Foodies Guide To F&B Industry

Hangatkan Perut dengan Ramen Otentik dari 10 Ramen House di Jakarta Ini

January 6, 20167 min readFoodie Trends

Waktu itu kita udah pernah bahas tentang bakmi enak di Jakarta, tapi kayaknya list itu belum memuaskan para noodle hunters ya? So, persiapkan diri kamu karena sekarang kita punya list ramen di Jakarta yang pastinya akan bikin kamu ngiler dengan handmade mie, topping berlimpah, dan kuah kaldu yang harus dipersiapkan 16-20 jam sebelum dihidangkan di hadapanmu. Yummy! Are you ready for a bowl? Check out our list first!

1. Yamagoya Ramen

Photo source: anakjajan

Photo source: lullabyspoon

Yamagoya Ramen yang berlokasi di Bay Walk Mall ini merupakan ramen house asli Jepang. Interior di Yamagoya Ramen bener-bener dibuat ke-Jepang-an dimana banyak tulisan kanji dan ornament-ornamen unik ala Jepang menghiasi ruangan restoran. Kamu juga bisa melihat para chef meracik ramen dari dapur yang dibatasi oleh kaca. Untuk ramennya sendiri, mereka punya tonkotsu (pork-bone) soup base ramen yang dimasak selama 24 jam untuk mendapatkan sari-sari kaldu sehngga kuah ramen yang kamu santap makin lezat. Dish yang paling favorit di sini sudah pasti Yamagoya Ramen yang disajikan dengan nori seaweed, tamago, menma, spring onion, dan pork charsiu slices. Untuk mie-nya, mereka menggunakan mie yang bentuknya kecil dan lurus serta bertekstur kuat. Charsiunya sendiri sangat empuk dan tamagonya well cooked dan bumbunya terasa sampai ke dalam. Selain ramen di Jakarta, kamu juga bisa pesan side dish-nya ramen, seperti Tonkatsu atau Kakuni Cha Su.

Lokasi:

Yamagoya Ramen

Bay Walk Mall, Lantai 2, Jl. Pluit Karang Ayu, Pluit, Jakarta. Telp. (021) 29839063.

2. Menya Sakura Ramen

Photo source: jenzcorner.net

Photo source: visit-sheilla.blogspot.co.id

Ramen di Jakarta yang satu ini juga asli dari Jepang. Kaldu pork di sini paling juara bikin ramen makin lezat dan tasty! Yang paling recommended adalah Tonkotsu Ramen. Pertama melihat, kuah kaldunya terlihat kental sekali, tapi setelah dicicipi rasanya tetap ringan. Mie-nya dimasak sampai al dente, kenyal, dan lembut. Dan bagian terbaik dari semangkok ramen ini adalah potongan charshu-nya yang terasa meleleh di mulut dan meninggalkan rasa dan aroma khas daging babi di lidahmu. Setelah kenyang makan ramen, jangan lupa sisakan ruang di perutmu untuk signature dessert Menya Sakura ya, Mochi Green Tea yang bisa bikin perutmu segar setelah menyantap ramen.

Lokasi:

Menya Sakura Ramen

- Emporium Pluit Mall, Lantai 4, Jl. Pluit Selatan Raya, Penjaringan, Jakarta. Telp. (021) 29704981.

3. Hakata Ikkousha

Photo source: sharontravelogue.com

Ngomongin ramen di Jakarta kayaknya nggak akan lengkap tanpa memasukkan Hakata Ikkousha di dalam list. Ramen house asal Fukuoka Jepang ini pertama kali buka cabang di Jakarta tahun 2011. Bisa dibilang, Hakata Ikkousha lah yang menjadi trendsetter yang membuat restoran ramen lain buka di Jakarta. Menu yang paling banyak dicari foodies adalah Special Pork Ramen yang bisa memuaskan hasrat siapapun akan ramen. Kuahnya berupa kaldu babi yang kental, toppingnya dipenuhi potongan daging babi yang empuk, telur rebus yang kematangannya pas, dan springy noodles. Kalau kamu suka kuah kaldu babi yang dua kali lebih kental, kamu bisa pesan Silver Pork Ramen. Tapi kalau rasa pedas lebih menggugah seleramu, order Ramen Babi Tamtam yang lebih spicy.

