Foodies Guide To F&B Industry

Inilah 7 Soto Paling Juara di Jakarta Yang Wajib Kamu Coba

November 24, 20166 min readTips & Tricks

Kita patut bangga karena Indonesia punya makanan tradisional yang melimpah dengan rasa yang khas yang mungkin nggak akan bisa kamu temukan di negara lain. Contohnya Soto. Coba deh kamu sebutin jenis-jenis soto yang bisa kamu temukan di Indonesia. Ada banyak banget kan? Mulai dari Soto Mie asli Bogor, Soto Padang, Soto Kudus, Soto Ambengan asal Surabaya dan masih banyak lagi. Ajaibnya, segitu banyaknya jenis soto tersebut, semua bisa kamu temuin di Jakarta lho. Nggak usah repot-repot keliling Indonesia buat cobain satu persatu soto khas daerah, kamu bisa dateng ke 7 restoran soto enak di Jakarta berikut ini. Pst, ini semua rekomendasi dari Nibble users lho yang kita jamin pasti ENAK dan JUARA!

1. Soto Betawi Campur - Soto Betawi H. Husein

7-soto-paling-juara-di-jakarta-02

Photo source: Nibble - ericekos

Jangan ngaku anak Jakarta tulen kalau belum nyicipin Soto Betawi. Soto ini identik dengan kuah santan susunya yang juara, lengkap dengan emping dan tomat di dalamnya. Nah, ada satu kedai soto enak di Jakarta yang nggak boleh kamu lewatkan, yaitu Soto Betawi H. Husein. Antriannya nggak kira-kira, bahkan Soto Betawi di sini selalu udah ludes sebelum jam 3 sore. Rasanya emang maknyus sih. Semangkok Soto dengan kuah susu yang creamy di sini penuh dengan daging yang gurih abis karena digoreng dulu. Kalau kamu pesan yang Soto Betawi Campur, pasti bakal bahagia deh saat mengunyah parunya. Aromanya bener-bener nambah nafsu makan. Tapi ati-ati jangan kebanyakan ya, nanti kolestrol!

Lokasi:

Soto Betawi H. Husein

Jl. Padang Panjang No 6B - 6C, Manggarai, Jakarta. Telp. (021) 83706476.

2. Soto Kudus - Soto Kudus Asli & Pindang Ayam

7-soto-paling-juara-di-jakarta-03

Photo source: Nibble - meganfaustine

Beda dengan Soto Betawi yang menggunakan kuah santan, kalau Soto Kudus itu kuahnya agak bening dan warnanya kuning kecoklatan. Untuk menikmati Soto Kudus yang rasanya autentik, kamu bisa ke Soto Kudus Asli dan Pindang Ayam. Tempatnya boleh sederhana, tapi begitu kamu mencicipi sesuap soto enak di Jakarta ini, pasti kamu setuju kalau ini patut dinobatkan jadi salah satu hidden gem nya Kelapa Gading. Harga satu porsinya cuma 25 ribu, tapi rasa soto yang bertabur daging ayam dan toge ini wah banget. Apalagi kalau kamu juga tambah perkedel, sate kerang, telur, dan side dish yang lain, pasti makin perfect!

Lokasi:

Soto Kudus Asli & Pindang Ayam

Jl. Boulevard Raya Blok I4 No. 9, Kelapa Gading, Jakarta.

3. Soto Oseng Rica - Soto Oseng MooMoo

7-soto-paling-juara-di-jakarta-04

Photo source: Nibble - anak.kuliner

Kalau kamu penggemar soto dengan daging yang dioseng-oseng, itu artinya kamu harus ke Soto Oseng MooMoo di Green Ville. Kamu bisa pilih daging sapi atau ayam, dan kalau mau yang versi pedes bisa pilih yang bumbu rica-rica. Di sini kuah sotonya ada dua, yang pake santan dan yang bening. Semua pilihan itu rasanya nggak ada yang mengecewakan. Daging oseng untuk soto enak di Jakarta ini empuk-empuk banget. Selain itu, ada Coto Makassar juga lho. Ini cocok buat kalian penggemar soto dengan bumbu rempah-rempah yang tajam.

Lokasi:

Soto Oseng MooMoo

Jl. Mangga Raya No. 14A, Green Ville, Jakarta.

