Foodies Guide To F&B Industry

Harga 8 Makanan Termahal di Dunia Tahun 2017 Ini Bikin Kaget

September 12, 20175 min readTips & Tricks

Tak heran banyak orang rela menghabiskan uang untuk membeli makanan termahal di dunia, dewasa ini, makanan tidak hanya dinilai sebagai pemenuh kebutuhan manusia saja, tapi juga dilihat seperti karya seni yang patut diapresiasi. Kalau menurut kamu daging Wagyu itu mahal, ternyata masih ada yang lebih gila lagi harganya. Yuk disimak 8 bahan makanan termahal di dunia tahun 2017 ini yang harganya bakal bikin kamu kaget.

1. Densuke Black Watermelon

makanan-termahal-di-dunia-02

Photo source: Pinterest

Makanan termahal di dunia yang satu ini bukan sembarang buah. Semangka berwarna hitam ini diberi nama Densuke Watermelon. Di seluruh dunia ini, hanya ada satu lokasi tempat bertumbuhnya Densuke Watermelon, yaitu di Hokkaido, Jepang. Hal itulah yang membuat semangka ini di banderol dengan harga yang fantastis. Di tahun 2008, Semangka super ini berhasil terjual dengan harga sekitar Rp. 80,5 juta dalam sebuah acara lelang. Penasaran dengan rasanya? Apakah terasa seperti emas mengingat harganya yang sangat tinggi? Well, kata orang-orang yang sudah pernah mencoba, Densuke Watermelon terasa lebih manis dari Semangka biasa. Buah ini biasanya diberikan ke orang terdekat sebagai hadiah.

2. Hawaiian Kona Nigari Water

makanan-termahal-di-dunia-03

Photo source: skinnyfitalicious

Percaya nggak percaya, di Hawaii terdapat air mineral yang dijual dengan harga puluhan juta. Namanya adalah Hawaiian Kona Nigari Water. Air ini sangatlah spesial karena diambil dari air yang berasal dari bawah laut yang dalamnya sedalam 2000 kaki di bawah samudra. Kabarnya, air mineral ini bebas dari segala polusi dan dipercaya bisa menurunkan berat badan dan bikin kulit makin berkilau. Meski berasal dari laut, kadar garam dalam kandungan air mineral ini sudah dihilangkan, dan harus dicampur dengan air biasa saat hendak diminum. Air mineral ini sangat populer di Jepang, harganya sekitar Rp.5,3 juta untuk kemasan 750ml.

3. Wagyu Beef from Kobe

makanan-termahal-di-dunia-04

Photo source: bbqguru

Kalau soal daging sapi, Wagyu Beef dari Sapi Kobe tetap menjadi makanan termahal nomor satu. Daging wagyu yang berasal dari sapi Jepang ini terkenal dengan marbling yang melimpah. Titik panas lemaknya sangat rendah, sehingga saat di masak, lemaknya mencair dan membuat rasanya sangat juicy. Yang bikin makin spesial lagi, jumlah sapi Kobe bersertifikat setiap tahunnya hanya 3000 sapi saja. Jumalh daging yang diimpor ke negara lain di luar Jepang juga sangat sedikit. Tidak heran banyak yang menobatkan Wagyu dari Sapi Kobe menjadi makanan paling eksklusif di dunia. Harganya sekitar 4 juta per 500 gr.

4. Kopi Luwak

makanan-termahal-di-dunia-05

Photo source: Telegraph

Kita patut berbangga, salah satu makanan asli Indonesia menjadi salah satu makanan termahal di dunia. Kopi Luwak alias Civet Coffee sangat terkenal di kancah kuliner internasional. Kopi yang dibudidayakan di Pulau Sumatera, Jawa, Bali, dan Sulawesi ini sangat unik. Biji kopinya tidak didapat dari pohon kopi melainkan dari kotoran luwak atau civet cat. Luwak terkenal hanya mengonsumsi biji kopi terbaik. Biji kopi yang mereka makan, dicerna, dan dikeluarkan dalam bentuk feses yang nantinya akan dikumpulkan lalu diproses. Secangkir Kopi Luwak bisa terjual dengan harga Rp.1,3 juta per cangkir. Sedangkan biji kopinya sendiri dijual dengan harga Rp.40 juta per kilogram.

