Foodies Guide To F&B Industry

Jenis Loyang Kue yang Bermanfaat untuk Restoran

April 9, 20195 min readTips & Tricks

Memilih jenis loyang kue yang tepat sangatlah penting untuk menghasilkan kue atau cake dengan konsistensi, rasa, dan penampilan yang sempurna. Dengan berbagai jenis loyang kue yang ada di pasaran, Anda mungkin bingung untuk memilihnya. Agar Anda terbantu, dalam artikel ini, kami akan membahas tuntas tentang jenis loyang kue yang paling sering digunakan di restoran serta fungsi utamanya. Mari simak penjelasannya berikut ini.

1. Jenis Loyang Kue Tradisional

jenis-loyang-kue-02

Photo source: Amazon

Bentuk loyang kue tradisional biasanya berupa kotak, persegi panjang, atau berbentuk lingkaran. Jenis loyang kue ini cocok untuk digunakan buat memanggang berbagai varian kue atau cake. Biasanya loyang ini memiliki bagian sisi yang tinggi, lurus, dan bagian alasnya rata untuk menciptakan kue yang bisa Anda potong dengan mudah atau membuat kue berlapis-lapis. Berhubung jenis loyang kue ini juga tersedia dalam berbagai ukuran, banyak orang yang menggunakannya untuk membuat wedding cake bertingkat.

2. Novelty Cake Pans

jenis-loyang-kue-03

Photo source: Pati-Versand

Novelty cake pans cenderung memiliki bagian sisi yang tinggi dan bagian alas yang rata. Biasanya bentuk loyang ini unik-unik, seperti bentuk hati, diamond, kelopak bunga, dan masih banyak lagi. Berhubung bentuknya tidak biasa dan punya banyak sudut, Anda harus ekstra hati-hati saat mau melepas kue dari loyangnya. Jenis loyang kue ini sangat cocok untuk menciptakan  kue yang terlihat inovatif, namun tidak menghabiskan banyak waktu dan tenaga.

3. Loyang Cupcakes atau Mini Cake

jenis-loyang-kue-04

Photo source: Pexels

Dalam satu loyang cupcakes biasanya terdapat beberapa lekukan untuk tempat adonan. Ini membuat Anda lebih hemat waktu karena bisa memanggang beberapa cupcakes atau mini cake sekaligus. Anda bisa menggunakan jenis loyang ini untuk membuat cupcake tradisional, kue berbentuk kotak yang berukuran mini, dan juga kue Bundt mini. Loyang ini juga bisa dikombinasikan dengan baking cups sehingga Anda dapat membuat beberapa porsi kue sekaligus. Ini akan sangat bermanfaat untuk para pemilik catering atau pastry chef.

4. Cake Rings

jenis-loyang-kue-05

Photo source: AliExpress

Seperti jenis loyang kue tradisional, cake rings juga sempurna untuk membuat cake berlapis-lapis. Cake rings tidak memiliki alas dan sebenarnya ini memudahkan koki untuk melepas loyang dengan cara menariknya ke atas saat kue sudah dalam keadaan dingin. Untuk memanggang kue dengan cake rings, Anda bisa menggunakan sheet cake pan sebagai alas, lalu isi cake rings dengan adonan. Tuang adonan secara perlahan agar adonan tidak bocor di bagian bawah. Selain untuk memanggang kue, cake rings juga bisa digunakan sebagai cookie cutter untuk memotong bagian kue sesuai dengan bentuk yang Anda inginkan. Cake rings terbuat dari logam tipis. Bahan ini akan membuat Anda lebih mudah memotong kue dan membuat bagian tepinya tetap rapi.

5. Sheet Cake Pans

jenis-loyang-kue-06

Photo source: thewirecutter

Tinggi bagian sisi sheet cake pans biasanya rendah dan berbentuk persegi panjang. Kedalamannya sekitar 1 inci. Jenis loyang kue ini bisa digunakan untuk membuat kue yang berlapis-lapis atau dijadikan alas saat memanggang dengan cake rings. Loyang ini juga sering disebut jelly roll pans karena cocok untuk memanggang kue tipis yang biasanya digunakan dalam resep kue gulung. Agar bagian bawah kue tidak lengket di bagian dasar loyang, Anda bisa menambahkan kertas roti atau pan liners untuk membantu Anda dalam proses membuat kue gulung.

