Foodies Guide To F&B Industry

Deretan Tempat Makan Otentik Jepang Yang Wajib Kamu Datengin di Little Tokyo Jakarta Alias Melawai

February 12, 20166 min readFoodie Trends

 

Photo source: lulabyspoon.blogspot.co.id

Buat yang belum tahu, di belakangnya terminal Blok M, terselip di antara hotel dan bar di area Blok M, ada hidden treasure buat foodies di Jakarta, yaitu Little Tokyo. Letak persisnya ada di Jalan Melawai. Memang sih restoran Jepang di Jakarta itu banyak, ada restoran sushi atau tempat makan ramen yang bebas kamu pilih. Tapi, mengeksplor Melawai itu rasanya beda, kayak lagi di Shibuya district. Jadi, di area Melawai itu ada banyak banget restoran autentik Jepang, bahkan ada juga supermarket yang jual barang-barang impor dan snack atau bento-to-go khas Jepang. Surga kuliner Jepang ini sudah terkenal di antara ekspat Jepang dan pecinta kuliner Jakarta. Biar kunjunganmu ke area Melawai ini nggak sia-sia, kamu juga bisa belanja atau window shopping dulu di Plaza Blok M atau Blok M Square. Di sana kamu bisa nemuin berbagai barang, mulai dari barang antik, alat musik, atau bahan-bahan makanan. Selesai belanja, langsung aja deh isi perut kamu di salah satu restoran yang ada di Little Tokyo. Apa aja yang recommended di sana? Cek aja list kita berikut ini.

 

1. Marufuku

Photo source: marufuku-restaurant.com

Photo source: marufuku-restaurant.com

Tahu nggak, Marufuku ternyata sudah berumur 20 tahun lho! Mereka buka tahun 1996 silam dan sukses mencuri hati para ekspat Jepang dan orang lokal dengan hidangan bercita rasa Jepang yang otentik. Bagian depan Marufuku sendiri cukup eye-catching dengan sliding door tradisional khas Jepang yang bisa bikin orang-orang penasaran untuk masuk ke dalamnya. Saat masuk ke dalamnya, interior Marufuku didominasi dengan furniture kayu dan bambu, cukup simple tapi sangat detail. Mereka menyediakan berbagai jenis makanan Jepang yang totalnya mencapai 300 jenis, mulai dari semangkuk ramen hangat, hidangan khas Jepang yang digoreng, bakar, atau kukus. Semua ada. Varian sushi juga tentunya dan masterchef yang ada di balik sushi counter di Marufuku adalah Nunokawa-san yang jago banget buat menghidangkan sushi yang rasanya mirip dengan yang di Jepang sana. Menu lain yang nggak kalah populer dan wajib kamu cobain di Marufuku adalah Beef Saikoro Steak yang berupa daging US tenderloin yang dipotong kotak-kotak, lalu digoreng dengan soya yakiniku steak sauce di atas api besar dalam waktu yang singkat. Hasilnya bener-bener juicy dan bumbunya terasa banget sampai ke dalam daging. Yummy!

 

Lokasi:

Marufuku

Jl. Melawai 6 No. 11, Melawai, Jakarta. Telp. (021) 7267777.

 

2. Echigoya

Photo source: gogirlmagz.com

Photo source: Instagram.com/stanzazone

Yang suka ramen, Echigoya wajib jadi destinasi kulinermu selanjutnya! Ada banyak alasan kenapa kamu harus cinta banget sama ramen buatan Echigoya. Pertama, mienya itu homemade, dan itu bisa dilihat dari satu ruangan di Echigoya Melawai yang isinya mesin pembuat mie, setumpuk tepung, dan gear-gear lain buat membikin mie yang tipis dan curvy. Kedua, ramen di sini disajikan dengan kuah kaldu yang rasanya enak banget, nggak terlalu terasa milky atau gurih yang berlebihan. Rasanya pas dan kamu bisa memilih shoyu atau shio buat kuahmu. Ketiga, keotentikannya terjamin banget. Buktinya kalau kamu ke sana, pasti ada aja orang Jepang yang lagi menyeruput ramennya Echigoya. Jadi bisa disimpulkan kan, kalau orang Jepang asli suka berarti rasanya memang terjamin. Keempat, Gyoza di sini the best banget rasanya. Crispy di luar, juicy di dalam, dan dimasak steam-fried dengan sempurna. Kelima, ochanya gratis dan free flow. Wow banget kan? Semua ramen di sini recommended semua, jadi nggak usah takut salah pilih ya.

 

Lokasi:

Echigoya

- Jl. Melawai 8 No. 2A, Melawai, Jakarta. Telp. (021) 7395962.

