Foodies Guide To F&B Industry

Coba Bikin Makanan Sendiri di 7 Restoran Jakarta Ini Yuk!

December 14, 20166 min readFoodie Trends

Kuliner di Jakarta itu ada bukan cuma buat memuaskan perut yang lapar saja. Belakanagan ini makin banyak restoran Jakarta yang mencoba untuk mewujudkan impian setiap pecinta kuliner untuk menciptakan makanan dengan versinya masing-masing. Inovasi ini bener-bener jenius banget. Kita bisa bikin makanan khas restoran tertentu dengan rasa dan bahkan porsi yang kita mau. Kalau udah gini sih pasti perut bakal dobel happy nya, soalnya hidangan yang kita santap bener-bener akan sesuai dengan selera kita yang personal banget. Nah, buat kamu yang mau coba-coba bikin makanan sendiri, ada 7 restoran Jakarta yang bisa kamu datengin.

 

1. Donburi Ichiya

bikin-makanan-sendiri-restoran-jakarta-02

Photo source: Nibble - @pheyix

Penggemar Donburi pasti sering ke restoran Jakarta yang satu ini. Donburi Ichiya itu terkenal dengan konsep self-service nya yang menyenangkan banget. Di sini kita bisa meracik Donburi dengan condiments dan sauce pilihan kita sendiri. Langkah pertamanya, tentukan dulu porsi makanan yang kamu pilih, mau regular atau mini size. Lalu pilih Donburi base nya, ada Salmon Aburi Don, Karaage Don, Yakitori Don, dan Gyu Don. Kemudian untuk sausnya, kamu bisa pilih satu di antara Garlic Butter, Soy Honey, Regular Mayo, Spicy Mayo, Wasabi Mayo, dan Black Pepper. Terakhir, pilih toppingya deh, ada Melted Cheese, Kimchi, Tamago Yaki, Onsen Tamago, dan Japanese Curry. Seru banget kan? Tapi kalau kamu takut rasa Donburi ciptaanmu gagal, kamu bisa langsung pesen menu yang recommended seperti Gyu Don With Spicy Mayo and Onsen Tamago. Perpaduan manis dari daging sapi dan pedasnya spicy mayo benar-benar pas di lidah!

 

Lokasi:

Donburi Ichiya

- Lippo Mall Puri @ The St. Moritz, Lantai Lower Ground, Jl. Puri Indah Boulevard Blok U No. 1, Puri Indah, Jakarta.

- Ciputra World, Lotte Shopping Avenue, Jl. Prof Dr Satrio, Karet, Jakarta. Telp. (021) 29889343.

- Living World, Lantai Ground, Jl. Alam Sutera Boulevard, Serpong Utara, Tangerang.

2. SaladStop!

bikin-makanan-sendiri-restoran-jakarta-03

Photo source: Nibble - eatineraryid

Restoran sehat yang satu ini lagi happening banget nih di Jakarta. SaladStop! yang berasal dari Singapore berhasil membawa salad ke level yang lebih tinggi. Semua orang banyak yang mengakui kalau salad di sini rasanya nggak kayak salad, alias lezat banget! Nah, di restoran Jakarta ini kamu juga bisa berkreasi dengan saladmu lho. Pertama-tama, pilih makanan sehat yang mau kamu santap. Ada Salad, Grain, dan Wrap. Terus, pilih base nya. Kalau yang standard ada Romaine dan Red & White Cabbage. Sedangkan pilihan yang premium ada Baby Spinach, Rocket, dan Kale. Lalu pilih 6 macam regular toppingnya. Yang ini pasti bikin kamu bingung, soalnya pilihannya ada 60 jenis dan pastinya smeuanya sangat  menggoda. Kalau sudah semua, tinggal pilih satu dari 18 homemade dressing yang ada. Terbukti banget ya kalau SaladStop! ini benar-benar surganya pecinta makanan sehat. Kalau kamu lebih tertarik buat pilih menu yang aman, tinggal pilih signature menu nya aja. Salah satu yang recommended ada Oh Crab Lah yang gurih abis.

 

Lokasi:

SaladStop!

Senayan City, Lantai Ground, Jl. Asia Afrika, Senayan, Jakarta.

3. Coco Ichibanya Curry

bikin-makanan-sendiri-restoran-jakarta-04

Photo source: eatandtreats

Lagi dengan restoran Jakarta spesialis Curry Jepang ini. Di Coco Ichibanya Curry, kamu bisa meracik curry sendiri. Pilih ukuran nasinya. Paling sedikit ada 150 gr dan paling banyak 550 gr. Tentukan tingkat kepedasan saus curry, ada level 1-5 yang bisa dipilih. Terakhir pilih toppingnya deh. Ada Boiled egg, Corn, Ripe tomato, Chicken cutlet, dan masih banyak lagi. Rekomendasi kita sih kamu harus banget cobain Chicken Cutlet Omelette Curry yang terkenal banget itu. Bumbunya pas, chicken cutletnya juga empuk banget!

 

Lokasi:

Coco Ichibanya Curry

- Gandaria City, Lantai Upper Ground, Jl. Sultan Iskandar Muda, Gandaria, Jakarta.

- Summarecon Mall Bekasi, Jl. Ahmad Yani, Bekasi Utara, Bekasi.

- Neo SOHO Mall, Jl. Letjen S. Parman, Tanjung Duren, Jakarta.