Lokasi:

Hakata Ikkousha

- Ruko Garden House, Blok B, Bukit Golf Mediterania, Jl. Raya Pantai Indah Kapuk, Pantai Indah Kapuk, Jakarta. Telp. (021) 29033271.

4. Seirock-ya

Photo source: letsgetlostguys.blogspot.co.id

Buat yang cari ramen halal alias tidak mengandung babi, Seirock-ya bisa jadi pilihan utama. Spesialisai Seirock-ya memang kuah “Toripaitan” yang terbuat dari kaldu ayam. Walaupun tanpa babi, rasanya tetap otentik dan enak lho! Ada beberapa versi Toripaitan yang bisa kamu coba di sini, yaitu Miso, Shoyu, Shio, dan Extreme. Masing-masing punya rasa yang khas dan unik. Kalau pertama kali ke sini, kamu bisa coba Toripaitan Ramen Shoyu yang ber-topping-kan sawi hijau, nori, chasiu ayam, telur puyuh, menma, dan daun bawang. Kuah kaldu Ramen di Jakarta ini sangat kental dan berwarna putih susu. Aromanya begitu kuat dan bisa membuatmu lapar seketika.

Lokasi:

Ramen Seirock-ya

- Jl. Radio Dalam No.9 RT 08 RW 02, Gandaria Utara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

5. Tsurukamedou Ramen

Photo source: eatandtreats.blogspot.co.id

Pertama dengar namanya mungkin susah sekali ya mengejanya? Well kata “Tsuru” dalam bahasa Jepang artinya Bangau dan “Kame” artinya Kura-kura. Keduanya merupakan binatang yang paling dihormati menurut kepercayaan Jepang. Tsurukamedou Ramen ini merupakan ramen house asli Jepang yang tidak hanya menggunakan bahan-bahan makanan yang diimpor langsung dari Jepang, tapi juga chef yang menyiapkan semangkok ramenmu juga berasal dari Tsurukamedou, Jepang. Jadi bisa dijamin keotentikan rasanya. Menu terfavorit dan best seller di Tsurukamedou Ramen adalah Tonkotsu Ramen yang punya semua yang kamu cari dalam semangkuk ramen. Kuah kaldu babi Ramen di Jakarta ini cukup kental dengan kombinasi rasa asin dan manis yang sempurna, mie yang bertekstur tipis dengan rasa yummy, tamago dengan tingkat matang yang sempurna juga, dan tidak lupa 3 potong daging babi yang juicy dan sukses bikin kamu mouthwatering. Bener-bener not just another ramen!

Lokasi:

Tsurukamedou Ramen

JL. Ratu Kemuning Raya blok A2 No. 8A Taman Ratu- Greenville, Jakarta Barat. Telp. (021) 5694 0712

6. Ippudo

ramen-di-jakarta-09

Photo source: @kokokuliner

Kalau kamu ingin mencoba Ramen di Jakarta yang rasanya hampir sama dengan yang ada di Jepang, kamu bisa ke Ippudo. Karaka Special Ramen bisa jadi pilihanmu. Kaldu Ramen yang satu ini cukup kental, tekstur mienya lebih tipis, dan kamu bisa menambah berbagai topping serta sambal fresh yang pedasnya nendang banget saat menikmati Ramen di sini. Tak hanya Ramen, Ippudo juga terkenal punya berbagai pilihan Gyoza yang enak-enak. Lasagna Gyoza wajib dipesan jika kamu suka banget sama keju. Gyoza ini dipanggang dengan saus lasagna serta melted cheese di atasnya.

