Foodies Guide To F&B Industry

Jangan Ngaku Anak Hipster Jakarta Kalau Belum Hangout di 5 cafe Hits Ini[:en]Jangan Ngaku Anak Hipster Jakarta Kalau Belum Hangout di 5 Cafe Hits Ini

February 9, 20166 min readFoodie Trends

 

Photo source: Instagram.com/parc19

Ayo, siapa yang anak hipster di sini? Pasti sering dong nongkrong di hipster cafe yang mulai “tumbuh subur” di Jakarta ini? Well, istilah “hipster cafe” biasanya merujuk ke cafe-cafe super trendy yang dianggap sebagai tempat nongkrong anak-anak muda yang sebagian besar adalah bagian dari Generasi Y. Cafe-cafe ini biasanya juga menonjolkan kelebihan mereka sebagai tempat asik buat ngumpul dan ngobrol-ngobrol. Para hipster juga nggak cuma “menuntut” suasana nyaman dan tempat cozy aja lho, mereka juga akan melihat suatu cafe dari pengaplikasian kekreatifan di keseluruhan konsep cafe tersebut, dan tentunya kualitas makanan dan minuman yang disajikan. Walaupun keunikan jadi ciri utama hipster cafe, simplicity juga nggak kalah pentingnya. Hmm jadi penasaran cafe mana aja yang sering didatengin anak hipster Jakarta? Kita sudah merangkum beberapa di antaranya. Check this out!

 

1. H Gourmet & Vibes

Photo source: lulabyspoon.blogspot.co.id

Photo source: lulabyspoon.blogspot.co.id

Di bilangan area Senopati, tepatnya di Jl. Gunawarman yang emang udah terkenal dengan banyak tempat makan seru di Jakarta, ada spot hangout yang wajib kamu coba. H Gourmet & Vibes yang ternyata punyanya Vidi Aldiano ini emang jago buat mencuri perhatian hipster di Jakarta. Keunikan cafe ini udah terlihat dari lokasinya sendiri yang berada di lantai 3 sebuah gedung. Ngebayangin capeknya naik tangga buat menuju cafe ini? Tenang, ada lift berwarna biru terang di lantai dasar yang akan langsung mengantar kita ke H Gourmet & Vibes. Saat menginjakkan kaki di dalamnya, pasti suasana New York tahun 70an langsung terasa. Konsep old vintage industrial-nya ditata rapi, belum lagi penggunaan neon light yang bener-bener eye catching dan jam raksasa di balik bar yang NYC banget. Food blogger juga pasti bakal cinta sama tempat ini secara banyak jendela besar yang membiarkan cahaya natural masuk ke dalam restoran. Sambil menikmati interior cafe yang keren abis, kamu bisa menikmati burger andalan H Gourmet & Vibes yang sempat lalu lalang di media social, (H) Stack. Burger ini punya 200gr homemade patty, coleslaw, house aioli, dan home fried chips. Porsinya cukup wise dan pattynya terasa juicy dan empuk. Selain American Soulfood, mereka juga punya beragam cocktail andalan yang bisa memanjakan lidahmu. Salah satu yang paling dicari adalah Mexican Bulldog yang berupa cocktail dari tequila yang di-mix dengan bir Corona. Rasanya strong dan pas!

 

Lokasi:

H Gourmet & Vibes

Jl. Gunawarman No. 41, Senopati, Jakarta. Telp. (021) 27510167.

 

2. Parc 19

Photo source: jktgo.com

Photo source: aline-aline-aline.blogspot.co.id

Parc 19 yang berlokasi di Kemang ini cukup populer di kalangan anak muda. Rasanya nggak heran sih karena mereka bener-bener kreatif mengombinasikan konsep classic rustic dengan modern. Tempatnya cukup luas dan didominasi oleh elemen kayu dan dinding bata, serta lantai semen. Mereka juga menggunakan kaca di dinding sehingga dari luar tempat ini seperti glass house. Bagian outdoornya juga nice banget. Cukup terasa segar dengan adanya banyak pot tanaman hijau dan atap kaca yang melindungi dari hujan tapi tetap bisa membuat kamu menikmati sinar matahari. Masalah makanan nggak perlu ragu. Parc 19 punya aneka Western dan Asian cuisine. Salah satu yang wajib dicobain adalah Pan Fried Barramundi di mana ikannya disajikan dengan angel hair pasta dan tomato capers sauce. Porsinya lumayan besar dan presentasinya cantik banget. Rasanya lembut, renyah, dan bikin ketagihan! Untuk cocktail, yang best seller di sini itu “I Want More” yang bikin kamu pingin dan pingin lagi. Ini dibuat dari campuran Brandy, Kahlua, Vodka, Bois Banana, Absolut Vanilla, whipped cream serta Nutella. Perfect banget rasanya!

 

Lokasi:

Parc19

Jl. Taman Kemang No. 19, Kemang, Jakarta. Telp. (021) 7199988.

