Foodies Guide To F&B Industry

Hype Beras Shirataki Pada Masakan Indonesia

July 23, 20194 min readFoodie Trends

Shirataki rice atau beras shirataki sedang hype belakangan ini. Khususnya kalian yang akrab dengan diet, jenis beras ini tentu merupakan pilihan utama. Mengapa demikian? Jelas karena shirataki rice mengandung kalori yang jauh lebih rendah daripada beras biasa, yakni 15 kalori per 100gr.

Jangan kalian pikir namanya beras shirataki berarti mereka dari tumbuhan padi. Shirataki rice merupakan beras yang dicetak dari bahan dasar dasar tepung yang berasal dari umbi tanaman konnyaku. So, pada dasarnya shirataki rice itu bukan padi ya.

Nah, lantaran bentuknya akhirnya adalah beras, jelas beras ini bisa digunakan sebagai pengganti beras biasa sebagai makanan pokok. Tapi pertanyaan yang lebi seru, mungkin tidak kalau beras shirataki diadopsi oleh menu masakan Indonesia? For sure, bisa banget ternyata!

Apa saja menu-menu masakan Indonesia yang bisa menggunakan beras shirataki sebagai bahan dasarnya? Berikut ini menu-menunya!

Nasi Goreng Shirataki

beras shirataki @ramurasa

Photo source: @ramurasa

Terkait dengan beras tentu bisa menjadi nasi. Nasi pada akhirnya merupakan bahan utama untuk menu yang sudah populer ke seluruh dunia, yakni nasi goreng. Cara membuatnya juga tidak berbeda dengan cara membuat nasi goreng biasa. Intinya nasi goreng shirataki bisa menjadi alternatif untuk kalian yang sedang program diet namun sedang ingin sekali makan nasi goreng.

Secara rasa bahkan tidak jauh berbeda. Nasi goreng adalah menu yang mungkin berbahan dasar nasi, namun rasa dominan yang didapatkan biasanya dari campuran bumbu dan toppingnya. Seperti nasi goreng ayam, nasi goreng kambing dll. yang sekalipun menggunakan beras shirataki tidak akan mengubah esensi rasa.

Arem-Arem Shirataki

beras shirataki @udainuri

Photo source: @udainuri

Kreatifnya orang Indonesia kelihatan dengan modifikasi bahan baku beras shirataki menjadi arem-arem. Sehat? Tentu karena menggunakan beras shirataki, enak? Pasti karena akhirnya menjadi arem-arem dengan isian yang beragam.

Arem-arem yang sering sulit dibedakan dengan lontong, ternyata memiliki perbedaan yang kelihatan jelas loh. Selain cara masaknya (lontong direbus dan arem-arem dikukus), perbedaannya adalah lontong biasanya tidak memiliki isian. Menggunakan beras shirataki tentu membuat arem-arem kalian lebih sehat.

Nasi Uduk Shirataki

beras shirataki nasi uduk @hana_kitchenn

Photo source: @hana_kitchenn

Nasi uduk sudah menjadi sarapan paling laris se-Indonesia. Jika menggunakan beras shirataki tentu akan membuat diet kalian semakin fleksibel, di mana kalian tak perlu lagi takut kebanyakan menerima kalori dari sarapan pagi.

Variasi pada nasi uduk shirataki tak perlu aneh-aneh, karena lagi-lagi pada dasarnya kita hanya harus mengganti beras biasa dengan si shirataki. Untuk soal rasa tak kalah kok dengan nasi uduk pada umumnya.

Nasi Tim Shirataki

nasi tim shirataki @omg.kitchen

Photo source: @omg.kitchen

Nasi tim juga menjadi salah satu menu masakan Indonesia yang bisa beradaptasi dengan shirataki. Walau tidak sepopuler nasi uduk, namun nasi tim bisa menjadi pilihan utama untuk makan siang. Penuh dengan aroma gurih, kalian bisa improvisasi untuk toppingnya. Keju, ayam, telur semur atau abon sapi bisa menjadi campuran enak untuk nasi tim shirataki.

Nasi Kuning Shirataki

nasi kuning shrataki @theshiratakikitchen

Photo source: @theshiratakikitchen

Nasi kuning mungkin agak kurang populer dibandingkan nasi uduk, namun nasi kuning tetap bisa beradaptasi dengan beras shirataki. Hype nasi kuning shirataki memiliki massanya sendiri karena nasi kuning merupakan menu Indonesia yang kekuatannya memang datang dari nasinya.

Pesaing terdekat dari nasi uduk ini sangat cocok beradaptasi dengan shirataki karena persoalan rasanya. Walau agak lebih repot persiapannya dibandingkan nasi uduk, nasi kuning shirataki bisa menjadi pilihan terbaik untuk bekal kantor jelang akhir pekan.

Nasi Liwet Shirataki

nasi liwet

Photo source: What to cook today

Menu yang satu ini bisa menjadi alternatif paling aman untuk kalian yang tidak tertarik improviasi pada beras shirataki. Lauk seperti ayam goreng, tahu, tempe dan sambal merupakan lauk yang banyak disukai.

Enaknya lagi, bisa dibuat setiap hari karena mudahnya dalam menyiapkan menu ini.

Itu dia hype beras shirataki yang ternyata bisa diadaptasikan ke dalam menu-menu Indonesia. Selain beras, produk shirataki juga tersedia dalam bentuk mie loh. Kami tertarik untuk membahas fenomena si shirataki ini.

Tunggu artikel selanjutnya yang akan membahas tentang mie shirataki.

Related Articles

Connect with Nibble