Lokasi:

Ippudo

Pacific Place Mall, Lantai 5, Jl. Jenderal Sudirman, SCBD, Jakarta. Telp. (021) 57973339.

7. Bankara Ramen

ramen-di-jakarta-10

Photo source: @ms.astridhuang

Tempat makan Ramen di Jakarta yang satu ini bisa kamu temukan di Lotte Shopping Avenue. Kuah Ramennya bakal bikin kamu ketagihan balik ke Bankara Ramen lagi dan lagi. Bankara Ramennya recommended banget. Kalau pilih yang Tonkotsu, bumbu kuahnya cukup terasa di lidah dan teksturnya lumayan kental. Menu ini sudah dilengkapi potongan daging pork yang lembut dan tebal. Kalau mau menambah Tamago, kamu bisa membayar Rp.10.000 lagi.

Lokasi:

Bankara Ramen

Ciputra World, Lotte Shopping Avenue, Lantai 3, Jl. Prof Dr Satrio, Karet, Jakarta. Telp. (021) 29889305.

8. Universal Noodle Ichiro

ramen-di-jakarta-11

Photo source: @sharimaumaya

Ada yang unik dari Universal Noodle Ichiro. Ramen di Jakarta yang ditawarkan oleh restoran di AEON Mall ini dilengkapi dengan lelehan Raclette Cheese yang begitu menggugah selera. Rasanya sangat istimewa, perpaduan keju dan kuahnya menghasilkan rasa creamy yang nggak bikin eneg. Porsinya pun sangat memuaskan, apalagi saat ditambah Pork Charsiu sebagai toppingnya.

Lokasi:

Universal Noodle ichiro

AEON Mall, Lantai 3, Ramen Village, Jl. BSD Raya Utama, Serpong, Tangerang.

9. Bariuma Ramen

ramen-di-jakarta-12

Photo source: @nyamfoodies

Sebagai salah satu tempat makan Ramen di Jakarta, Bariuma Ramen sukses mengambil hati para pecinta kuliner. Rasa kaldu di kuahnya itu terasa bold banget. Kamu juga bisa memilih mienya, ada yang firm, original, dan soft. Meskipun Bariuma Ramen terkenal dengan Pork Ramennya, mereka juga menyediakan Ramen yang halal. Nggak usah khawatir, semua peralatan makan dan alat memasaknya benar-benar dipisah antara yang pork dan ayam. Dan yang terpenting, keduanya sama-sama pecah banget di mulut rasanya!

Lokasi:

Bariuma Ramen

Lippo Mall Puri @ The St. Moritz, Lantai 1, Jl. Puri Indah Boulevard Blok U No. 1, Puri Indah, Jakarta. Telp. (021) 22582752.

10. Marutama Ramen

ramen-di-jakarta-13

Photo source: @gagaldiett

Semangkok Ramen di Jakarta yang disajikan hanget memang pas banget dimakan saat cuaca lagi tak bersahabat. Di Marutama Ramen, kamu bisa memesan Zenbu Ramen yang isinya super lengkap dan porsinya sangat banyak. Di dalamnya ada telur, potongan pork belly, dan daging pork yang ada minyaknya. Kuahnya bikin nagih, tidak oily, cukup light, dan wajib dicobain. Yang bikin makin tergila-gila adalah Tamagonya. Telurnya dimasak setengah matang, dan bumbu Ramennya benar-benar meresap sampai ke dalam telur, bahkan sampai ke egg yolknya.

Lokasi:

Marutama Ramen

Sentral Senayan 1, Lantai Basement, Jl. Asia Afrika No. 8, Senayan, Jakarta. Telp. (021) 5724050

So, which bowl is your favorite? Atau kamu punya ramen house favorit yang nggak ada di list ini? Review yuk di Nibble. Untuk info lebih lanjut tentang Nibble, klik di sini!

Cover photo source: thehugrydoctor.net

Related Articles

Connect with Nibble