Foodies Guide To F&B Industry

Inilah 7 Restoran di Mangga Besar Yang Paling Legendaris

February 3, 20175 min readFoodie Trends

Mangga Besar merupakan pusat kuliner di daerah Kota yang selalu ramai dikunjungi banyak orang. Restoran di Mangga Besar tersebar di Mangga Besar Raya, daerah Olimo, Mangga Besar 1, sampai ke Mangga Besar 8. Tidak seperti daerah lain yang cenderung sepi ketika malam datang. Di Mangga Besar, semakin malam justru semakin terasa hidup. Sebagian besar tempat makan di sini telah berumur puluhan tahun, sehingga membentuk citra legendaris pada setiap menu yang disajikan. Kelezatan hidangannya sudah teruji oleh waktu. Jika ingin menjadi saksi hidup yang bisa membuktikan kelezatan makanan yang ada di Mangga Besar, kamu bisa mengunjungi restoran berikut ini.

1. Bakso Akiaw

restoran-di-mangga-besar-02

Photo source: @chubbytraveler

Bakso Akiaw asal Medan ini tidak hanya membuka gerai di Mangga Besar, tapi juga di Kelapa Gading, Muara Karang, dan Serpong. Restoran di Mangga Besar ini bisa jadi pilihan yang tepat saat lapar melanda di malam hari karena Bakso Akiaw buka dari jam 3 sore sampai jam 12 malam. Menu Baksonya jelas menjadi primadona di sini. Hadir dalam rendaman kuah kaldu yang sederhana, namun memiliki citarasa yang sangat kaya. Ada 3 jenis bakso yang dapat dipilih, bakso daging, bakso urat, dan bakso ikan. Selain itu, kamu bisa memilih 1 dari 3 jenis mie yang akan menemani semangkok baksomu. Ada bihun, kwetiau, dan mie kuning khas hokkien. Aspek paling spesial yang bisa dirasakan saat menyantap Bakso Medan adalah pilihan topping yang beragam. Mulai dari potongan tipis daging, kikil, tendon, sampai jeroan, semua bisa menambah tingkat kegurihan semangkok baksomu.

Lokasi:

Bakso Akiaw

Jl. Mangga Besar Raya, Mangga Besar, Jakarta. Telp. (021) 6291419.

2. Kamseng Restaurant

restoran-di-mangga-besar-03

Photo source: @primapratono

Tempat makan bubur ini sudah terkenal sejak lama dan populer berkat tekstur buburnya yang berbeda. Kalau biasanya kamu menyantap bubur dengan tekstur kental, di Kamseng, kamu akan merasakan kelembutan bubur yang tidak terlalu kental. Istimewanya lagi, restoran di Mangga Besar ini buka 24 jam, jadi tidak perlu risau mencari makanan tengah malam jika sedang di daerah ini. Untuk makanan pendampingnya, ada cakwe hangat yang hanya akan digoreng ketika ada yang memesan. Telur Pitannya pun juga sangat menggiurkan, bagian kuning begitu terasa manisnya. Sayur pokcai dan sawi asinnya juga membuat pengalaman kulinermu di Kamseng makin tidak terlupakan karena rasanya begitu renyah dan bumbunya meninggalkan jejak menyenangkan di lidah.

Lokasi:

Kamseng Restaurant

Jl. Mangga Besar 1 No. 26. Telp. (021) 6492319.

3. Bubur Ayam Mangga Besar 1

restoran-di-mangga-besar-04

Photo source: @bemp777

Satu lagi restoran bubur yang harus kamu kunjungi saat sedang malas mengunyah makanan, yaitu Bubur Ayam Mangga Besar 1. Banyak alasan kenapa banyak orang yang jatuh cinta pada suapan pertama saat mengunjungi restoran di Mangga Besar ini. Jika ingin mencicipi rasa original dari bubur di tempat ini, kamu bisa memesan Bubur Polos dengan tambahan Cakwe terpisah. Lalu pesanlah lauk terpisah berupa Ayam Rebus yang rasanya sangat fenomenal. Harga per ekornya memang cukup mahal, tapi kualitas dan rasa yang akan kamu dapatkan akan melebihi ekspektasimu. Ayam Kampung yang digunakan dalam menu ini begitu beraroma dan sangat empuk. Begitu sempurna saat dipadukan dengan bubur yang hangat. Tambahan sambal kecapnya juga akan membuat menu ini makin terasa mantap.