 

3. Komunal 88

Photo source: nowjakarta.co.id

Photo source: only1ivy.blogspot.co.id

Masih di daerah Kemang, ada satu lagi cafe hipster yang akan bikin kamu terkesan. Dibangun dengan konsep glass house menjadikan Komunal 88 cukup berbeda dari cafe jaman sekarang yang berlomba-lomba menghadirkan konsep rustic atau industrial. Nggak cuma cafe aja, tempat ini juga menghadirkan market yang menawarkan sayuran segar, roti, cake, dan berbagi minuman. Cafe yang dimiliki oleh seseorang berkebangsaan Perancis dengan Italian Chef yang menggawangi area dapur, pas banget jadi tempat nge-brunch. Kamu bisa cobain Komunal 88 Egg yang cukup terkenal itu. Dalam sepiring egg benedict ala Komunal 88 ini ada poached egg yang diletakkan di atas parma ham super crispy dan garlic sautéed mushrooms, serta disajikan dengan homemade butter mereka. Porsinya memang tidak terlalu besar, tapi, hey, itu tandanya masih ada ruang tersisa di perut untuk nyobain dessertnya Komunal 88. Salah satu yang bisa jadi pilihan itu Lemon Meringue Pie yang rasa asam, manis, dan crunch-nya bener-bener nggak bisa dilupain gitu aja.

 

Lokasi:

Komunal 88

Ampera Six Building, Jl. Ampera Raya No. 6, Kemang, Jakarta. Telp. (021) 7194673.

 

4. dia.lo.gue

Photo source: ayupratiwi.com

Photo source: ayupratiwi.com

Daerah Kemang emang nggak ada matinya! Buktinya ada satu lagi nih cafe sekaligus artspace yang sempet trending gila-gilaan waktu buka pertama kali. Tempatnya emang artistic banget dan dipenuhi barang-barang seni yang bisa membuat kamu terkagum-kagum atau malah dipenuhi tanda tanya karena menebak-nebak makna di balik barang seni yang kamu lihat. Well, apapun itu, dia.lo.gue itu bener-bener pas buat segala occasion, mulai meeting sama client, hangout bareng temen, atau ngerjain tugas kuliah. Cafe ini punya 3 area utama. Yang pertama adalah butik berisi barang-barang seni yang terletak di depan. Lalu ada taman cantik buat nyantai di area belakang dan ruangan cafe dengan banyak pajangan karya seni ada di bagian tengah. Gimana dengan makanannya? Cukup variatif, ada Western dan Asian cuisine yang siap disajikan. Di sini kamu harus cobain Exotic Green Chilly Nasi Goreng dengan bumbu lezat, serta disajikan dengan ikan teri, kerupuk udang, dan acar. Porsinya ngenyangin banget. Abis makan, jangan lupa foto di float stair dia.lo.gue yang ikonik banget itu ya!

 

Lokasi:

dia.lo.gue

Jl. Kemang Selatan Raya No. 99A, Kemang, Jakarta. Telp. (021) 7199671.

 

5. Bau-Haus 1933

Photo source: culinarybonanza.com

Photo source: culinarybonanza.com

Tempatnya cukup tersembunyi, ada di lantai basement Gedung The East Kuningan. Konsep cafe ini terinspirasi dari masa akhir tahun 1920-an di mana ada larangan terhadap minuman beralkohol. Jadi di tahun kelam itu, minuman alkohol dijual sembunyi-sembunyi di bar dan restoran, sampai-sampai mereka juga menggunakan password saat bertransaksi jual beli. Nah, dari kisah ini, Bau-Haus 1933 mendesain pintu masuk mereka di mana kita harus melalui jalan lorong, menurun, dan tersembunyi untuk mencapai cafe hipster ini. Seru ya? Buat yang kantornya di daerah Kuningan, pas banget nih buat minum-minum dikit seusai kerja di Bau-Haus 1933 karena mereka punya koleksi minuman yang cukup lengkap, mulai dari wine, champagne, crushed, gin, dan masih banyak lagi. Meski namanya berbau Jerman, makanan yang disajikan nggak cuma terbatas Germany cuisine aja lho. Bau-Haus 1933 justru terkenal akan tapas, Truffle Mac & Cheese, dan Bau Haus Laksa yang pecah banget rasanya.

 

Lokasi:

Bauhaus 1933

The East, Lantai Basement, Jl. Lingkar Mega Kuningan, Kuningan, Jakarta. Telp. (021) 29527173.

 

Emang bener deh, perpaduan suasana hipster, unik, dan simple nggak bisa kamu dapetin di cafe-cafe biasa. Makanya, nggak usah ragu lagi deh buat nyicipin nongkrong di 5 cafe hipster di atas. Jangan lupa buat review dan upload foto-foto seru makananmu pas ke sana di Nibble ya! Ngomong-ngomong, udah tahu tentang Nibble? Kalau belum, klik di sini aja!

 

 

Related Articles

Connect with Nibble