Foodies Guide To F&B Industry

Kamu Belum Dianggap Foodies Kalau Belum Melakukan 12 Hal Ini

March 11, 20164 min readTips & Tricks

Photo source: blog.logomyway.com

Makanan sekarang udah bukan jadi sekedar kebutuhan dasar lagi. Tapi sudah naik kasta menjadi karya seni yang bisa kita nikmatin. Cara menikmatinya pun berbeda-beda. Ada yang mengabadikannya dalam jepretan foto dan memamerkannya di Instagram, ada juga yang merekam sensasi makan sebuah makanan dalam kata-kata yang dipost di blog atau aplikasi buat nge-review makanan. Nah, orang-orang penggila makanan kayak gitu sering banget diasosiasikan dengan kata “Foodies”. Tapi sebenarnya ciri-ciri foodies nggak cuma sebatas itu aja kok. Ada 12 hal lain yang biasanya dilakukan semua foodies. Coba cek, kalau kamu juga melakukan hal-hal berikut ini, berbanggalah, karena kamu bisa memproklamirkan dirimu sebagai seorang Foodies.

1. Kamu merencanakan liburan untuk mencoba makanan-makanan lokal di tempat berliburmu, bukan mendatangi tempat-tempat wisatanya.

Photo source: Instagram.com/healthfuldirection

Ini nih tanda pertama kalau kamu foodies: liburan buat makan! Kamu bahkan rela menghabiskan waktu dan uang demi traveling ke tempat yang sangat jauh hanya demi mencoba makanan lokal dan populer yang ada di sana.

2.  Kamu merasa keindahan presentasi makanan harus diberi penghargaan.

Photo source: davidgriffen.co.uk

Salah satu penghargaannya ya mengabadikannya dalam jepretan kamera, menguploadnya di Instagram, dan membiarkan semua orang tau kalau makanan yang kamu makan tuh cantik banget. Dan terakhir, kamu nggak akan capek buat ngecek semua “likes dan comments” di foto itu. Karena keseringan foto makanan, isi album Instagram kamu bahkan bisa ngalah-ngalahin buku menu.

3. .. tapi kamu juga nggak ragu buat nyobain dan mamerin makanan yang jauh dari kata “indah”.

Photo source: jinkzzkitchen.blogspot.com

Di saat orang-orang lain menghindari makan ceker ayam karena bentuknya tidak menarik, kamu bakal cuek aja karena yang penting adalah rasa dan sensasi yang kamu dapetin saat makan. Kamu bahkan rela makan “balut” (telur yang isinya embrio bebek khas Filipina), paling tidak sekali dalam seumur hidupmu.

 

4. Saking semangatnya menikmati makanan, kamu sampai lupa memfoto makananmu.

Photo source: Instagram.com/therewasafood

Yang ini kebalikan dari yang nomor 2. Kalau orang dengan ciri nomor 2 rela makan makanan dingin saking sibuknya cari angle foto yang pas buat bikin orang ngiler, kalau yang ini, saking menikmati makanan, kamu lupa ambil foto. Alhasil, foto piring kosong lah yang akan kamu abadikan di Instagram, tapi tidak lupa lengkap dengan nama menu dan review makanannya.

5. Kamu tidak tertarik lagi dengan junk food.

Photo source: playbuzz.com

Yup, kamu akan lebih milih baked potato ketimbang french fries, atau pilih yoghurt daripada mayonnaise. Bahkan roti dengan olive oil lebih bisa mencuri hati kamu daripada fast food yang bentuknya sangat menggiurkan itu. Yang jelas, kamu rela membayar lebih demi bisa dapetin sesuatu yang lebih lezat dan lengkap dengan sentuhan lokal daripada pilih yang murah tapi buatan pabrik.

6. Makanan jadi prioritas yang lebih utama daripada fashion.

Photo source: brazilianflairintheusa.com

Tanda-tandanya, kamu punya lebih banyak kitchen supplies ketimbang baju. Dan kamu rela terlihat lusuh setiap hari karena kamu lebih milih beli white truffle buat pelengkap grilled cheese sandwich bikinanmu, daripada membeli fashion items yang lagi trend buat dipakai sehari-hari.

7. Bahkan hiburan kamu nggak jauh-jauh dari makanan.

Photo source: telegraph.co.uk

Kamu browsing resep makanan karena hal itu sangat menghibur, bukan karena lagi butuh ide masak. Waktu liburan pun kamu memilih buku resep sebagai pengganti souvenir pada umumnya.

8. Kamu menyusun rencana detail sebelum makan di sebuah restoran.

Photo source: incrediblethings.com

Dapet rekomendasi restoran enak dari teman dan tertarik buat mengunjunginya? Sebelum ke sana, pasti kamu akan browsing menu-menunya dulu dan memilih apa yang akan kamu pesan di restoran tersebut.

9. Kamu bakal pindah tempat duduk di restoran kalau lightingnya kurang bagus.

Photo source: galleries.apps.chicagotribune.com

Setelah kamu baca tuntas tips memotret makanan, kamu jadi sadar kalau lighting itu berpengaruh banget buat bikin foto makanan makin lezat. Jadi waktu kamu dapet tempat duduk di restoran dengan lighting yang kurang bagus, kamu akan menebalkan muka dan minta waiter memindahkan kamu ke tempat dengan lighting yang lebih ok.

10. Kamu berdiri di kursi untuk memfoto makanan.

Photo source: inijie.com

Nggak peduli kamu makan di restoran casual atau fine dining, kamu nggak akan ragu buat berdiri di kursi demi mendapat angle flat lay yang sempurna. Urat malu bener-bener harus putus deh kalau mau dapetin hasil foto yang lagi hits di Instagram ini.

11. Kamu Pakai Nibble buat cari makanan.

Photo source: Instagram.com/myfunfoodiary

Aplikasi ini emang paling bisa diandelin deh kalo lagi ngidam sesuatu. Tinggal ketik nama makanannya dan ta-da keluarlah semua foto makanan yang menggiurkan. Tinggal pilih deh mana yang paling menggoda. Buat yang ketinggalan jaman dan belum tahu apa-apa tentang Nibble, klik di sini aja!

12. Kamu baca ini dan senyum-senyum.

Photo source: magic4walls.com

Hayo ngaku siapa yang dari awal sampai akhir artikel ini bacanya sambil senyum-senyum?

Kira-kira apalagi ciri-ciri seorang foodies? Tambahin yuk di kolom komentar!

Related Articles

Connect with Nibble