Foodies Guide To F&B Industry

Jangan Bingung Lagi Pilih Jenis Saus Pasta, Ini Bedanya!

July 28, 20176 min readTips & Tricks

Jenis saus Pasta tidak hanya Aglio Olio atau Bolognese saja. Ada banyak saus Pasta ala Italia yang bisa dipilih menyesuaikan seleramu. Kalau sampai saat ini kamu masih kebingungan membedakan jenis-jenis saus Pasta yang ada, kali ini kita akan membantumu. Di artikel berikut ada 9 jenis saus Pasta yang sering sekali ditemukan di restoran Jakarta. Kita jamin, setelah membaca ini, kamu tidak akan pusing lagi memilih antara Pesto, Alfredo, atau saus lainnya.

1. Alfredo

saus-pasta-02

Photo source: Nibble - bestfoodjkt

Saus Pasta Alfredo ini terbuat dari bahan yang sederhana saja, yaitu berupa cream dan butter. Sentuhan akhirnya ada salt dan pepper yang akan memaksimalkan cita rasa saus ini. Tidak lupa, ada tambahan keju parmesan juga yang diaduk sampai meleleh sebelum akhirnya disajikan ke hadapanmu. Alfredo paling sering disandingkan dengan Fettucine.

Untuk menikmati Fettucine Alfredo yang dahsyat abis rasanya, kamu bisa menuju The Kitchen by Pizza Hut. Campuran Fettucine dan Alfredo sauce pada menu ini makin mantap dengan adanya beef bacon dan mushroom yang gurih.

Lokasi:

The Kitchen by Pizza Hut

Neo SOHO Mall, Lantai Lower Ground, Jl. Letjen S. Parman, Tanjung Duren, Jakarta. Telp. 0812-1912-6247.

2. Aglio Olio

saus-pasta-03

Photo source: Nibble - stelmaris

Tidak kalah simple dengan Alfredo, ada Aglio Olio juga yang sering banget dipilih pecinta kuliner. Saus ini terbuat dari campuran bawang putih (aglio), olive oil (olio), dan parsley. Kalau diperhatikan, Aglio Olio ini merupakan base saus Pasta lainnya, mulai dari Arrabbiata hingga Marinara. Jenis-jenis saus tersebut dibikin dengan cara memasak bawang putih dan minyak pada awalnya. Bahkan Pesto Sauce yang tidak dimasak saja juga butuh bawang putih yang dicampur dengan minyak sebagai basenya.

Okane Steakhouse menjadi tempat di mana kamu bisa mencoba Aglio Olio yang super enak. Di Steakhouse ini, kamu akan dimanjakan dengan Spaghetti Aglio Olio yang diberi topping beef bacon homemade yang melimpah. Jika kurang pedas, jangan ragu buat tambah chilli flakes yang pedasnya menggigit lidah.

Lokasi:

Okane Steakhouse

Ruko Element, Blok C No. 16, Jl. Sutera Boulevard 25BC, Serpong Utara, Tangerang. Telp. (021) 29314841.

3. Marinara

saus-pasta-04

Photo source: Nibble - anak.kuliner

Saat mendengar kata Marinara, pasti kamu langsung terbayang Saus pasta yang merah merona. Benar, Marinara Sauce memang terbuat dari tomat ditambah onions, dan olive oil. Rasanya tidak seperti Saus Tomat, ada sedikit sensasi pedas yang tak akan terlewat oleh lidahmu.

Buat yang kantornya di daerah Thamrin, jangan lewatkan kesempatan mencoba Fettuccini Seafood Marinara di Lattice Cafe. Rasanya mantap banget dengan topping seafood yang bikin puas.

Lokasi:

Lattice Cafe

Deutche Bank Building, Garden Terrace, Jl. Imam Bonjol No. 80, Thamrin, Jakarta. Telp. (021) 39831588.

4. Bolognese

saus-pasta-05

Photo source: Nibble - cgunawan

Warna Bolognese sauce memang sama merahnya dengan Marinara Sauce. Tapi saat dirasakan, benar-benar berbeda. Di dalam jenis saus Pasta yang satu ini, ada tambahan daging cincang yang bikin rasanya makin gurih. Biasanya selain daging, juga ada campuran hati ayam, wine, sayuran, dan pala alias nutmeg. Saus ini makin sempurna saat disajikan dengan butter dan parutan keju.

Meski Maison Tatsuya bukanlah spesialisasi Pasta Italia, Spaghetti Bolognese di restoran Jepang ini layak diperhitungkan. Untuk menambah kesegaran menu tersebut, ada tambahan potongan Tomat segar juga. Pastanya dimasak al dente dan rasanya tidak gagal membuat kita terkagum-kagum.

Lokasi:

Maison Tatsuya

Kota Kasablanka, Lantai Ground, Food Society, Jl. Casablanca Raya, Tebet, Jakarta. Telp. (021) 29475151.

