Foodies Guide To F&B Industry

Gram, Pancake Osaka yang Akhirnya Hadir di Jakarta

July 9, 20194 min readFoodie Trends

Bagi pecinta pancake, nama Gram Cafe & Pancakes tentu tidak asing lagi. Dikenal sebagai salah satu tempat terbaik untuk mendapatkan pancake yang lembut, Gram akhirnya membuka cabangnya di Jakarta. Tepat pada tanggal 11 Juli 2019 mendatang, kalian sudah bisa mencoba sajian pancake terbaik yang datang dari Osaka, Jepang, ini.

Hadir sejak tahun 2014, Gram Pancakes sudah memiliki lebih dari 200 gerai di seluruh Jepang. Di belahan dunia lain, Gram Pancakes juga telah membukai gerai di Amerika Serikat, Kanada, Hongkong, Thailand, dan Singapura. Setelah minggu lalu secara resmi membuka gerainya di Singapura, pada pekan ini Indonesia akhirnya menjadi pemberhentian berikutnya dari Gram.

Seperti gerainya di negara lain, gerai Gram Cafe & Pancakes Jakarta yang terletak di lantai 2 Plaza Indonesia ini memiliki interior layaknya kebun. Kalian akan merasakan suasana bersantap di gerai yang hijau. Hal ini dimungkinkan dengan penggunaan tanaman hijau sebagai dekorasinya.

gram2

Gram Pancakes memiliki moto untuk membuat pancake yang mampu menghasilkan senyum bagi setiap pelanggannya. Hal ini diwujudkan Gram melalui pancake-pancake yang memiliki tampilan unik, seperti signature dish mereka, pancake premium.

Pancake premium dibuat fresh saat dipesan. Premium pancake ini memakai adonan putih telur yang dikocok hingga mengembang. Karena mirip dengan souffle, pancake premium harus dibuat saat akan disantap. Uniknya, premium pancake ini akan bergoyang dengan sangat lucu jika diberikan getaran sedikit saja.

Sajian lain yang tidak kalah unik dari Gram Pancakes adalah mixed fruit pancake. Berbagai buah-buahan seperti strawberry, berry, kiwi, dan jeruk akan memberikan sensasi manis, asam, dan pahit dalam satu suap pancake. 

Begitupun dengan sajian tiramisu pancake. Sajian pancake yang ditaburi tiramisu ini diperkaya dengan rasa dari cream chesee. Kedua topping ini saling berpadu satu dengan lainnya. Paduan rasa pahit, manis, dan asam ini menghasilkan sebuah rasa unik di lidah yang tidak menutupi rasa masing-masing.

gram5

Brian Setyadarma, co-owner Gram Jakarta, menjelaskan bahwa hadirnya Gram Pancakes di Indonesia tidak terlepas dari kesedihan dirinya karea belum adanya pancake yang benar-benar Instagramable di sini.

“Saya sering melihat di instagram bagaimana tren di luar negeri. Saat ini yang sedang hits adalah orang mengunggah boomerang gambar pancake. Saya berpikir, sayangnya di Indonesia belum ada pancake terbaik untuk diunggah seperti di luar negeri,” jelas Brian.

Berangkat dari hal tersebut, Brian akhirnya mencoba untuk menghadirkan Gram Pancakes ke Indonesia. Tanpa ia duga, ternyata keinginan dirinya tersebut juga disambut baik oleh pihak Gram Jepang. 

Gram yang memang memiliki menu yang sama di setiap negara, sebenarnya memiliki keunikan dimana Gram di setiap negara memiliki paling tidak satu menu yang berbeda dengan negara lain. Meskipun di Gram Jakarta menu itu belum diluncurkan, namun seiring berjalannya waktu akan menambahkan signature dish asli Indonesia ke dalam menunya.

gram3

Brian mengungkapkan, pancake yang dijual di Gram Jakarta memang memiliki harga yang sedikit di atas karena beberapa hal termasuk ke persoalan impor bahan baku.

“Jika bicara mengenai harga, signature dish kami, pancake premium, kami jual dengan harga Rp150.000++. Memang sedikit mahal, namun hal ini dikarenakan bahan baku untuk membuat adonan pancake tersebut kami impor langsung dari Jepang. Meskipun begitu, harga pancake premium kami masih di bawah harga pancake premium di Singapura dan Hongkong,” ungkap Brian.

Bicara mengenai signature dish Gram, pancake premium, sajian yang satu ini sangatlah spesial. Setiap harinya pancake premium ini hanya dijual di 3 waktu, yaitu pada pukul 11:00, 14:00, dan 18:00. Setiap waktunya hanya 20 porsi yang bisa disajikan. Hal ini dikarenakan setiap 1 adonan hanya mampu untuk membuat 20 porsi pancake premium.

Selain pancake, Gram juga memiliki menu lain yang tidak kalah kelas dari pancake. Gram juga menyajikan french toast dan sandwich dalam menunya.

gram4

Pada awal berdirinya ini, Gram Jakarta masih akan dibantu oleh Chef yang berasal dari Gram Jepang untuk membantu dan melatih para Chef asal Indonesia. Nantinya, seluruh Chef di Gram Jakarta akan berasal dari Indonesia.

Brian berharap agar dibukanya Gram Jakarta ini dapat memenuhi harapan dari semua pecinta pancake di Indonesia. “Saya ingin bisa melihat antrean setiap hari di Gram. Seperti di negara lain, semoga Gram Jakarta akan selalu ramai, Kami juga memiliki target untuk membuka 1 gerai lagi di akhir tahun,” tutupnya.

Related Articles

Connect with Nibble