mungkin akan kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan di tingkat yang lebih tinggi daripada pelamar yang memiliki latar belakang pendidikan sekolah kuliner.

Jika Anda bingung menentukan mana yang terbaik, tidak ada jawabannya. Anda harus menyesuaikannya dengan kebutuhan dan situasi Anda. Bila Anda tidak bisa memilih salah satu di antara keduanya, Anda bisa bekerja di restoran terlebih dahulu selama beberapa tahun sambil menabung untuk kebutuhan biaya buat belajar di sekolah kuliner.

Karir di Industri Kuliner

cara-menjadi-koki-06

Ada beberapa jenis jalur karir yang dapat Anda ambil dalam industri kuliner. Ini tergantung pada minat dan kekuatan Anda. Jika Anda tertarik pada pekerjaan yang terperinci dan membutuhkan kedetailan yang sangat tinggi, Anda bisa mengejar karir sebagai pastry chef atau membuka toko roti Anda sendiri. Jika Anda tertarik untuk bekerja di berbagai lokasi yang berbeda untuk menciptakan menu yang unik, Anda bisa bekerja di bidang catering. Kali ini kami akan menjelaskan tentang berbagai pilihan karir koki di industri kuliner yang bisa Anda capai.

1. Cara Menjadi Koki Eksekutif atau Executive Chef

cara-menjadi-koki-07

Executive chef merupakan orang yang bertanggung jawab di dapur. Tugasnya adalah mengawasi semua orang yang bekerja di dapur dan sering bertanggung jawab untuk merancang menu restoran. Bagi banyak koki, posisi ini merupakan posisi tertinggi dari seorang koki. Ingin menjadi executive chef?

Untuk menjadi seorang executive chef, Anda butuh pengalaman kerja beberapa tahun di dapur restoran. Selain itu, jika Anda diberi tugas untuk merancang menu dan membuat resep baru, Anda harus membuktikan kepada pemilik restoran kalau Anda bisa membuat hidangan lezat yang sesuai dengan gaya restoran. Executive chef juga memerlukan keterampilan, manajemen waktu, kemampuan administrasi dan managerial yang sangat baik.

2. Cara Menjadi Koki Pribadi atau Personal Chef

cara-menjadi-koki-08

Juru masak pribadi akan membawa kebahagiaan di dapur rumah seseorang. Karir ini cocok untuk koki yang bercita-cita memiliki keterampilan masak serbaguna. Untuk menjadi private chef, Anda harus membangun badan usaha atau bisnis Anda terlebih dahulu. Kemudian, Anda bisa mengiklankan diri Anda secara online atau dari mulut ke mulut untuk mencari klien.

Jika Anda masih ragu untuk menjadi personal chef, berikut beberapa kemampuan yang perlu Anda kuasai agar Anda bisa berhasil:

  • Memiliki kemampuan untuk berbaur dengan banyak orang. Agar berhasil menjadi seorang personal chef, Anda harus bisa membangun kedekatan dengan klien agar bisa menciptakan suasana yang hangat.
  • Anda harus menguasai beberapa gaya masak yang berbeda. Personal chef diharapkan dapat memasak berbagai hidangan.
  • Mampu bekerja berjam-jam. Bekerja sebagai personal chef mengharuskan Anda untuk bangun lebih pagi dan menyiapkan sarapan dan tidur lebih lama untuk memastikan klien Anda sudah menikmati makan malamnya dengan puas.

3. Cara Menjadi Koki Kue atau Pastry Chef

cara-menjadi-koki-09

Untuk menjadi seorang pastry chef, Anda butuh mengikuti banyak pelatihan spesifik. Jika Anda mempertimbangkan untuk menjadi pastry chef, pastikan Anda belajar di sekolah kuliner yang memiliki program pastry.

Ada beberapa cara lain untuk memasuki industri kuliner pastry dan kue. Salah satu alternatifnya adalah membuka home bakery.

Sama seperti industri lainnya, terjun menjadi koki di industri kuliner membutuhkan keahlian khusus yang bisa Anda dapatkan dari pengalaman atau sekolah kuliner. Yang jelas, profesi koki tidak boleh diremehkan karena industri kuliner berkembang sangat pesat saat ini.

Photos source: Pixabay

Related Articles

Connect with Nibble