Foodies Guide To F&B Industry

Dasar Mudah Membuat Kopi Cold Brew

March 14, 20195 min readTips & Tricks

Kopi cold brew merupakan tren kopi yang lagi populer di coffee shop di seluruh dunia. Cara membuat kopi cold brew sebenarnya tidak sulit. Selain itu, ada beberapa manfaat lain yang Anda bisa dapatkan saat membuat kopi cold brew, seperti fakta bahwa minuman ini sangat berkafein, resepnya sangat beragam, dan Anda juga bisa mengubah resepnya dengan bebas sampai menemukan rasa yang paling pas untuk kopi cold brew buatan Anda. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang cara membuat kopi cold brew, dan mengetahui informasi tentang apa yang membedakannya dari kopi pada umumnya, Anda bisa membaca artikel berikut ini.

Cara Membuat Kopi Cold Brew

membuat-kopi-02

Berikut ini adalah cara membuat kopi cold brew dalam kuantitas sangat besar. Resep berikut ini dapat menghasilkan sekitar 22,7 liter kopi cold brew.

Bahan konsentrat yang dibutuhkan untuk membuat kopi cold brew:

  • 2,2 kg biji kopi
  • 11,3 liter air

Alat yang dibutuhkan untuk membuat kopi cold brew:

  • 1 kontainer dengan ukuran 22 liter
  • Chinois strainer
  • Cheesecloth atau kain katun tipis

Langkah membuat kopi cold brew:

  1. Giling biji kopi Anda dengan setting coarset. Hasilnya nanti, biji kopi Anda harus chunky, tekstur dan ukurannya mirip dengan garam Kohser.
  2. Tempatkan hasil gilingan kopi tersebut ke dalam container berkuran 22 liter, lalu tambahkan 11,3 liter air. Aduk sampai kopi benar-benar basah merata.
  3. Tutup wadah dengan rapat, biarkan kopi Anda meresap selama 18 sampai 24 jam.
  4. Di hari berikutnya, saringlah hasil ekstraksi dengan chinois strainer dan cheesecloth. Anda tidak perlu menekan-nekan kopi saat sedang disaring karena ini bisa membuat kopi terasa lebih pahit dan asam. Anda bisa melakukan proses penyaringan ini sebanyak dua kali jika diperlukan.
  5. Di titik ini, kopi Anda sudah siap untuk diminum, tapi akan ada sisa ampas kopi di bawahnya. Jika ingin didinginkan, masukkanlah konsentrat kopi cold brew ke dalam lemari es sampai ampasnya mengendap di dasar container.
  6. Tuangkan cold brew coffee Anda ke dalam wadah lain dan jangan biarkan ampas yang mengendap ikut masuk ke wadah lain tersebut.
  7. Tambahkan air sampai Anda memperoleh rasio 1:1 untuk kopi dan air. Sajikan kopi cold brew dengan es atau tambahkan susu, krim, dan sirup secukupnya.

Apa yang Dimaksud dengan Cold Brew Coffee?

membuat-kopi-03

Cold brew coffee merupakan jenis kopi yang dibuat dengan cara menyeduh bubuk kopi dan meninggalkannya di lemari es atau di ruangan dengan suhu kamar dalam jangka waktu yang lama, sekitar semalaman atau 24 jam. Kopi cold brew biasanya lebih pekat dan lebih berkafein daripada kopi yang dibuat dengan coffee drip atau French press.

Kopi cold brew biasanya disajikan dengan es, susu, atau krim. Namun, karena rasa pahit yang terdapat dalam kopi ini cukup lembut, Anda bisa meminumnya langsung.

Perbedaan Antara Kopi Drip dengan Kopi Cold Brew

membuat-kopi-04

Anda mungkin bertanya-tanya mengenai perbedaan kopi cold brew dengan kopi yang dibuat dengan cara pada umumnya. Berikut ini adalah perbedaan antara cold brew coffee dan drip coffee:

  1. Kopi cold brew terasa lebih kuat daripada kopi biasa. Biasanya kopi cold brew lebih berkafein daripada kopi drip atau French press. Selain itu, Anda tidak perlu mengencerkan kopi dengan es lagi karena suhu cold brew coffee biasanya sudah dingin.
  2. Cold brew coffee memiliki tekstur yang lebih lembut. Saat Anda membuat kopi panas, air mendidih akan membakar biji kopi yang menghasilkan rasa lebih asam dan pahit. Sedangkan cold brew coffee dibuat dengan cara dibiarkan mengendap di lemari es atau di ruangan dengan suhu kamar. Hasilnya, rasa kopi lebih kaya, sensasinya lebih lembut dan tidak pahit.
  3. Resep kopi cold brew bisa dimodifikasi. Jika Anda ingin membuat cold brew coffee yang rasanya kuat, Anda bisa dengan mudah menambahkan lebih banyak bubuk kopi ke dalam resep cold brew coffee Anda. Sebaliknya, jika Anda menginginkan rasa kopi yang tidak terlalu kuat, kurangi bubuk kopi yang Anda gunakan.
  4. Anda bisa membuat kopi cold brew dalam jumlah besar sekali waktu. Berhubung proses pembuatan cold brew coffee ini memerlukan waktu yang cukup lama, Anda bisa membuatnya dalam jumlah besar lalu dibagi-bagi seperlunya. Satu batch cold brew coffee dapat disimpan di lemari es selama dua minggu.

Tips Membuat Kopi Cold Brew

membuat-kopi-05

Salah satu keunggulan dalam membuat kopi cold brew adalah Anda bisa memodifikasi resepnya. Anda bisa menyesuaikan rasio antara kopi dan air untuk menentukan kekuatan rasa kopi yang Anda inginkan. Berikut beberapa tips membuat kopi cold brew yang bisa Anda gunakan:

  1. Jika Anda ingin membuat konsentrat kopi cold brew, Anda bisa melewati langkah membuat kopi cold brew No.7. Namun berhati-hatilah, rasa konsentrat sangatlah kuat dan sedikit pahit. Jadi sebelum dihidangkan, ada baiknya untuk mencampurnya dengan air, susu, atau krim.
  2. Untuk membuat cold brew coffee yang rasanya kuat, gunakan rasio bubuk kopi lebih banyak dibanding airnya.
  3. Jika Anda lebih suka cold brew coffee yang tidak terlalu pahit, tambahkan air di langkah pembuatan cold brew coffee yang terakhir.
  4. Cold brew coffee dan konsentratnya bisa menjadi bahan untuk membuat smoothie, frappe, dan es kopi karena rasanya yang kuat dan kadar kafeinnya yang tinggi.

Jika ingin menambahkan menu kopi di restoran atau coffee shop Ana, cold brew coffee bisa menjadi alternatif yang sempurna. Kemudahan proses pembuatannya, resep yang bisa dimodifikasi, dan rasanya yang kuat membuat cold brew coffee memiliki banyak penggemar.

Photos source: Unsplash

Related Articles

Connect with Nibble