Foodies Guide To F&B Industry

Eksplorasi Seafood Dalam Negeri di Suarasa Pesisir Nusantara

July 31, 20193 min readReviews

Sebagai Negara maritim yang memiliki garis pantai hampir 100.000 kilometer, tentu variasi kuliner yang dimiliki oleh kebudayaan-kebudayaan pesisir kita luar biasa kaya. Ada satu restoran di Jakarta yang melihat kekayaan ini sebagai sesuatu yang seharusnya bisa dikenali oleh banyak orang di ibu kota.

Adalah Restoran KAUM Jakarta yang sukses menyajikan berbagai menu pesisir lewat Suarasa Pesisir Nusantara. Berlokasi di KAUM Jakarta, Jumat (26/7/2019) acara makan malam bersama ini juga tambah seru dengan alunan musik dari Irama Pantai Selatan yang mendayu-dayu.

suarasa pesisir nusantara 4

Dari judulnya tentu jelas sekali menu yang tersedia adalah seafood. Menu-menu seafood yang ditawarkan di Suarasa Pesisir Nusantara terdiri dari cumi-cumi, udang, ikan baronang, ikan bawal dan ikan kuwe. Berangkat dari bahan-bahan dasar itu, adalah sambal dan bumbu basting-nya yang benar-benar autentik dari berbagai wilayah pesisir nusantara.

“Semua ikan, cumi dan udang yang kami sajikan di Suarasa Pesisir Nusantara malam ini benar-benar fresh. Serta sambal-sambal dan bumbu-bumbunya juga dihadirkan dari berbagai wilayah pesisir kita,” kata Jessica Eveline, Operation Manager KAUM Jakarta.

suarasa pesisir nusantara 8

Ragam Sambal dan Bumbu

Sambal dan bumbu yang ditawarkan di Suarasa Pesisir Nusantara bisa dibilang kekuatan dari santap malam di KAUM Jakarta ini. Ada setidaknya 7 sambal dan 4 bumbu basting yang bisa dipilih.

Pilihan sambalnya antara lain; sambal belimbing wuluh yang datang dari Nusa Tenggara Timur, sambal matah dari pesisir utara Bali, sambal cacai dari Kalimantan, sambal dabu-dabu dari Manado, sambal tempong dari pesisir Banyuwangi, sambal colo-colo dari Maluku, dan tentunya sambal terasi yang mewakili Pulau Jawa.

suarasa pesisir nusantara 9

Untuk pilihan basting tersedia bumbu jimbaran dari Bali, bumbu bereum bodas dari Jawa Barat, bumbu kecap sereh dari Jawa tengah dan bumbu pantai mawi yang datang dari Nusa Tenggara Barat.

Seafood yang Fresh

Lalu pilihan kami jatuh pada ikan kuwe dan udang bakar dengan bumbu jimbaran. Dua menu ini benar-benar membawa kami terbang jauh dari Jakarta. Di mana padatnya daging udang laut serta harumnya daging ikan kuwe dibuat semakin lezat dengan bumbu jimbaran yang kuat aroma ketumbar dan kemirinya.

suarasa pesisir nusantara 3

Dari gigitan pertama, kami paham betul bahan yang disediakan oleh KAUM Jakarta ini benar-benar sangat segar. Daging udang bakarnya matang sempurna dengan tekstur kenyal yang khas. Pengupasan kulit udang yang harus kita lakukan sendiri membuat suasana makan benar-benar bergaya seafood, “Harus ada effort.”

Ikan kuwe dengan bumbu jimbaran juga mempunyai aroma yang senada, tetapi aroma jeruk pada ikan kuwe ini akan sesekali menggoda lidah kita. Potongan dagingnya yang lembut tidak membutuhkan usaha banyak dalam menikmatinya. Hanya saja ketika sampai pada bagian perut, dagingnya mulai penuh dengan duri-duri kecil yang juga tetap akan membawa nuansa makan seafood.

Es Kelapa Nektar dan Nanas Madu

Untuk membuat suasana menikmati kuliner pesisirnya tetap autentik, KAUM Jakarta menyiapkan ragam menu es kelapa yang mereka miliki. Kebetulan kami memilih es kelapa nektar dan es kelapa nanas muda.

Untuk yang es kelapa nektar, kami merasa seperti es kelapa pada umumnya. Namun gula nektar yang digunakan di sini memiliki manis yang lebih lembut dibandingkan dengan gula aren.

suarasa pesisir nusantara 7

Pengalaman yang unik justru ada di es kelapa nanas madu. Es kelapa ini memiliki sensasi yang sedikit unik. Rasa madunya mungkin membawa manis yang khas, namun nanasnya ini loh. Entah kenapa campuran dari perasan nanasnya mengingatkan kami dengan aroma kue nastar.

Suarasa Pesisir Nusantara ini menjadi acara yang menurut kami sangat bermakna, sebuah bentuk apresiasi terhadap dunia kuliner nusantara. Makanan-makanan eksotik yang kita miliki seharusnya bisa lebih banyak dikenali dibandingkan kuliner-kuliner dari Negara lain. Sudah saatnya kita lebih bangga dengan makanan nusantara.

Related Articles

Connect with Nibble