4. Ikkudo Ichi

bikin-makanan-sendiri-restoran-jakarta-05

Photo source: ganlob

Penyajian Ramen di Ikkudo Ichi juga unik banget nih. Soalnya di restoran Jakarta ini kamu bisa membuat ramen sesuai dengan seleramu. Pilihan yang ditawarkan cukup detail nih. Awalnya, pilih dulu jenis mie yang kamu mau, small noodle atau curly noodle. Lalu pilih tekstur mienya, mau lembut, normal, atau keras. Cita rasa nya juga bisa dikustomisasi lho, ada pilihan weak, normal, dan strong. Nah, kekentalan kaldunya juga bisa diatur, mau light, normal, atau heavy. Buat yang nggak mau ribet milih-milih, Ikkudo Tori Kara pasti tidak akan mengecewakanmu. Ramen ayam ini rasanya pedas, kuahnya gurih dan toppingnya juga nggak pelit!

Lokasi:

Ikkudo Ichi

- Mall Kelapa Gading, Lantai Ground, Gading Walk, Jl. Kelapa Gading Boulevard, Kelapa Gading, Jakarta. Telp. (021) 45878157.

- Grand Indonesia Mall, Lantai Lower Ground, West Mall, Jl. MH Thamrin, Thamrin, Jakarta. Telp. (021) 23580336.

- Sunter Icon Food Point, Jl. Griya Sejahtera, Sunter, Jakarta. Telp. (021) 29615076.

5. Ngileer Cafe

bikin-makanan-sendiri-restoran-jakarta-06

Photo source: @monicaolivias

Makan martabak itu guilty pleasure banget, soalnya kalori dalam seloyang martabak bisa bikin jarum timbangan bergeser ke arah kanan. Tapi tenang, di Ngileer Cafe ukuran martabaknya nggak default kok. Bisa kamu kreasiin sendiri. Kalau pesan martabak manis di restoran Jakarta ini, kamu bisa pilih size, rasa adonan martabaknya, dan toppingnya. Sedangkan kalau lebih suka Martabak Telur, kalorinya bisa kamu atur dengan memilih banyaknya telur yang akan digunakan, pilih garnish, jenis daging, dan fillingnya. Inovasi ini bener-bener ngebantu banget deh buat kalian yang lagi diet, tapi teteap mau makan enak.

 

Lokasi:

Ngileer Cafe

The Prominence, Blok 38 D No. 18, Jl. Jalur Sutera Boulevard, Alam Sutera, Pinang, Tangerang.

6. Pastificio K

bikin-makanan-sendiri-restoran-jakarta-07

Photo source: nowjakarta

Restoran Italia yang berlokasi di Kemang ini juga nggak mau kalah sama restoran Jepang yang menghadirkan konsep DIY menu. Di Pastificio, kamu akan menemukan berbagai macam jenis pasta yang mungkin belum pernah kamu tahu sebelumnya. Mulai dari  Maccaroni, Gnocchi, sampai Ravioli. Asiknya lagi, kamu bisa meminta pasta pilihanmu untuk diolah dengan sauce andalan Pastificio lho. Pst, ada sauce Rendang khas Indonesia yang rasanya unik banget. Dan yang terakhir, bikin pasta mu makin lezat lagi dengan topping tambahan. Jenisnya ada banyak, tapi yang paling banyak dipesan sudah pasti Mozaarella yang bikin penampilan semua menu pasta di restoran Jakarta ini makin menggoda!

 

Lokasi:

Pastificio K

Jl. Kemang Raya No. 72, Kemang, Jakarta. Telp. (021) 7195704.

7. Meat Me Steak House

bikin-makanan-sendiri-restoran-jakarta-08

Photo source: @meatmeshop

Kalau biasanya di restoran Steak kamu cuma bisa menentukan sauce, dan tingkat kematangan steak mu, di Meat Me Steak House kamu akan mendapatkan pengalaman yang berbeda. Soalnya di sini kamu bisa pergi ke area butchery dan memilih potongan daging segar, serta memastikan beratnya sendiri. Jadi bisa deh pilih-pilih daging yang lemaknya sedikit atau banyak. Denger-denger Rib Eye di sini kualitasnya top banget lho. Daging pilihanmu kemudian akan dimasak dengan sauce andalan yang restoran Jakarta ini. Salah satu sauce yang paling favorit adalah Chimucurri. Jangan lewatkan juga Banana Chocolate Tart yang akan menutup santap malammu dengan sempurna.

 

Lokasi:

Meat Me Steak House

- Kota Kasablanka, Food Society, Lantai Ground, Jl. Casablanca Raya, Tebet, Jakarta. Telp. (021) 29626150.

- MaxxBox Lippo Village, Lantai Upper Ground, Jl. Boulevard Jendral Sudirman, Karawaci, Tangerang. Telp. 0896-2221-2684.

- Kemang Village (Lippo Mall), The Avenue of Stars, Lantai Ground, Jl. Pangeran Antasari, Kemang, Jakarta. Telp. (021) 29528498.

Seru banget ya ternyata bisa bikin makanan sendiri di restoran Jakarta yang kita bahas di atas. Nggak perlu lagi complain karena makanan nggak enak deh soalnya semuanya akan dibuat sesuai dengan selera kita. Kalau kamu butuh inspirasi makanan enak di Jakarta yang belum pernah dicoba, cek rekomendasinya yuk di Nibble. Klik di sini untuk informasi lengkap tentang Nibble.

Cover photo source: @mgdalenaf

Related Articles

Connect with Nibble