Foodies Guide To F&B Industry

Cara mudah Menghitung ROI Restoran Anda

March 22, 20194 min readTips & Tricks

Pemasaran dan iklan merupakan media terbaik yang bisa digunakan pemilik restoran untuk meningkatkan penjualan, mempromosikan menu baru, meningkatkan brand awareness, dan masih banyak lagi. Ada banyak sekali strategi marketing gratis yang bisa Anda gunakan, seperti social media yang tidak memerlukan banyak biaya, namun Anda harus tetap memperhitungkan keefektifannya.

Salah satu cara untuk memperhitungkan keefektifan strategi pemasaran Anda adalah dengan cara menghitung ROI atau return on investment. Dengan menghitung ROI restoran, Anda dapat menggunakan budget marketing Anda dengan maksimal, serta menilai strategi pemasaran mana yang efektif dan hal apa saja yang perlu diubah di masa yang akan datang.

Apa Itu ROI atas Pemasaran?

menghitung-roi-02

ROI pemasaran, yang juga dikenal sebagai return on marketing investment (ROMI), adalah cara untuk menghitung berapa banyak keuntungan yang didapat saat Anda menjalankan suatu kampanye marketing. Anda dapat menghitung ROI untuk kampanye marketing tertentu, seperti kampanye mempromosikan menu baru atau menghitung ROI dari keseluruhan usaha marketing yang sudah Anda jalankan.

Kenapa Anda Harus Menghitung ROI Pemasaran Restoran?

menghitung-roi-03

Ada banyak keuntungan yang didapat jika Anda menghitung ROI restoran, berikut beberapa alasannya:

  • ROI pemasaran akan membantu Anda untuk menyesuaikan anggaran pemasaran.
  • Ini akan membantu Anda mengetahui strategi marketing yang efektif dan yang tidak berhasil.
  • Menghitung ROI juga akan mengoptimalkan usaha marketing restoran Anda.

Selain itu, jika Anda menggunakan social media sebagai salah satu strategi marketing, Anda bisa membandingkan hasil yang Anda dapat dan keefektifannya dengan yang dilakukan oleh pesaing restoran Anda.

Cara Menghitung ROI Restoran Anda?

menghitung-roi-04

Ada berbagai cara untuk menghitung ROI restoran Anda. Berikut beberapa cara mudah yang bisa Anda lakukan:

  • Pertama, identifikasi pemasukan restoran Anda selama periode kampanye marketing dijalankan.
  • Hitung total investasi pemasaran yang sudah Anda keluarkan. Hal ini mencakup anggaran yang disiapkan untuk beriklan di koran, membeli signage restoran, menyewa agensi periklanan, atau mempekerjakan social media specialist.
  • Kurangi jumlah total investasi pemasaran yang sudah Anda keluarkan dengan pemasukan yang Anda dapat di restoran.
  • Bagi angka tersebut dengan total investasi pemasaran restoran untuk menemukan nilai ROI pemasaran Anda.
  • Jika Anda mengalikan angka tersebut dengan 100, Anda akan mendapatkan hasil ROMI dalam bentuk persentase.

Apa Tanda ROI Pemasaran yang Baik?

menghitung-roi-05

Semakin tinggi angka ROI pemasaran Anda akan semakin bagus. Jika Anda melihat angka ROI Anda dalam bentuk persentase, angka yang menunjukkan 200% itu berarti Anda telah mencapai break even point. Dan semua angka ROI yang di atas 200% menandakan kalau usaha marketing Anda sukses. Memang angka 200% dianggap sukses, tapi Anda harus menargetkan ROI Anda sekitar 500% atau lebih.

Tapi ingat, strategi pemasaran Anda juga dapat dianggap berhasil untuk restoran Anda dengan cara yang tidak terlihat dari peningkatan pendapatan restoran. Berikut beberapa keuntungan yang dihasilkan dari kampanye pemasaran yang hasilnya sulit dihitung dalam bentuk ROI:

  • Kampanye pemasaran online yang Anda lakukan meningkatkan traffic di website restoran Anda dan meningkatkan brand recognition.
  • Kampanye marketing berupa kupon atau loyalty card mendorong pelanggan yang tadinya hanya ingin mencoba makanan di restoran Anda menjadi pelanggan tetap.
  • Jika Anda menggunakan social media, Anda bisa melihat hasilnya dari kenaikan jumlah followers dan like di setiap konten yang Anda buat.

Menyesuaikan Strategi Marketing Berdasarkan ROI Pemasaran

menghitung-roi-06

Setelah Anda menghitung ROI pemasaran restoran Anda, Anda dapat menggunakan data tersebut untuk mengukur keefektifan kampanye pemasaran yang Anda lakukan. Ini bisa membantu Anda untuk memutuskan apakah Anda akan membuat kampanye marketing lainnya, mengubah strategi, atau fokus pada strategi yang sudah terbukti efektif.

Jika Anda mendapatkan angka ROI yang sangat rendah, Anda bisa mempertimbangkan untuk menurunkan anggaran pemasaran Anda, paling tidak sampai Anda menemukan strategi yang lebih efektif.

Dengan menghitung ROI pemasaran restoran Anda, Anda bisa menilai keefektifan strategi pemasaran yang Anda lakukan. Yang harus Anda ingat, keberhasilan strategi marketing tidak hanya bisa dilihat dalam angka pendapatan, tapi juga dalam bentuk analisa performa website, kenaikan jumlah followers di social media, dan aspek lainnya yang juga tidak kalah penting.

Photos source: Pixabay

Related Articles

Connect with Nibble