Foodies Guide To F&B Industry

Horas! Ini Dia 7 Restoran Medan Yang Enak dan Bikin Nagih di Jakarta

October 5, 20165 min readFoodie Trends

Kalian yang udah pernah ke Medan pasti setuju kalau masakan Medan itu ngangenin abis. Bumbu yang digunakan untuk masakan Medan itu emang gokil, bikin rasa makanan jadi unik dan kaya banget. Kalau lagi kangen, kamu nggak perlu terbang ke Medan kok. Saat ini di Jakarta udah banyak restoran Medan yang bisa mengobati rindumu. Ayo dipilih mana yang paling menarik buat kamu kunjungi!

1. Medan Baru

restoran-medan-enak-jakarta-02

Photo source: @mgdalenaf

Rumah Makan Medan Baru yang sudah berdiri sejak tahun 1975 tersohor berkat Gulai Kepala Ikan nya. Rasanya itu paling juara se-Jakarta dan selalu bikin kalap makannya. Yang nggak suka ikan aja bakalan suka karena aromanya tidak amis dan ikannya itu terasa fresh. Nggak cuma itu, Burung Punai nya juga legendaris banget. Tekstur dagingnya lebih lembut, empuk, dan terasa lebih manis daripada daging ayam lho. Apalagi saat dicocol sama Sambel Ganja kebanggaan mereka, MANTAP!

Lokasi:

Medan Baru

- Jl. Krekot Bunder Raya No. 65, Pasar Baru, Jakarta. Telp. (021) 3844273.

- Ruko Griya Inti Sentosa, Jl. Griya Utama No. 62, Blok N3/18, Sunter, Jakarta. Telp. (021) 6404105.

- Jl. Pesanggrahan No. 168 D - E, Puri Indah, Jakarta. Telp. (021) 5806207.

2. Soto Medan Pak Syamsuddin

restoran-medan-enak-jakarta-03

Photo source: @fahmiewww

Ini dia Soto Medan No.1 di Jakarta, Soto Medan Pak Syamsuddin! Restoran di Muara Karang ini umurnya udah tua banget, ada dari tahun 1930. Menu andalannya ya cuma satu, yaitu Soto Medan yang rasanya selalu bikin kangen. Di sini kamu bisa pilih isi sotonya, ada daging, jeroan sapi, ayam, atau boleh juga isinya dicampur semuanya. Kuah sotonya kental dengan santan yang kalau dilihat itu beda tipis dengan Soto Betawi. Yang bikin beda, Soto Medan ini terasa sekali bumbu karinya, dan meski kental tetap terasa ringan kok. Jangan lupa buat tambah perkedel kentang yang mungkin terlihat sederhana ya, tapi percaya deh, rasanya maknyus abis!

Lokasi:

Soto Medan Pak Syamsuddin

Jl. Muara Karang Raya No. 17, Muara Karang, Jakarta. Telp. (021) 6679963.

3. Bakmi Medan Kebon Jahe

restoran-medan-enak-jakarta-04

Photo source: @the.lucky.belly

Medan itu juga terkenal dengan bakmi nya lho dan salah satu Bakmi Medan paling beken se-Tangerang ya Bakmi Medan Kebon Jahe. Bakmi di sini porsinya besar banget dan harganya mulai dari Rp. 24.000 saja. Dengan harga segitu, kamu udah bisa dapetin Bakmi porsi kecil yang isinya melimpah ruah. Tekstur bakminya itu pas banget, nggak terlalu lembek. Lalu untuk toppingnya ada bakso goreng yang garing dan daging cincang yang banyak banget. Yang bikin rasa bakmi ini makin nampol adalah kuahnya. Perpaduan rasa manis, asin, dan gurih di kuahnya sangat sempurna.

Lokasi:

Bakmi Medan Kebon Jahe

- Ruko Pasar Modern BSD, No. R 8, Jl. Letnan Sutopo, Serpong, Tangerang. Telp. (021) 53158509.

- Ruko Paramount Centre, Blok B No. 16, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong, Serpong Utara, Tangerang. Telp. 0851-0588-9878.

