Foodies Guide To F&B Industry

Kenikmatan 7 Menu Kepala Ikan di Jakarta Ini Sulit Dilupakan

September 29, 20174 min readTips & Tricks

Buat yang tidak biasa, mungkin langsung bergidik begitu mendengar makanan Kepala Ikan di Jakarta. Biarpun menu olahan Kepala Ikan tampak tidak menggugah selera, tapi kenikmatannya sungguh tiada tara. Apalagi, Kepala Ikan diakui sebagai sumber protein, Vitamin A, dan Omega 3 yang menyehatkan tubuh. Rasanya juga jauh lebih enak dari bagian daging ikan lainnya, ada sensasi fatty dan dagingnya terasa lebih empuk. Ingin tahu di mana saja kamu bisa mendapatkan menu Kepala Ikan di Jakarta? Tuju tempat ini wajib banget kamu datangi.

1. Tanjung Pinang 98

kepala-ikan-di-jakarta-02

Photo source: Nibble - tirtalie

Jarang sekali ada restoran di Jakarta yang menyajikan makanan khas Tanjung Pinang, Kepulauan Riau. Meski begitu, ada restoran lawas di daerah Mangga Besar yang menyajikan makanan Tanjung Pinang sejak lama, yaitu Tanjung Pinang 98. Salah satu menu andalannya adalah Sup Kepala Ikan Talas. Yang spesial dari menu ini adalah penggunaan Talas yang dijadikan sayuran pelengkap. Sedapnya Kepala Ikan di Jakarta pada menu ini tidak perlu ditanya, bumbunya meresap sekali ke dalam daging ikan. Makanan ini selalu hangat karena dihidangkan di dalam wadah yang bagian tengahnya diberi arang yang panas.

Lokasi:

Tanjung Pinang 98

Jl. Mangga Besar VII No. 63i, Mangga Besar, Jakarta. Telp. (021) 6288674.

2. Saung Galah

kepala-ikan-di-jakarta-03

Photo source: @nanakoot

Ikan menjadi salah satu makanan ikonik khas restoran Sunda. Saung Galah yang berlokasi di Muara Karang punya Gulai Kepala Ikan di Jakarta yang lezatanya nggak bisa dijelaskan dengan kata-kata. Menu ini terdiri dari Kepala Ikan Kerapu yang empuk sekali dagingnya. Kuahnya kental, pedasnya bikin ketagihan, tidak heran banyak yang tambah nasi berkali-kali saat menyantap menu ini.

Lokasi:

Saung Galah

Jl. Muara Karang, Blok Z4 Utara No. 13-14, Jakarta, Muara Karang, Jakarta. Telp. (021) 22664476.

3. Medan Baru

kepala-ikan-di-jakarta-04

Photo source: @boyhamid

Siapa coba yang tidak tau Gulai Kepala Ikan di Jakarta dari Medan Baru yang sangat legendaris itu? Urusan Kepala Ikan, ini selalu jadi juaranya. Kuah santannya sangat kental, rasa Kepala Ikannya enak bukan main meski tidak disajikan uth dengan badannya. Ukurannya pun sangat besar, bisa bikin puas 3-4 orang. Meski harganya mahal, sekitar Rp.250.000, tapi worth it banget makan Kepala Ikan di sini.

Lokasi:

Medan Baru

Jl. Krekot Bunder Raya No. 65, Pasar Baru, Jakarta. Telp. (021) 3844273.

4. Penang Paradise

kepala-ikan-di-jakarta-05

Photo source: @foodventurer_

Tidak hanya di restoran Medan, Sunda, dan Tanjung Pinang saja kamu bisa menemukan menu Kepala Ikan di Jakarta. Kali ini ada Penang Paradise yang merupakan restoran Malaysia siap memanjakan kamu dengan Gulai Kepala Ikan khas masakan Peranakan yang tasty abis. Kepedasan kuah Gulai di sini bisa diatur. Kombinasi bumbu rempahnya terasa kuat dan suit dilupakan.

Lokasi:

Penang Paradise

Mall Taman Anggrek, Lantai 3, Jl. Tanjung Duren Timur 2, Tanjung Duren, Jakarta. Telp. (021) 5639391.

5. Acai Bihun Kepala Ikan

kepala-ikan-di-jakarta-06

Photo source: @sovifooddiary

Kepala Ikan di Jakarta yang satu ini cukup berbeda. Penyajiannya tidak dengan kuah Gulai, melainkan dengan Bihun. Kamu bisa memilih antara Bihun dengan kuah sup atau versi yang digoreng. Bihun tersebut lalu dijadikan satu dengan Kepala Ikan yang sudah digoreng terlebih dahulu. Makanan khas Medan ini menggabungkan rempah-rempah yang menghasilkan bau cukup tajam dengan Kepala Ikan yang yummy. Gerainya selalu rame dengan orang orang-orang penyuka masakan Medan.

Lokasi:

Acai Bihun Kepala Ikan

Jl. Niaga I Blok Z Utara No. 42, Muara Karang, Penjaringan, Jakarta Utara. Telp. 0812-5574-94.

6. Remboelan

kepala-ikan-di-jakarta-07

Photo source: @remboelansoulfood

Letak Remboelan berada di beberapa mall besar. Kalau ke sini kamu harus memesan Gulai Kepala Ikan yang jago membuat orang puas. Menu ini tidak hanya terdiri dari Kepala Ikan saja, tapi juga ada sebagian kecil badan Ikan yang penuh daging empuk. Bumbunya sangat beraroma. Cita rasa pedas dengan sensasi asam yang susah dilupakan menarik untuk dicoba.

Lokasi:

Remboelan

Plaza Senayan, Lantai 4, Jl. Asia Afrika, Senayan, Jakarta. Telp. (021) 5725088.

7. Dapur Seafood

kepala-ikan-di-jakarta-08

Photo source: @dapurseafood

Kalau nyari seafood enak yang fresh di daerah Pluit, Dapur Seafood bisa jadi pilihan. Semua makanan laut ada di sini, dari Kepiting, Cumi, hingga Kerang. Gulai Kepala Ikan di Jakarta yang ada di sini tidak boleh terlewatkan. Dari penampilannya saja sudah bikin ngiler, saat dicoba, rasanya beneran tidak ada duanya. Campuran gurih dan pedas akan membuat lidahmu bertekuk lutut. Apalagi pemandangan restoran ini sangat mengagumkan, berupa view dermaga ditambah angin sepoi-sepoi yang membuat suasananya makin romantis.

Lokasi:

Dapur Seafood

Jl. Pantai Mutiara, Blok TG No. 7, Pluit, Jakarta. Telp. (021) 6677000.

Wah nggak nyangka ya ternyata banyak banget menu Kepala Ikan di Jakarta yang enak. Buat kamu yang mau tahu spot lain menikmati menu spesial ini, cari langsung yuk di Nibble. Kalau belum tahu Nibble, kamu bisa klik di sini.

Cover photo source: Nibble - tirtalie

Related Articles

Connect with Nibble