5. Carbonara

saus-pasta-06

Photo source: Nibble - mrkulinerjkt

Pecinta keju pasti suka dengan Carbonara Sauce yang disiram ke Pasta. Pasalnya, Saus Pasta ini memberi rasa creamy yang sangat fantastis, hampir mirip seperti Alfredo Sauce. Bedanya, bahan pembuat Carbonara lebih kompleks. Ada kombinasi bawang putih, telur, keju parmesan, krim, serta bacon renyah yang siap membuat kamu ketagihan.

Sajian Spaghetti Carbonara enak bisa kamu temukan di The Hideout Kelapa Gading. Creamynya nggak bikin eneg, dan porsinya cukup mengenyangkan. Potongan beef baconnya pun besar-besar dan tidak pelit jumlahnya.

Lokasi:

The Hideout

Jl. Raya Kelapa Hybrida, Blok QH 12 No 5, Kelapa Gading, Jakarta. Telp. (021) 4508800.

6. Pesto

saus-pasta-07

Photo source: Nibble - jamespatrickjp

Warna Pesto yang hijau bikin banyak orang penasaran dengan saus Pasta yang satu ini. Sebenarnya cukup mudah membuat Pesto karena kamu tidak perlu menyalakan kompor untuk memasak saus ini. Bahannya itu terdiri dari daun basil yang menyumbangkan warna hijau pada keseluruhan saus, olive oil yang menghadirkan tekstur oily, dan keju parmesan. Semua bahan tersebut kemudian dihaluskan dan dicampur.

Langsung terbayang-bayang Spaghetti Pesto yang tak terelakkan kenikmatannya? Datanglah ke Conversations Over Coffee di Pluit. Rasa Pesto di sini cukup strong dan teksturnya oily. Tak hanya itu saja, Spaghetti Pestonya juga ditemani dengan Grilled Chicken yang rasanya perfect abis.

Lokasi:

Conversations Over Coffee

Jl. Pluit Karang Utara Raya, Blok A5/U1 No. 1, Pluit, Jakarta. Telp. (021) 22662499.

7. Ragu

saus-pasta-08

Photo source: Nibble - GoToEat

Saus Pasta yang satu ini mungkin masih terdengar asing di telingamu. Sebenarnya Ragu merupakan jenis saus yang memiliki daging cincang di dalam sausnya. Tidak hanya daging saja, seafood dan sayuran biasanya juga sering dijadikan campuran Ragu sauce. Beberapa jenis Ragu yang pasti kamu kenal antara lain Bolognese Sauce dan Napoletan Sauce yang terdiri dari bawang puting dan potongan besar daging sapi di dalam saus tomat. Lalu ada juga Pugliese Ragu yang menghadirkan jenis daging yang lebih variatif, mulai dari ribs atau porkchops.

Kalau bosan menyantap Ragu sauce dengan Spaghetti, kenapa tidak coba Pappardelle al Ragu yang diracik oleh Convivium di Panglima Polim. Pappardellenya itu fresh banget karena dibuat homemade dan ragu saucenya tidak ada yang bisa menandingi.

Lokasi:

Convivium

Jl. Panglima Polim V, No. 8, Melawai, Jakarta.

8. Pomodoro

saus-pasta-09

Photo source: Nibble - nonatukangmakan

Sepintas, Pomodoro Sauce itu terdengar Indonesia sekali. Padahal saus pasta ini asli dari Italia dan terbuat dari campuran olive oil, tomat segar, basil dan beberapa bahan segar lainnya. Pomodoro Sauce cocok banget buat siapapun yang menginginkan saus Pasta yang cepat dibuat dan bertekstur ringan.

Apa jadinya jika Pomodoro Sauce dicampur dengan Ravioli? Kamu bisa menemukan jawabannya di Pastificio K Kemang. Ravioli yang mereka gunakan dimasak sempurna, sausnya tidak terlalu kental dan rasa tomatnya kerasa banget di lidah.

Lokasi:

Pastificio K

Jl. Kemang Raya No. 72, Kemang, Jakarta. Telp. (021) 7195704.

9. Vodka Sauce

saus-pasta-10

Photo source: Nibble - pandamakanmakan

Terakhir kita punya Vodka Sauce yang mungkin sudah kamu tunggu-tunggu dari tadi. Saus Pasta ini merupakan makanan Italia fusion yang populer di Amerika sejak tahun 1970an. Saus Pasta ini terbuat dari tomat, cream, dan tentu saja, Vodka. Hidangan ini sangat cocok disantap pada waktu cuaca dingin karena efek Vodka bisa menghangatkan tubuh.

Jika penasaran dengan rasanya, kamu bisa menuju Cafe Batavia dan memesan Spaghetti Vodka. Rasanya cukup creamy dan acara makanmu makin tidak terlupakan dengan suguhan pemandangan Museum Fatahillah yang klasik dan misterius.

Lokasi:

Cafe Batavia

Taman Fatahillah, Jl. Pintu Besar Utara No 14, Kota, Jakarta. Telp. (021) 6915531.

Sudah makin jago kan membedakan jenis saus Pasta yang selama ini sering kamu temukan di restoran? Dari ke-9 saus di atas, yang mana favorit kamu? Share ulasannya di Nibble yuk. Klik di sini untuk info lengkap tentang Nibble.

Cover photo source: Nibble - kokokuliner

Related Articles

Connect with Nibble