Foodies Guide To F&B Industry

Gyukatsu Autentik yang Hanya Ada di Kintaro Sushi

July 15, 20195 min readReviews

Jika kita bicara mengenai rekomendasi restoran sushi di Jakarta, restoran ini pasti masuk ke dalam daftar rekomendasi kami. Setelah sukses dengan gerai pertamanya di Pantai Indah Kapuk, Kintaro Sushi membuka gerai keduanya di salah satu sentra kuliner di selatan Jakarta, yaitu Senopati. 

Kintaro Sushi dikenal sebagai restoran pertama di Indonesia yang menyajikan pilihan menu untuk membuat sendiri sushi dan rice bowl yang kita inginkan. Kintaro Sushi juga merupakan restoran pertama yang mengenalkan hidangan gyukatsu yang autentik di Indonesia.

Kalian tidak perlu bingung kenapa Kintaro Sushi juga menyajikan gyukatsu dan rice bowl dalam menunya. Hal ini dikarenakan seperti restoran Jepang lainnya di Indonesia, Kintaro Sushi tidak secara spesifik hanya menjual satu jenis makanan Jepang di restorannya. Hal yang tentu berbanding terbalik dengan restoran Jepang di negara asalnya yang hanya menjual satu jenis makanan, tergantung dari nama restorannya.

Ambiance

Kintaro sushi Ambience-1

Kintaro Sushi Senopati membawa nuansa Jepang dari mulai kita sampai di parkirannya. Jembatan merah yang menghubungkan lapangan parkir dan restoran seakan menghubungkan kita dengan negeri sakura tersebut.

Begitupun setelah kita menyebrangi jembatan tersebut. Deretan chochin, lampion khas Jepang, seakan menyambut kedatangan kita ke restoran tersebut.

Dari luar, Kintaro Sushi Senopati seakan menggunakan bambu sebagai ornamen utama dalam restorannya. Meskipun hanya di depan restoran, namun hal tersebut cukup memberikan kesan sebagai salah satu restoran eksklusif.

Kintaro sushi Ambience-3

Beranjak masuk ke dalam restoran, kalian akan disuguhi pemandangan ala Jepang lewat zen garden. Zen garden yang diaplikasikan di dalam restoran menurut kami masih jarang ditemukan, apalagi di Indonesia. Pengaturan batu-batuan, air, semak, dan bahkan pohon sakura menjadikan taman ini sebagai spot yang instagram-able. Terdapat pula sebuah jembatan merah kecil yang makin mempercantik taman ini.

Terdapat pilihan tempat duduk yang bisa kalian pilih di Kintaro Sushi Senopati. Apabila kalian bosan hanya menikmati makanan di meja dan kursi biasa, kalian bisa memilih untuk duduk di tatami. Kalian akan bisa menikmati makanan sambil lesehan seperti yang banyak dilakukan oleh masyarakat Jepang. 

Jika ingin suasana yang lebih private, Kintaro Sushi Senopati juga memiliki 2 bilik private yang bisa kalian pilih jika datang bersama-sama dengan teman atau keluarga. Ruangan ini ditutup dengan pintu geser bambu khas Jepang.

Kintaro sushi Ambience-4

Menambah nuansa khas Jepang, Kintaro Sushi juga memutar lagu-lagu yang dimainkan dengan instrumen musik khas Jepang. Lantunan berbagai instrumen, seperti sakuhachi dan biwa, serta shamisen akan semakin membuat kalian terhanyut dengan nuansa Jepang.

The Food

Berada di Kintaro Sushi, kami tentu tidak ingin ketinggalan untuk mencoba menu-menu andalan yang mereka tawarkan. Dikenal karena memiliki gyukatsu yang autentik tentu membuat kami penasaran bagaimana autentik yang dimaksud. Selain itu, kami juga tidak ketinggalan untuk memesan menu-menu best seller mereka, osaka roll dan nori nachos.

Nori Nachos

Sebagai starter, kami memesan menu yang satu ini. Mungkin kalian sedikit bertanya-tanya, bagaimana nori bisa disatukan dengan nachos. Kedua makanan ini sebenarnya memang berasal dari dua negara berbeda, bahkan berbeda benua. Nori nachos merupakan salah satu makanan fusion yang ditawarkan oleh Kintaro Sushi.

Kita tentu tau penasaran bagaimana perpaduan rasa dari masing-masing makanan ini. Baik nori maupun nachos memiliki tekstur yang renyah, gurih dan sedikit asin.

kintaro sushi NoriNachos-1

Di Kintaro Sushi, untuk semakin mengeluarkan rasa dari kedua bahan tersebut, ditambahkanlah beef spicy mayo, garlic mayo, tobiko, dan garlic chips.

Ternyata, dengan perpaduan tersebut, nori nachos menjadi sangat crunchy dan membuat kita ketagihan untuk terus mengunyahnya. Ternyata, setelah kami lihat lebih detail, kunci agar nori nachos menjadi crunchy adalah nori digoreng dengan tepung tempura dan kemudian di-kremes

Osaka Roll

Sebagai restoran yang membawa nama sushi, tentunya kami juga penasaran bagaimana sajian menu sushi yang disajikan oleh Kintaro Sushi. 

Pilihan kami untuk menu sushi jatuh kepada Osaka roll.

Kintaro sushi CurrySushi

Osaka roll adalah sebuah sushi yang menggunakan beef katsu sebagai isiannya. Seperti sushi lain yang juga disajikan dengan nasi yang dikepal, yang membedakannya adalah osaka roll menggunakan saus kari diatasnya.

Ketika kami mencoba sajian ini, terasa sekali bumbu kari yang memang dijadikan topping untuk sushi ini. Sayangnya, kari ini seakan menutupi rasa dari beef katsu yang berada di dalamnya. 

Original Gyukatsu

Sampailah kita pada sajian utama dalam perjalanan kali ini.

Mengusung slogan sebagai restoran yang menyajikan gyukatsu paling autentik, menu ini memang harus kami coba.

Kintaro Sushi menggunakan US beef yang mendekati wagyu. Memiliki warna yang berkilauan dan lembut, terlihat jelas bahwa daging-daging ini merupakan daging pilihan terbaik. Daging-daging ini dibaluri dengan tepung roti sebelum nantinya bisa kita panggang sesuai keinginan kita.

Kintaro sushi Gyukatsu-2

Ada 3 pilihan saus yang disediakan Kintaro Sushi yang bisa kalian pilih untuk menikmati sajian yang satu ini, yaitu saus soyu, garlic, dan tonkatsu. Khusus saus garlic, saus yang satu ini memang dibutuhkan sebelum kalian memasak daging di panggangan kecil yang disediakan. Dengan mencelupkan daging ke saus garlic, akan ada sensasi memanggang unik yang akan kalian rasakan.

Jika kalian memilih untuk menyantap daging dalam keadaan matang medium well, akan terasa bagaimana juicy-nya daging ini. Terlebih dengan mencelupkannya ke dalam saus tonkatsu ataupun soyu, akan semakin keluar cita rasa daging tersebut.

Gyukatsu-3

Menemani sajian gyukatsu, Kintaro Sushi juga menyediakan salad segar. Salad ini bisa dinikmati dengan goma dressing yang memiliki rasa sedikit asam manis.

Secara keseluruhan, jika kalian memang mencari sebuah restoran Jepang dengan suasana yang mirip dengan negara asalnya, Kintaro Sushi bisa dimasukkan ke dalam daftar. Kintaro Sushi berhasil memadukan ambiance Jepang dengan makanan khas Jepang yang autentik.

Related Articles

Connect with Nibble