- Citywalk Sudirman, Lantai 1, Jl. KH Mas Mansyur, Sudirman, Jakarta. Telp. (021) 25558514.

 

3. Kira Kira Ginza

Photo source: mixnotmatch.blogspot.com

Photo source: wanderbites.com

Namanya yang catchy banget ini pasti bikin kamu langsung bertanya-tanya “kira-kira ini enak nggak ya?”. Well, Kira Kira Ginza ini bener-bener worth it kok buat dikunjungin. Interiornya di sini khas izakaya di Jepang dengan kayu alami yang menimbulkan atmosfir rustic yang cozy di dalamnya. Yang bikin Kira Kira Ginza spesial, ada comic corner yang bisa kamu baca koleksinya sambil menunggu makanan datang. Hidangan Jepang yang disajikan mereka bervariasi banget. Ada Beef Teriyaki, Katsudon, atau Omurice. Tapi yang paling high recommended di sini adalah Takoyaki dan Okonomiyaki-nya. Okonomiyakinya diisi dengan pork beef cincang dan sayuran, lalu disiram dengan okonomiyaki sauce dan mayonnaise. Rasanya lezat banget. Kalau Takoyakinya, hmm belum dimakan aja penampilannya sudah menggoda banget. Begitu masuk mulut, bagian luarnya terasa crispy, dan saat digigit, adonan Takoyaki langsung meleleh memenuhi mulut. Terasa panas tapi ekstra lezat!

 

Lokasi:

Kira Kira Ginza

Jl. Melawai 9 No. 30, Melawai, Jakarta. Telp. (021) 7262611.

 

4. Izakaya Taichan

Photo source: manual.co.id

Photo source: manual.co.id

Di dalam Izakaya Taichan, kamu nggak cuma akan merasakan keotentikan hidangan Jepang, tapi juga pengalaman makan seperti di restoran tradisional Jepang di mana kamu harus melepas alas kaki sebelum diajak masuk ke sebuah bilik tatami yang dibatasi oleh kayu-kayu. Suasananya cozy banget dan private tentunya.  Kalau nggak terlalu suka untuk duduk di tatami, kamu tetap bisa menikmati makanan di meja counter kok. Urusan makanan, kamu bisa menyantap menu populer Jepang, seperti tempura, ramen, dan sashimi. Salah satu yang wajib dipesan adalah Buta Katsuni Set yang ngenyangin banget. Dalam satu set tersebut, kamu akan mendapatkan nasi, miso soup, dan pickles. Lengkap dan rasanya flavorful banget!

 

Lokasi:

Izakaya Taichan

Jl. Melawai 6 No. 5, Melawai, Jakarta. Telp. (021) 7261281.

 

5. Daitokyo Sakaba

Photo source: thedelicaciesjournal.com

Photo source: lulabyspoon.blogspot.co.id

Daitokyo Sakaba ini berada dalam satu grup yang sama dengan Ramen 38, Yellow Fin, dan Kira Kira Ginza. Suasana Jepang di dalam Daitokyo Sakaba sangat kental. Di sini kita makan di dalam bilik-bilik kayu yang keprivasiannya terjaga banget. Kamu bisa nge-grill sendiri daging yang kamu pesan, tapi biar rasanya terjamin, lebih baik biarkan chef-nya yang nge-grill. Nah, untuk menu grill di Daitokyo Sakaba, Roast Beef, Negishiotan (Beef Tongue), dan Buta Bara (Pork Belly) merupakan dish terfavorit. Semuanya empuk, wangi, dan rasanya juicy banget. Buat yang pilih nasi, ada Yakitori Don di mana kamu bisa makan semangkuk nasi beserta chicken drumstick, kulit ayam, dan hati ayam, ditambah telur yang diletakkan di bagian tengah. Rasanya bener-bener pecah! Bayangin aja rasa ayam yang empuk kemanis-manisan dicampur kuning telur yang creamy banget itu.  Bikin nagih!

 

Lokasi:

Daitokyo Sakaba

Jl. Melawai No. 26, Melawai, Jakarta. Telp. (021) 7222047.

 

Cita rasa Jepang yang sebenarnya memang nggak bisa didapetin di tempat makan Jepang instan yang banyak tersebar di Jakarta. 5 restoran inilah yang mesti kamu tuju saat lagi craving makanan Jepang otentik. Sebenarnya masih banyak lagi lho cafe dan izakaya di Melawai yang juga seru-seru. Ada rekomendasi? Review aja di Nibble agar pecinta kuliner Jepang tahu semua. Kalau belum tahu banyak tentang Nibble, klik di sini untuk dapetin informasi lengkapnya.

 

 

Related Articles

Connect with Nibble