5. Moose House Cheese

makanan-termahal-di-dunia-06

Photo source: The Epoch Times

Jika selama ini kamu hanya tahu keju yang berasal dari sapi, keju yang berasal dari rusa ini pasti akan bikin kamu tercengang. Meski tidak biasa, nyatanya keju ini dinobatkan sebagai salah satu makanan termahal di dunia. Produksi kejunya hanya berada di satu tempat saja, yaitu di Moose House, sebuah peternakan kecil di Swedia. Di sana ada tiga rusa yang memproduksi susu selama bulan Mei dan September. Susu rusa yang mereka hasilkan cukup untuk membuat sekitar 300 kg keju per musim. Keju ini dijual dengan harga Rp.5,3 – 6,5 juta per 500 gram.

6. Saffron

makanan-termahal-di-dunia-07

Photo source: Food NDTV

Tidak kalah mahal dari yang lain, harga Saffron disebut-sebut lebih tinggi daripada harga emas. Tidak heran, proses produksinya memang butuh waktu dan tenaga yang sangat banyak. Buat yang belum tahu, Saffron merupakan rempah-rempah yang diambil dari benang sari tanaman crocus. Setiap benang sari tersebut hanya bisa diambil pakai tangan. Dan untuk menghasilkan 500 gr saffron kering dibutuhkan tanaman Crocus yang ditanam pada lahan seluas ukuran lapangan bola. Waktu yang dibutuhkan untuk memanen Saffron juga bukan main lamanya, sekitar 40 jam. Biasanya Saffron dijual dalam porsi kecil. Harganya sekitar Rp.250.000 per 2 gram.

8. Alba White Italian Truffles

makanan-termahal-di-dunia-08

Photo source: italoamerciano

Penampilannya sangat tidak menggiurkan, bentuknya aneh, diselimuti dengan kotoran, dan memiliki aroma yang tajam. Namun anehnya, Alba White Truffles terkenal sebagai salah satu bahan makanan termahal di dunia. Ini tidak lain karena jamur ini sangatlah langka, hanya bisa ditemukan di daerah Piedmont Italia. Berbeda dari Black Truffle, Alba White Truffle tidak bisa dikembangbiakkan. Bahkan untuk mencari jamur ini, diperlukan babi atau anjing yang sudah terlatih. Kalau mau beli, kamu harus siapkan uang Rp. 26,3 juta untuk mendapatkan 450 gram Alba White Truffle.

8. Almas Caviar

makanan-termahal-di-dunia-09

Photo source: Shivesh's Kitchen

Kamu semua pasti tahu kalau Caviar itu populer karena harganya yang selangit. Beberapa tahun belakangan ini, harga Beluga Caviar yang dikenal sebagai caviar termahal di dunia semakin menjadi mahal karena jenis ikan Beluga Sturgeon yang jadi sumber Beluga Caviar resmi diberi predikat sebagai salah satu jenis spesies langka di dunia. Kalau Beluga Caviar saja sudah mahal, ternyata ada caviar yang lebih mahal lagi, yaitu Iranian Alma Caviar. Makanan termahal di dunia ini adalah jenis Beluga Caviar yang didapat dari Ikan Beluga Sturgeon berumur lebih dari 100 tahun. Warnanya tidak hitam seperti Beluga Caviar, melainkan putih pucat. Telur ikan Sturgeon ini dijual seharga Rp.450 juta per kilogram.

Dahsyat banget ya harga makanan termahal di dunia yang kita rangkum di atas? Apakah kamu sudah mencoba salah satunya? Kalau belum, nggak masalah kok karena kamu bisa menemukan makanan-makanan lain yang nggak kalah enaknya di Nibble. Buat yang belum tahu tentang Nibble, bisa klik di sini.

Cover photo source: almascaviar

Related Articles

Connect with Nibble