4. Soto Ceker - Sate Apjay

7-soto-paling-juara-di-jakarta-05

Photo source: Nibble - stevieyoan

Denger kata Apjay pasti yang terlintas di pikiranmu adalah Nasi Goreng Kebuli nya ya? Dari dulu sampe sekarang yang namanya Apjay tuh emang jadi makanan kaki lima paling favorit di Jakarta. Nggak cuma Nasi Goreng kebuli, di Apjay kamu juga bisa menemukan sate dan soto! Yang paling mantep di makan pas ujan sih Soto Ceker Apjay. Yang doyan ceker pasti jatuh cinta deh sama soto enak di Jakarta ini. Isinya udah pasti ada ceker, emping, tomat, bihun, sledri, dan suwiran ayam. Kuahnya bening dan gurih abis. Nggak perlu ditambahin apa-apa lagi, rasa kuahnya udah enak banget. Cekernya juga super empuk dan gampang terlepas dari tulang-tulangnya. Kalau bukan fans nya ceker, kamu bisa pesan Soto Ayam atau Soto Kambing yang nggak kalah enaknya!

Lokasi:

Sate Apjay

Apjay Food Market, Jl. Panglima Polim IX No. 22, Melawai, Jakarta.

5. Soto Padang - Marco Padang Grill

7-soto-paling-juara-di-jakarta-06

Photo source: Nibble - sovifooddiary

Kota Padang emang terkenal banget dengan makanannya yang dahsyat enaknya. Kalau kamu udah bosen sama Nasi Padang atau Sate Padang, mungkin ini saatnya kamu beralih ke Soto Padang. Kalau nyari yang rasanya mirip sama yang di Padang sih, kamu bisa nemuin itu di Marco padang Grill. Asli deh, rasanya PECAH. Soto enak di Jakarta ini disajikan dengan bola-bola kentang dan tentunya kerupuk khas Padang yang warnanya merah itu. Daging di dalam Soto Padang ini crispy abis dan rasa kuahnya susah banget dilupakan.

Lokasi:

Marco Padang Grill

- Grand Indonesia Mall, Lantai Lower Ground, West Mall, Jl. MH Thamrin, Thamrin, Jakarta.

- Ciputra World, Lotte Shopping Avenue, Lantai 3, Jl. Prof Dr Satrio, Karet, Jakarta. Telp. (021) 29889377.

- Pacific Place Mall, Lantai 5, Jl. Jenderal Sudirman, SCBD, Jakarta.

6. Soto Lidah - Soto Betawi Pinangsia

7-soto-paling-juara-di-jakarta-07

Photo source: Nibble - stefan.rafales

Katanya sih Soto Padang Pinangsia itu legendaris banget. kalau mau buktiin sendiri, kamu bisa langsung ke Mangga Dua dan pesan Soto Lidahnya. Harga seporsinya 35 ribu, tapi kualitasnya nggak perlu diragukan lagi. Dagingnya empuk, kuahnya juga pas banget. Nggak terlalu kental atau encer. Selain Soto enak di Jakarta, di sini kamu juga bisa cobain Sate Ayam juga.

Lokasi:

Soto Betawi Pinangsia

Mangga Dua Mall, Lantai 3, Jl. Mangga Dua Raya, Mangga Dua, Jakarta. Telp. (021) 6128852.

7. Soto Oseng - Soto Betawi Djimat

7-soto-paling-juara-di-jakarta-08

Photo source: @chubbytraveler

Ternyata di dekat AEON Mall yang megah itu, ada tersembunyi kedai Soto Betawi Djimat yang dari wanginya aja bisa bikin ngiler. Nggak heran kalau banyak yang kasih tempat ini predikat soto paling favorit di Tangerang. Soto Oseng nya dahsyat abis. Harganya juga bersahabat, cuma 25 ribu aja udah bisa dapet Soto Oseng dan minuman. Dagingnya empuk banget dan sudah dioseng dengan bumbu bawang serta potongan rawit. Kuahnya bisa pilih yang santan atau bening, yang jelas semuanya sama-sama terasa asin-asin gurih bikin ketagihan.

Lokasi:

Soto Betawi Djimat

Jl. Al Sintan No. 1B, BSD, Serpong, Tangerang. Telp. 0812-9506-7676.

Bikin ngiler banget ya deretan soto enak di Jakarta di atas. Yang mana nih yang belum kamu cobain? Kalau udah pernah nyicipin semua, jangan lupa kasih reviewnya juga ya di Nibble. Klik di sini untuk informasi lengkap tentang Nibble.

Cover photo source: @irvandoezil

Related Articles

Connect with Nibble