Foodies Guide To F&B Industry

Datengin Yuk 5 Restoran Vegetarian Paling Sehat di Jakarta!

April 11, 20165 min readFoodie Trends

Kamu pasti sadar kalau tren makanan di Jakarta cenderung berpusat pada daging, daging, dan daging. Dan mungkin karena itu juga, lifestyle vegetarian jarang diminati oleh orang-orang Jakarta. Tapi tahu nggak, belakangan ini restoran vegetarian udah mulai merata lho tersebar di Jakarta, meski jumlahnya memang masih belum banyak. Nah, kali ini kita punya list 5 restoran yang bisa support kamu buat menjalani gaya hidup sehat ala vegetarian. Simak yuk!

1. Burgreens

Photo source: Instagram.com/ekjo_te

Photo source: Instagram.com/adinanh

Ini dia restoran sehat di mana kamu bisa makan aneka menu burger vegetarian, Burgreens! Menu burgernya nggak cuma satu, tapi banyak. Kamu bahkan bisa pilih bun nya, mau yang whole-wheat atau gluten free. Terus pilihan patty nya juga banyak, ada mushroom, bean, dan chickpea. Kalau burger biasa disajikan dengan French Fries, di Burgreens kamu bisa pilih antara sweet potato chips atau mashed pota-cauli. Semua itu masih terdengar kurang sehat buatmu? Well, kamu harus tahu nih, Burgreens hanya menggunakan bahan-bahan lokal saja lho. Itu artinya semua makananmu fresh dan punya nilai gizi maksimal. Sehat banget kan? Di samping itu, kamu juga membantu usaha para petani lokal lho dengan makan di Burgreens. Meski konsepnya vegan restaurant, Burgreens juga bisa memanjakan lidahmu dengan menu ice cream yang nggak bakal bisa kamu tolak. Tenang aja, raw ice cream yang mereka sajikan itu nondairy, gluten-free, dan tentunya vegan-friendly kok. Yuk langsung aja meluncur ke Rempoa atau Tebet buat makan sehat ala Burgreens!

Lokasi:

Burgreens Organic Eatery

- Organiklub, Jl. Tebet Barat Raya No. 49 C, Tebet, Jakarta. Telp. (021) 29704981 ext:463.

- Jl. Flamboyan No. 19, Rempoa, Bintaro, Jakarta. Telp. (021) 29704981 ext:708.

2. SNCTRY

Photo source: Instagram.com/snctry

Photo source: Instagram.com/snctry

SNCTRY itu juaranya healthy bowl di Jakarta. Lokasinya yang ada di Pelaspas Dharmawangsa bikin restoran ini pas banget buat jadi tempat sarapan sebelum berangkat kerja. Semangkok superfood smoothie bowl berisi granola, yoghurt, spirulina, dan aneka buah segar pasti bakal bikin energi kamu terisi kembali. Kalau buat makan siang, Mediterranean Grain Salad bisa mengganjal perutmu. Di dalam semangkok menu ini, kamu bisa menikmati grain dan seeds penuh nutrisi, honey glazed roots vegetables, sayuran hijau segar, dan disiram dengan yoghurt feta dressing. Terdengar lezat kan? Kalau soal minuman sih nggak ada yang bisa ngalahin berbagai Cold Pressed Juice ala SNCTRY yang terbuat dari bahan-bahan organik. Segar dan sehat!

Lokasi:

SNCTRY

Pelaspas Dharmawangsa, Jl. Dharmawangsa Raya No. 4, Dharmawangsa, Jakarta.

3. Loving Hut

Photo source: Instagram.com/sandravungi

Photo source: Instagram.com/lovinghutjatinegara

Dengan 5 cabang yang tersebar di Jakarta dan beberapa cabang lainnya yang ada di kota-kota besar Indonesia membuat Loving Hut menjadi restoran vegetarian terbesar. Sebenarnya Loving Hut sendiri juga merupakan bagian dari international chain yang sudah ada sejak tahun 2008 dan punya 200 restoran di seluruh dunia. Banyak banget ya? Setiap outletnya punya banyak sekali varian menu untuk vegan, termasuk menu-menu favorit yang dibuat versi meat-free nya. Contohnya nih, ada Nasi Lemak dan Nasi Bali yang bisa memanjakan kamu dengan citarasa lokal. Tapi salah satu menu yang paling pecah di Loving Hut adalah Soto Betawi yang bisa menghadirkan rasa creamy dan spicy, namun tanpa tambahan sepotong daging apapun. Keren!

