Foodies Guide To F&B Industry

Cerita Unik dalam Semangkuk Budae Jjigae yang Bakal Bikin Kamu Kaget

January 30, 20166 min readTips & Tricks

 

Photo source: maangchi.com

Foodies di sini pasti banyak yang suka makanan Korea kan? Pasti juga udah baca artikel kita tentang restoran Korea paling mantap di Jakarta kan? Menu mana nih yang jadi favoritmu? Bibimbab, Kimchi, Japchae, atau ada nggak yang suka Budae Jjigae? Kalau ada, pas banget nih karena kita akan bahas cerita seru dibalik Budae Jjigae atau juga yang dikenal dengan nama Army Stew. Buat yang belum tahu, Budae Jjigae itu berupa sup berkuah merah yang rasanya pedas berisi potongan sosis, kacang merah panggang, keju, jamur, kimchi, makaroni, dan lain sebagainya.

Nah, ternyata dalam semangkuk Budae Jjigae tersimpan cerita sejarah yang menarik lho. Bermula dari saat berakhirnya perang Korea, ada jutaan orang Korea yang menderita kelaparan akibat kurangnya bahan makanan. Namun, mereka tetap bisa bertahan hidup dengan bantuan dari Amerika yang membangun pangkalan militer di sana. Sejak saat itu, bahan-bahan makanan yang berasal dari pangkalan militer AS menjadi satu sumber yang dapat orang-orang Korea andalkan pasca perang. Bahkan sampai ada pasar juga untuk mewadahi kegiatan jual beli barang-barang tersebut.

 

Terciptanya Budae Jjigae

Terus bagaimana Budae Jjigae bisa tercipta? Ini terjadi di kota Euijeongbu di mana pangkalan militer AS dan Korea sudah berdiri selama belasan tahun. Di kota tersebut ada pasar bernama Jeil Market yang menjual barang-barang dari pangkalan militer di sana, seperti sosis, makanan kaleng ber-merk SPAM, kacang kalengan, daging cincang, macaroni noodles, dan lain-lain. Nah, restoran di sekitarnya sering diminta orang-orang untuk membuat menu yang menggunakan makanan-makanan tersebut.

Salah satu dish yang paling populer berupa masakan rebus berisi bahan-bahan makanan kaleng ala Amerika yang dikombinasikan dengan cita rasa khas Korea (biasanya berasal dari kimchi atau red chili flakes), dan berbagai sayuran. Menu itu punya banyak nama, tapi lebih dikenal dengan sebutan Budae Jjigae atau dalam arti harafiahnya “Sup Pangkalan Militer”.

Popularitas Budae Jjigae ini semakin tersebar di restoran-restoran lain di Jeil Market. Bahkan sampai saat ini masih ada lho restoran di sana yang menyajikan Budae Jjigae selama hampir puluhan tahun. Bahan makanannya sudah pasti tidak lagi berasal dari pangkalan militer AS, tapi namanya tetap tidak berubah. Di tahun 1980an, orang-orang Korea mulai menambahkan bahan-bahan lain ke dalam Budae Jjigae, seperti mie ramen instant, fish cakes, dumplings, dan lainnya. Saking terkenalnya dish ini tidak hanya terkenal di Korea lho, tapi juga menyebar ke negara-negara lain termasuk Indonesia.

 

Tempat Makan Budae Jjigae Enak di Jakarta

Nggak banyak restoran Korea yang menyediakan Budae Jjigae lezat yang bisa kamu cobain di Jakarta. Tapi tenang, spesial buat kamu kita udah merangkum 4 tempat makan terenak buat menikmati sup khas Korea ini. Yuk simak tempat-tempatnya!

 

1. Jjang Korean Noodle and Grill

Photo source: anakjajan.com

Ini dia salah satu tempat yang menyajikan makanan Korea halal di Jakarta. Susah lho cari yang kayak begini di Jakarta. Biarpun nggak mengandung babi, rasa makanannya tetap gurih dan lezat kok. Meski bukanya baru setahun, Jjang Korean Noodle and Grill ini sudah terkenal enaknya di antara para pecinta kuliner Jakarta. Kamu dijamin bakal terkesan dengan Budae Jjigae di sini. Porsinya super besar, bisa buat 2-4 orang, tapi harganya sangat terjangkau. Budae Jjigae di Jjang Korean Noodle and Grill disajikan dalam rebusan kuah kaldu daging berisi Korean chili sauce, sayuran, tteok (Korean rice cake) dan berbagai macam sosis yang dimasak di depan mata kita sendiri. Selain Budae Jjigae, restoran ini juga punya menu Korea lain yang rasanya autentik, seperti Jjajangmyeon, Bibimbab dan Pha Jeon.

 

Lokasi:

Jjang Korean Noodle and Grill

Jl. Wolter Monginsidi, No. 39, Senopati, Jakarta. Telp. (021) 7229749.