4. Sari Laut Jala Jala

restoran-medan-enak-jakarta-05

Photo source: @eloviie

Penggemar masakan Medan pasti udah nggak asing lagi sama Sari Laut Jala Jala yang ada di Taman Anggrek dan Kuningan City kan? Asal restoran ini asli dari Medan. Kamu nggak cuma bisa nemuin masakan Medan aja lho di sini, ada Chinese food dan dimsum juga wajib di cobain. Rasa Dimsum di sini nggak pernah salah, apalagi kalau kamu pesan Leng Hong Kien alias Bakso udang yang berupa udang cincang yang digoreng tepung dan dibalut saus mayo. Rasanya JUARA! Kalau urusan dessert sih nggak ada yang bisa ngalahin Pancake Durian di sini. Harumnya semerbak banget. Isi duriannya tuh legit manis dan banyak sekali.

Lokasi:

Sari Laut Jala Jala

- Kuningan City, Lantai 3, Jl. Prof Dr Satrio, Kuningan, Jakarta. Telp. (021) 30480507.

- Mall Taman Anggrek, Lantai Parking 2, Jl. Tanjung Duren Timur 2, Tanjung Duren, Jakarta. Telp. (021) 5639072.

5. Bakmi Lamlo

restoran-medan-enak-jakarta-06

Photo source: @foodescape_id

Kalau ngidam bakmi Medan yang rasanya pecah, cobain deh makan di Bakmi Lamlo. Rasanya itu bikin puas karena bakminya kenyal dan enak bukan main. Saran kita, kamu harus pesan Bakmi Komplitnya biar bisa ngerasain bakmi lengkap dengan bakso, telur bebek, dan swikiau nya. Nah, agar makin nendang lagi, jangan lupa buat minta tambahan minyak babi goreng yang garing itu ya. Kamu harus dateng pagian supaya nggak kehabisan!

Lokasi:

Bakmi Lamlo

- Jl. Muara Karang Sari Blok D7 Timur No. 96, Muara Karang, Jakarta. Telp. (021) 70231331.

- Fresh Market Pantai Indah Kapuk, Jl. Pantai Indah Kapuk Boulevard No. 29 - 30, Pantai Indah Kapuk, Jakarta. Telp. (021) 33081068.

- Jl. Raya Kelapa Puan, Blok AD14 No. 38, Gading Serpong, Serpong, Tangerang. Telp. 0851-0023-1331.

6. Sibual Buali

restoran-medan-enak-jakarta-07

Photo source: Tempo

Makan di Sibual Buali itu nggak bisa kalau nggak nambah. Restoran di Tebet ini spesialisasinya masakan Tapanuli Selatan. Dekorasi ruangannya pun kental dengan nuansa Sumatera Utara. Tampilan makanannya mungkin nggak instagenic, tapi rasa nggak bisa bohong. Limbat Gule alias Ikan Asap Gulai jadi primadona restoran Medan ini. Ikannya itu langsung didatangkan dari Medan. Kombinasi garingnya ikan dan spicy nya kuah gulai bakal menghipnotis lidah kamu. Makan ini harus bersama Sayur Daun Singkong Tumbuk yang recommended abis rasanya.

Lokasi:

Sibual Buali

Jl. KH Abdullah Syafei No. 7, Tebet, Jakarta. Telp. (021) 83783693.

7. Jie Mei

restoran-medan-enak-jakarta-08

Photo source: @hendtagram

Bgeitu masuk Jie Mei di Kelapa Gading, deretan berbagai masakan Medan akan menyambutmu di etalase. Tinggal tunjuk aja apa yang kamu suka dan kamu bisa menyantapnya langsung. Yang paling enak di sini ada Tahu Gulai yang punya kuah gulai pekat dan aroma yang sedap. Selain menyajikan makanan yang ready-to-eat, kamu juga bisa pesan kwetiau, bakmi, atau bihun yang hanya dibikin saat ada pesanan. Buat dessertnya, ada aneka jajanan pasar, mulai dari Kue Mangkok, Bolu Ketan Item, dan masih banyak lagi.

Lokasi:

Jie Mei

Jl. Kelapa Nias Raya QE 1 No. 12A, Kelapa Gading, Jakarta. Telp. (021) 4514882.

Makin ngiler ya ngebayangin masakan Medan di atas? Langsung aja deh serbu restoran Medan di Jakarta yang kita bahas di atas satu-satu. Kalau kamu punya restoran Medan di Jakarta andalan yang belum kita bahas, tulis reviewnya ya di Nibble. Klik di sini untuk informasi lengkap tentang Nibble.

Cover photo source: @jktfooddestination

Related Articles

Connect with Nibble