Lokasi:

Loving Hut

- UOB Plaza, Lantai Basement, Food Parc, Jl. MH Thamrin No. 10, Thamrin, Jakarta. Telp. 0812-8777-0368.

- Ciputra World, Lotte Shopping Avenue, Lantai 4, Food Avenue, Jl. Prof Dr Satrio, Karet, Jakarta.

- LTC Glodok, Lantai 2, Food Court, Jl. Hayam Wuruk No. 127, Hayam Wuruk, Jakarta.

- Jl. Jatinegara Timur 2 No. 9, Jatinegara, Jakarta. Telp. (021) 85919168.

- Jl. Kebon Jeruk Raya, Kebon Jeruk, Jakarta.

4. Dharma Kitchen

Photo source: Instagram.com/dharma.kitchen

Photo source: dharmakitchen.com

Cuma di Dharma Kitchen, semua vegan bisa makan rendang. Kaget? Tenang, Rendang yang satu ini nggak terbuat dari daging sama sekali kok. Itulah hebatnya restoran yang sudah berdiri sejak 20 tahun yang lalu. Mereka dengan ajaib bisa mengubah makanan-makanan aneka daging menjadi menu sehat yang vegetarian friendly. Contohnya nih, buat semua tiruan daging ayam, Dharma Kitchen menggunakan soya, untuk tiruan daging sapi diganti dengan kaki jamur, sedangkan untuk tiruan seafood memakai tepung konyaku. Jadi kamu bisa menyantap Ayam Kremes, Ikan Szechuan, atau Sandwich Ham tanpa rasa berdosa. Nggak cukup sampai di situ inovasi yang dilakukan Dharma kitchen. Ada banyak banget cake untuk vegan yang bisa kamu cicipin, seperti Tiramisu Cake atau Strawberry Cheesecake. Rasanya nggak kalah deh dengan versi aslinya!

Lokasi:

Dharma Kitchen

- Gedung Pluit Bakery, Jl. Pluit Kencana Raya No.106-110, Jakarta Utara. Telp. 6694220.

5. VMAD Vegetarian Madness

Photo source: dining.grivy.com

Photo source: facebook.com/vmadrestaurant

Awalnya, restoran ini bernama Komala’s Indian Vegetarian Restaurant yang berfokus menghidangkan masakan India dalam versi vegan. Tapi sekarang mereka melebarkan sayap dengan menyajikan berbagai varian menu yang cocok untuk lidah siapapun, seperti burger, pasta, dan pizza. Semua itu dalam versi vegetarian tentunya. Tapi kalau ke sini, kamu bakal rugi jika nggak mencoba masakan Indianya. Coba deh Masala Pappad yang berupa spicy fried Indian crackers dengan topping tomato, onion, and chili powder. Atau Pav Bhaji, makanan khas Mumbai yang berupa thick potato curry dan disajikan dengan roti. Rasanya pecah banget!

Lokasi:

VMAD Vegetarian Madness

- Jl. Danau Sunter Utara Raya Blok R No. 46 - 48, Sunter, Jakarta. Telp. (021) 6516075.

- Sarinah Building, Lantai Ground, Jl. MH Thamrin, Thamrin, Jakarta. Telp. (021) 3903533.

Gimana, sudah siap untuk hidup sehat ala vegetarian? Nggak usah pusing cari restoran yang vegetarian friendly lagi sekarang karena kamu bisa langsung datengin 5 restoran di atas. Yuk share menu vegetarian favorit kamu di Nibble. Klik di sini untuk tahu informasi lengkap seputar Nibble.

Cover photo source: thegoodshoppingguide.com

Related Articles

Connect with Nibble