 

2. SamWon House

Photo source: Instagram.com/ttika_

Mau nyobain makan Budae Jjigae di restoran yang interiornya kayak kerajaan Korea? Datang aja ke SamWon House. Makan di SamWon House Setiabudi tuh feelnya kayak lagi makan di Korea. Furniture yang digunakan, dinding, bahkan bentuk pintunya pun Korea banget. SamWon House ini terkenal menyajikan hidangan Korea yang rasanya sudah diadaptasi sesuai dengan lidah Indonesia. Kenapa nggak dibikin autentik aja rasanya? Well, menurut mereka, rasa makanan Korea autentik tuh ekstrim banget, ada yang terlalu asam, terlalu pedas, atau terlalu manis. Budae Jjigae Jeongol yang ditawarkan SamWon House benar-benar menggoda selera lho. Sup spicy berisi sosis, daging, dan sayuran ini punya kuah yang mengombinasikan rasa pedas dan asin dengan sempurna. Slurppp!

 

Lokasi:

SamWon House

- Setiabudi One, Ground Floor Unit B 107-108 A, Jl. H.R. Rasuna Said Kav. 62, Jakarta. Telp. (021) 52904213.

 

3. Born Ga

Photo source: eatandstructure.blogspot.co.id

Ngomongin restoran Korea nggak akan seru tanpa ngomongin Born Ga. Restoran Korea ini banyak difavoritkan pecinta kuliner Korea lho karena ini asli asal Korea Selatan dan terkenal dengan Korean BBQ yang juicy banget. Nggak heran deh kalau Born Ga punya banyak store di daerah Jabodetabek dan di beberapa storenya jarang terlihat sepi pengunjung. Walaupun yang banyak dicari di sini Korean BBQ-nya, Budae Jjigae di Born Ga juga layak dapat perhatian lho, apalagi kalau kamu suka sup spicy yang hot banget. Dalam semangkuk Budae Jjigae di Born Ga, kamu bisa menemukan kimchi, ham, sosis, keju, mie, dan beberapa tambahan sayuran yang bisa bikin kamu kenyang. Porsinya juga besar lho, cukup buat 3-4 orang. Sharing is caring, right?

 

Lokasi:

Born Ga

- Jl. Wolter Monginsidi No. 24, Senopati, Jakarta. Telp. (021) 7396229.

- Ruko Crown Golf, Blok D, Bukit Golf Mediterania, Jl. Marina Indah Raya, Pantai Indah Kapuk, Jakarta. Telp. (021) 29237515.

- Jl. Boulevard Barat Raya Blok LC 6 No. 56 - 57, Kelapa Gading, Jakarta. Telp. (021) 4528937.

- Jl. Bulungan Raya No. 14, Blok M, Jakarta. Telp. (021) 29306849.

- Lippo Mall Puri @ The St. Moritz, Lantai 2, Jl. Puri Indah Boulevard Blok U No. 1, Puri Indah, Jakarta.

- Lippo Mall Puri @ The St. Moritz, Lantai 1, Food Avenue, Jl. Puri Indah Boulevard Blok U No. 1, Puri Indah, Jakarta.

- Emporium Pluit Mall, Lantai 4, Food Court, Jl. Pluit Selatan Raya, Penjaringan, Jakarta.

 

4. Jjigae House

Photo source: lullabyspoon.blogspot.co.id

Dari namanya saja kamu pasti langsung tahu kalau restoran ini berfokus pada menu-menu sup khas Korea ketimbang Korean BBQ yang sempat menjamur di berbagai restoran Korea lainnya di Jakarta. Letaknya di Muara Karang, luas Jjigae House memang tidak seberapa besar, tapi dekorasinya bener-bener tertata rapi dan cantik. Menu yang ditawarkan terbatas pada Jjigae dan Dakgalbi, selain itu ada pula berbagai minuman dan appetizers, seperti Banchan. Kalau Jjigae-nya sendiri, porsinya ada beragam. Ada porsi yang buat sendiri, porsi buat 2 orang, sampai porsi yang bisa buat 4-6 orang. Seru banget nih pasti makan Jjigae bareng temen-temen kamu. Di dalam Jjigae, kamu akan mendapatkan sayuran dan daging. Untuk dagingnya, kamu bisa pilih antara daging ayam, sapi, prime beef, pork, seafood, atau vegetarian.Terus kamu juga bisa nambah add-on, seperti ramen yang bikin Jjigae-mu makin istimewa.

 

Lokasi:

Jjigae House

Jl. Muara Karang Raya No. 40A, Muara Karang, Jakarta. Telp. (021) 66602487.

 

Hmm istimewa banget kan Budae Jjigae ini? Jadi, restoran Korea yang mana nih yang akan kamu pilih buat menikmati Budae Jjigae? Di manapun tempat makannya, upload foto dan kasih review makananmu di Nibble ya. Buat tahu Nibble lebih jauh, klik aja di sini.

 


Related Articles

Connect with Nibble