Foodies Guide To F&B Industry

Enaknya 7 Konro di Jakarta Ini Sukses Bikin Ketagihan

March 13, 20184 min readTips & Tricks

Kalau suka coba makanan-makanan baru, kamu pasti sudah nggak asing  lagi sama Konro di Jakarta. Diambil dari bahasa Makassar, Konro itu berarti tulang. Biasanya tulang yang digunakan dalam masakan khas Makassar adalah tulang Iga sapi. Olahannya pun bermacam-macam, bisa dibakar atau disop. Rasanya sama-sama mantap. Kalau yang kuah, kamu bisa merasakan kegurihan maksimal dari kuah kaldu rebusan tulang Iga. Yang diolah dengan cara dibakar pun nggak kalah bikin puas. Aroma smokey yang harum serta bumbu kacang yang mantap bisa bikin kamu ketagihan. Mau tahu tempat makan Konro di Jakarta yang  paling enak? Ayo simak guide berikut ini.

1. Rumah Makan Marannu

konro-di-jakarta-02

Photo source: @henjiwong

Restoran yang lokasinya ada di Kelapa Gading dan Cawang ini spesialisnya sajian khas Makassar. Kamu wajib mencoba Konro Bakar Marannu saat ke sini. Daging konro di Jakarta ini memang enak. Tak perlu usaha keras untuk melepaskan daging dari bagian tulangnya. Bumbu kacang yang menemaninya pun cukup sedap, pas dimakan dengan sup yang aromatik dan spicy juga. Jangan lupa disantap pakai Buras. Ini adalah lontong yang berbumbu. Rasanya mirip arem-arem tapi tanpa isi di bagian tengahnya.

Lokasi:

Rumah Makan Marannu

Jl. Boulevard Raya Blok TA 2 No. 27 - 28, Kelapa Gading, Jakarta. Telp. (021) 4520155.

2. Raja Konro Daeng Naba

konro-di-jakarta-03

Photo source: Nibble - rezaramadan14

Ada yang belum pernah nyobain Konro bakar dimakan pakai bumbu kacang? Kamu bisa meluncur ke Raja Konro Daeng Naba. Tempat makan Konro di Jakarta ini terletak di Cilandak. Kehadirannya bagaikan surga untuk para pecinta Konro. Konro Bakar yang disajikan sangat lembut dan empuk. Kombinasi rasa manis dan gurih menari-nari di lidah dan membuat perut berdecak kagum.

Lokasi:

Raja Konro Daeng Naba

Jl. Ampera Raya No. 51, Cilandak, Jakarta. Telp. (021) 78841963.

3. Sop Konro Karebosi

konro-di-jakarta-04

Photo source: @foodexplorerr

Selain dibakar, Konro di Jakarta juga enak diolah menjadi Sop Konro. Kalau ngomongin Sop Konro legendaris, Sop Konro Karebosi adalah jagoannya. Bumbu di kuah Sop serta dagingnya strong banget dan bisa diterima lidah. Rasanya segar sekali, meski banyak mengandung lemak. Makin puas kalau makannya pakai nasi hangat. Kalau nggak bisa move on dari Konro Bakar, mereka juga menyediakan menu ini. Porsinya gede banget, dagingnya gampang dilepas juga dari tulangnya.

Lokasi:

Sop Konro Karebosi

Jl. Boulevard Raya Blok TA 2 No. 38, Kelapa Gading, Jakarta. Telp. (021) 4520990.

4. Warung Tekko

konro-di-jakarta-05

Photo source: @melidoyanmakan

Restoran yang satu ini memang tidak khusus menghidangkan makanan khas Makassar. Namun, menu Konro alias Iga di sini juga punya kelezatan yang tiada taranya. Biar puas, Iga Konro Bakar bisa menjadi pilihan. Dalam satu menu, kamu akan dimanjakan oleh empat potong Iga yang ukurannya lumayan besar. Makanan ini tak akan lengkap tanpa pendamping sambal super pedas. Rasa sambalnya selalu bikin ketagihan. Meskipun pedasnya bikin keringetan, tapi bisa membuat kamu susah untuk berhenti melahapnya.

Lokasi:

Warung Tekko

Plaza Festival, Lantai Lower Ground, Jl. HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta. Telp. (021) 5263137.

5. Mamink Daeng Tata

konro-di-jakarta-06

Photo source: @misscarolinebong

Kalau ingin menemukan restoran Makassar paling fenomenal di Jakarta, kamu bisa menyambangi Mamink Daeng Tata. Outletnya bisa kamu temukan di daerah Tebet. Menu yang wajib dipesan kalau ke sini adalah Tata Ribs yang juga jadi favoritnya orang-orang. Pasti puas dan kenyang saat memakannya karena Konro di Jakarta ini berukuran besar sekali. Biarpun tulangnya jumbo, isi dagingnya juga super melimpah. Perpaduan bumbu kacang dan sambal juga perfect sekali di lidah. Untuk harganya terbilang murah, hanya sekitar Rp58.000 untuk porsi sebanyak ini.

Lokasi:

Mamink Daeng Tata

Jl. KH Abdullah Syafei No. 33, Tebet, Jakarta. Telp. (021) 8315555.

6. Kedai Pelangi

konro-di-jakarta-07

Photo source: @kedaipelangi_kebonsirih

Buat kamu yang sering melewati kawasan Kebon Sirih, kamu pasti tahu restoran Kedai Pelangi yang sudah terkenal di antara foodies Jakarta. Restoran Makassar ini selalu rame pagi, siang, atau malam. Tak heran, hampir semua varian makanannya terasa menonjol dan sulit dilupakan. Konro di Jakarta buatan Kedai Pelangi ini enak banget. Diolah dengan cara dibakar, bumbunya meresap sekali sampai ke bagian dalam daging. Mau coba Sop Konronya juga recommended. Coto Makassarnya apalagi. Kuahnya legit, gurih, dan bumbu rempahnya sangat terasa di lidah.

Lokasi:

Kedai Pelangi

Jl. Kebon Sirih Raya 7H, Jakarta Pusat, Menteng, Jakarta. Telp. (021) 21230489.

7. Bunga Rampai

konro-di-jakarta-08

Photo source: @bungarampai_pakis

Restoran yang berada di Menteng ini cocok jadi tempat fine dining. Interiornya elegan dan berkelas banget. Presentasi makanannya pun nggak asal-asalan. Lihat saja foto Iga Bakar Bumbu Bali di atas. Terlihat sangat menggoda, bukan dengan lumuran sambal merah yang dari penampilannya saja sudah terbayang pedasnya. Konro di Jakarta ini melalui proses ungkep terlebih dahulu sebelum kemudian dibakar. Itulah kenapa bumbunya terasa menyerap sekali. Kalau bumbu Bali kurang pedas untuk seleramu, kamu bisa menikmati menu ini dengan Sambal Matah yang membakar lidah.

Lokasi:

Bunga Rampai

Jl. Teuku Cik Ditiro No. 35, Menteng, Jakarta. Telp. (021) 31926224.

Sudah siap berpesta Konro di Jakarta? Kalau kamu punya tempat favorit yang belum ada di guide ini, kamu bisa mengulasnya di Nibble. Klik di sini untuk informasi lengkap tentang Nibble.

Cover photo source: @ sovifooddiary

Related Articles

Connect with Nibble