Foodies Guide To F&B Industry

Guide Lengkap Seputar Makanan Jepang Populer untuk Wisata Kulinermu (Part 2)

January 4, 20164 min readTips & Tricks

 

Photo source: celebrate-jakarta.com

Ngomongin Jepang memang nggak ada habisnya. Selain terkenal dengan kecanggihan teknologi dan kebudayaan uniknya, makanannya pun sekarang makin dikenal orang. Kalau kemarin kita sudah membahas 5 makanan Jepang yang populer di dunia, sekarang kita mau memperluas wawasan perkulineranmu lagi dengan membahas 5 menu makanan Jepang yang rasanya nggak cukup kalau hanya mencicipinya sekali saja. Dan tentunya kita juga melengkapi list di bawah ini dengan restoran Jepang di Jakarta yang recommended. Jadi kamu nggak perlu bingung lagi mau makan di mana. Read on!

 

1. Shabu-shabu

Photo source: meetup.com

Ini dia comfort food yang paling cocok dimakan saat musim hujan seperti sekarang. Dalam semangkok shabu-shabu ada daging dan sayuran yang dimasak di air mendidih yang rasa kuahnya dibumbui konbu dan berbagai bahan lain. Biasanya dipping sauce yang digunakan untuk memperkaya citarasa shabu-shabu adalah ponzu atau sesame based sauce. Daging yang digunakan bisa sapi atau pork dan kadang-kadang udon juga bisa ditambahkan sebagai isian shabu-shabu lho. Namun sayangnya agak sulit menemukan menu shabu-shabu kalau bukan di restoran dengan spesialisasi shabu-shabu. Tapi tenang, biasanya restoran shabu-shabu di Jakarta juga menyediakan menu yakiniku kok, jadi kamu juga tetap bisa mencicipi masakan jepang yang berbeda dalam satu restoran.

 

Shabu-shabu enak di Jakarta:

Kobe by Shabu2House

Street Gallery 2nd Floor Pondok Indah Mall, Jalan Metro Pondok Indah, Jakarta.

Telp: (021) 29529777

 

2. Soba

Photo source: seriouseats.com

Satu lagi varian mie asal Jepang yang punya banyak penggemar di dunia, Japanese Soba. Ini terbuat dari tepung gandum dan disajikan dengan soy sauce dan sugar sauce. Tidak seperti udon, tekstur soba tipis dan kenyal, seperti ramen. Biasanya dalam sepiring soba ada topping telur, tempura, dan nori yang bisa bikin kamu makin ketagihan. Uniknya, soba ini bisa disajikan dingin dan panas. Kalau panas, soba dihidangkan dalam kuah panas dan membuat teksturnya menjadi lembek. Sedangkan soba dingin disajikan dengan kuah dingin yang jumlahnya sedikit sehingga tekstur soba kenyal.

 

Soba enak di Jakarta:

Abura Soba Yamatoten

Ruko Garden House, Blok A No. 12, Pantai Indah Kapuk, Jakarta

Telp. (021) 29033342

 

3. Katsu

Photo source: thehungriestpanda.com

Jangan pernah menyebut diri kamu sebagai Japanese Food Lover kalau belum cobain macam-macamnya katsu. Buat yang belum tahu, katsu merupakan makanan khas Jepang yang digoreng dalam balutan panko atau tepung roti. Nah, katsu ini bisa terbuat dari ayam (chicken katsu), babi (tonkatsu), sapi, atau seafood. Rasa katsu ini nggak main-main enaknya. Di gigitan pertama, kamu akan merasakan cruchy-nya remah roti, tapi daging yang ada dalam balutan panko tersebut tetap empuk saat digigit. Katsu biasanya disajikan dengan bento atau disiram dengan kuah kari.

 

Katsu enak di Jakarta:

Katsusei

- Jl. Asia Afrika, Sentral Senayan 1 Basement 1 Unit 10 BI, Jakarta. Telp. (021) 5731001.

 

4. Yakitori

Photo source: tastebook.com

Yakitori atau yang juga dikenal dengan nama izakaya ini ibaratnya sate kalau di Indonesia. Yup, penyajiannya memang seperti sate di mana potongan-potongan daging ditusuk dengan tusukan bambu dan dibumbui dengan sweet salt atau soy sauce based sauce dan barbeque. Kemudian tusukan daging tersebut dibakar di atas arang api. Daging yang digunakan bisa berupa ayam, babi, sapi, atau hati dan jantung. Oh iya, makin ke sini modifikasi yakitori juga makin banyak. Ada yakitori buah, sayur, dan jamur juga. Cobain deh!

 

Yakitori enak di Jakarta:

Tori Ya

Fairgrounds (ex Bengkel nightpark), SCBD lot 14, Jl. Jend Sudirman Kav 52 - 53, South Jakarta.

Telp. (021) 51402384

 

5. Matcha Latte

Photo source: missbuttercup.com

Belakangan ini matcha lagi jadi tren kuliner di Jakarta. Sampai-sampai ada ungkapan yang menyatakan “Apapun yang dikasih matcha pasti laku”. Itulah cikal bakal kenapa ada banyak sekali menu makanan yang terbuat dari matcha di Jakarta, mulai dari martabak manis sampai kue cubit. Di Jepang sendiri Matcha Latte dikenal sebagai minuman yang terbuat dari matcha green tea powder yang dicampur dengan susu. Minuman ini merupakan sumber terbaik zat antioksidan dan kandungan green tea juga bisa mencegah kanker dan penyakit jantung.

 

Matcha Latte enak di Jakarta:

1/15 Coffee

Jl. Gandaria I No. 63, Gandaria, Jakarta.

Telp. (021) 7225678

 

So, makanan khas Jepang yang mana nih yang paling bikin kamu penasaran sama rasanya? Atau kamu udah cobain semua list di atas? Kalau sudah, bagikan review Japanese dish favorit kamu yuk di Nibble! Klik di sini untuk penjelasan lebih lengkap tentang Nibble.

 

 

Related Articles

Connect with Nibble