Lokasi:

Bubur Ayam Mangga Besar 1

Jl. Mangga Besar I No. 46A, Mangga Besar, Jakarta. Telp. (021) 6280474.

4. Kwetiaw Sapi Mangga Besar 78

restoran-di-mangga-besar-05

Photo source: @mydailyfoodjournal

Jika ada yang bertanya di mana kwetiau paling enak di Jakarta, maka Kwetiau Sapi Mangga Besar 78 harus menjadi salah satu jawabannya. Restoran di Mangga Besar ini sudah buka dari tahun 1973. Menu andalannya adalah Kwetiau Sapi Siram. Tekstur kuahnya begitu kental karena dibuat dari tepung sagu dengan racikan bumbu yang menghasilkan rasa gurih dan asin yang begitu mengena di lidah. Potongan daging sapi yang memeriahkan sepiring Kwetiau ini juga sangat empuk dan cukup banyak. Kalau suka jeroan, kamu bisa pesan babat agar semakin puas.

Lokasi:

Kwetiaw Sapi Mangga Besar 78

Jl. Mangga Besar Raya, No. 78 D.

5. Bakmi Ahau 38

restoran-di-mangga-besar-06

Photo source: @foodescape_id

Mayoritas pemilik restoran di Mangga Besar adalah orang-orang Tionghoa. Jadi tak sulit menemukan makanan khas Chinese di daerah ini. Salah satunya adalah Bakmi Ahau 38. Buat kamu yang tidak masalah menyantap daging babi, Bakmi Ahau akan memuaskan seleramu. Bakmi yang disajikan berjenis mie garing. Di atasnya ada babi merah yang diiris kecil-kecil, minyak babi goreng garing, dan bakso babi. Jangan lupa pesan tambahan telur puyuh dan pangsit goreng untuk merasakan kenikmatan yang maksimal.

Lokasi:

Bakmi Ahau 38

Jl. Mangga Besar No. 38, Mangga Besar, Jakarta. Telp. 0815-1009-4444.

6. Nasi Campur Alu

restoran-di-mangga-besar-07

Photo source: @gunawanbobby

Penggemar Nasi Campur boleh bahagia saat wisata kuliner di Mangga Besar. Pasalnya, ada restoran Nasi Campur khas Pontianak yang akan memanjakan lidahmu. Luas restoran di Mangga Besar ini mungkin kecil, tapi suasananya sangat bersih dan nyaman. Atmosfer akan makin menyenangkan saat sepiring nasi dengan topping pork char siu, lapchiong (sosis babi), ayam, telur, dan sayuran tersaji di hadapanmu. Mencium aromanya saja bisa membuat nafsu makan memuncak. Dan saat dicoba, rasanya memang tidak mengecewakan. Aneka dagingnya empuk dan sangat lezat. Nasinya pulen dan siraman kuah kaldunya bikin ketagihan.

Lokasi:

Nasi Campur Alu

Jl. Mangga Besar 8 No. 10DD, Mangga Besar, Jakarta. Telp. (021) 6299795.

7. Henis

restoran-di-mangga-besar-08

Photo source: @filipusverdi

Bisa dibilang roti di Henis merupakan roti paling legendaris sepanjang masa. Bentuknya klasik, ukurannya mungil dan isian roti yang paling dicari adalah bakso ayam. Tidak heran kenapa Roti Bakso Ayam ini begitu populer, dari gigitan pertama saja, kamu sudah bisa merasakan isi bakso yang terasa gurih dan manis. Tidak hanya rotinya saja yang terkenal, kamu juga harus mencicipi Soto Mie khas Henis yang tak kalah enak. Kuahnya kental, gurih, dan wangi. Tumpukan daging di atasnya begitu melimpah ruah. Rasanya sangat menyatu saat dicampur dengan cakwe, kentang, tomat, dan mienya.

Lokasi:

Henis

Jl. Mangga Besar Raya No. 2F, Hayam Wuruk, Jakarta 10120. Telp. (021) 6296501.

Wisata kuliner di Mangga Besar memang tidak pernah membosankan. Meski panganan di sebagian besar restoran di Mangga Besar ini klasik, tapi rasanya cukup membuat banyak orang tertarik kembali lagi ke sana. Jika mau mencari tahu lebih banyak lagi referensi restoran legendaris di Jakarta, silakan cari di Nibble. Klik di sini untuk informasi lengkap tentang Nibble.

Cover photo source: @melidoyanmakan

Related Articles

Connect with Nibble