6. Bundt Pans

jenis-loyang-kue-07

Photo source: King Arthur Flour Blog

Jenis loyang kue bundt memiliki lubang di bagian tengah untuk membuat kue seperti bentuk cincin. Adonan kue dalam loyang ini akan dipanggang terbalik di dalam oven dan Anda bisa membalikkan loyangnya saat ingin mengeluarkan kue. Itulah kenapa jenis loyang kue bundt memiliki design yang detail di bagian alasnya. Adanya lubang di bagian tengah loyang akan membuat kue lebih cepat matang secara merata daripada kue yang dipanggang di panci bundar tradisional. Sama seperti novelty cake pans, loyang kue bundt biasanya memiliki bagian sudut yang detail di mana kue berisiko menempel di bagian tersebut. Untuk menghindari hal ini, Anda bisa menggunakan baking sprays agar kue bisa terlepas sempurna dari loyang tersebut.

7. Angel Food Cake Pans atau Tube Pans

jenis-loyang-kue-08

Photo source: avalon-master.pro

Angel Food Cake Pans atau juga sering disebut Tube Pans adalah jenis loyang kue berbentuk cincin, memiliki bagian sisi yang tinggi lurus atau meruncing. Jenis loyang ini biasanya terdiri dari dua bagian terpisah yang bisa disatukan saat memanggang dan bisa dipisah saat Anda hendak melepas kue dari loyang ketika sudah dingin. Mirip seperti loyang kue bundt, lubang yang terdapat di bagian tengah loyang ini juga membuat kue dipanggang lebih cepat karena panas dapat mengelilingi bagian dalam kue. Selain itu, banyak tube pans yang tidak dilengkapi dengan fitur anti lengket sehingga banyak kue yang dapat menempel di sisi loyang saat diangkat dari oven.

8. Loyang Springform

jenis-loyang-kue-09

Photo source: Pexels

Jenis loyang kue ini sangat sempurna untuk cheesecakes, crumb cakes dan torte yang tidak bisa diputar balik saat dilepas dari loyang. Loyang springform memiliki bagian alas yang dapat dilepas dan bagian sisi yang juga bisa dilepas-pasang. Saat cake sudah dingin, Anda bisa membuka penjepit di bagian sisinya untuk melepas loyang dari cake. Anda bisa tetap menggunakan bagian alasnya saat mau menyajikan cake atau bisa juga dilepas secara hati-hati.

9. Cetakan Kue Silicone

jenis-loyang-kue-10

Photo source: De'z Things

Cetakan kue silicone biasanya digunakan untuk membuat kue dan pastry berukuran kecil. Jenis loyang ini terbuat dari silicone yang fleksibel, jadi Anda bisa dengan mudah melepas dessert buatan Anda dari cetakan saat sudah dingin. Bahan silicone umumnya aman digunakan di oven dan tidak membutuhkan kertas alas seperti jenis loyang kue lainnya. Tapi tidak ada salahnya untuk mengoleskan mentega atau butter ke cetakan silicone agar kue makin mudah terlepas. Cetakan ini tersedia dalam banyak bentuk dan ukuran.

Saat Anda sedang memikirkan menu dessert apa yang cocok disajikan di restoran, tips ini bisa membantu Anda untuk merealisasikannya. Resep kue yang enak sekalipun bisa kacau saat Anda salah memilih jenis loyang kue. Jadi sangatlah penting untuk mengenal karakteristik loyang yang Anda gunakan dan membiasakan diri membuat cake dengan resep yang sama agar Anda bisa menemukan loyang yang sempurna untuk cake tersebut.

Cover photo source: Pixabay

Related Articles

Connect with Nibble