Foodies Guide To F&B Industry

Keuntungan dan Kerugian Bisnis Franchise Restoran

January 12, 20195 min readReviews

Belakangan ini, kepopuleran bisnis franchise restoran semakin meningkat. Bisnis ini terlihat menggiurkan karena banyak orang yang berpikir ini menjadi salah satu cara untuk mendapatkan untung dengan sangat cepat. Padahal untuk menjalankan bisnis franchise restoran, Anda butuh kerja keras, dan banyak uang untuk mempertahankan dan menjalankan bisnis tersebut. Jika Anda sedang bingung apakah bisnis franchise restoran merupakan pilihan yang tepat untuk Anda atau tidak, mari simak keuntungan dan kerugian memiliki bisnis franchise.

Keuntungan Bisnis Franchise Restoran

1. Nama Brand Sudah Terkenal

bisnis-franchise-02

Salah satu alasan utama kenapa banyak orang yang tertarik memulai bisnis franchise restoran adalah karena nama brand sudah terkenal dan sudah mendapatkan kepercayaan dari masyarakat luas. Hal ini jelas tidak akan bisa didapatkan restoran baru secara instan. Butuh  bertahun-tahun untuk bisa berada di titik seperti restoran waralaba. Reputasi yang baik ini sangat menguntungkan pemilik bisnis franchise karena Anda tidak perlu membangun komunitas mulai dari nol untuk menjadi pelanggan setia Anda.

Kepopuleran ini juga menjadi latar belakang kenapa bisnis franchise restoran cenderung lebih berhasil dibandingkan restoran yang dibuka secara mandiri. Ini karena pelanggan biasanya akan mengasosiasikan sebuah brand dengan standar kualitas tertentu yang mereka harapkan. Pelanggan tidak peduli siapa di balik pemilik bisnis franchise ini karena mereka lebih berfokus untuk mendapatkan makanan favorit mereka dengan kualitas yang sama di restoran franchise. Pelanggan lebih merasa nyaman menghabiskan uang untuk membeli makanan di restoran franchise karena mereka tahu pasti kualitas makanan seperti apa yang akan mereka dapatkan. Pemilik bisnis franchise restoran juga akan menyediakan menu yang sama, harga, jam operasional, tata letak, kebijakan, dan pelayanan seperti restoran dengan brand yang sama di lain tempat.

Namun, kepopuleran ini juga dapat menjadi pedang bermata dua. Jika ada pelanggan yang pernah mendapatkan pengalaman buruk saat makan di restoran lain dengan brand yang sama dengan milik Anda, ini akan membuat mereka tidak tertarik untuk mengunjungi restoran Anda. Selain itu, bila reputasi restoran Anda buruk di mata publik, ini akan berdampak juga ke bisnis franchise Anda.

2. Proses Pelatihan yang Mendalam

bisnis-franchise-03

Pemilik bisnis franchise restoran biasanya akan mendapatkan pelatihan yang mendalam sebelum membuka restorannya. Ini akan menjadi kesempatan untuk Anda belajar semua hal yang bisa mengantarkan Anda pada kesuksesan. Hal ini tentunya tidak akan bisa didapatkan oleh para pemilik restoran independen. Pelatihan ini bisa berlangsung dalam hitungan hari atau bulan. Tujuan utama dari pelatihan ini adalah untuk memberikan semua informasi kepada pemilik bisnis franchise tentang apa yang harus Anda ketahui untuk bisa meraup keuntungan.

Salah satu pengetahuan yang akan Anda dapatkan dari pelatihan ini adalah bagaimana cara restoran franchise ini beroperasi. Anda mungkin akan mendapatkan text book yang mencakup sejarah restoran, tujuan, model bisnis, proses penyiapan makanan, pembukuan keuangan, customer service, dan masih banyak lagi. Pelatihan yang sebenarnya juga akan Anda rasakan saat Anda harus bekerja di salah satu restoran franchise untuk memahami seluk beluk pengoperasian restoran setiap harinya. Pelatihan ini akan membawa Anda lebih sukses daripada pemilik restoran independen yang harus mendapatkan pelatihan ini dengan mengeluarkan biaya sendiri.

3. Restoran Sudah Siap

bisnis-franchise-04

Kalau membuka restoran baru secara independen, Anda pasti harus meninjau lokasi, negosiasi untuk perjanjian penyewaan tempat, membangun restoran, mendesain restoran, membeli inventaris, membuat menu, dan merencanakan strategi pemasaran yang menarik. Hal ini tidak perlu Anda lakukan saat memilih bisnis franchise restoran dengan paket turnkey. Anda dapat memulai bisnis Anda kapan saja. Di paket turnkey, apa yang Anda bayarkan sudah termasuk segala hal yang Anda butuhkan untuk membuka restoran baru.

Kelemahan dari bisnis franchise restoran adalah Anda bisa jadi akan membayar lebih mahal daripada yang seharusnya. Anda juga harus membayar royalti yang berlanjut selama kontrak Anda berjalan terus.

Kerugian Bisnis Franchise Restoran

1. Kebebasan Terbatas

bisnis-franchise-05

Salah satu kerugian saat memiliki bisnis franchise restoran adalah keterbatasan kebebasan dan kreativitas. Saat Anda menandatangani kesepakatan bisnis franchise restoran, Anda harus berjanji untuk mengikuti prosedur operasional dan metode yang diaplikasikan oleh brand tersebut. Meskipun Anda memiliki restoran, Anda tidak berhak atas brand restoran Anda. Anda tidak akan menghadapi masalah yang dihadapi oleh pemilik restoran independen. Semuanya sudah diatur dalam perjanjian, mulai dari jam operasional, jumlah karyawan, atau strategi pemasaran.

2. Biaya Memulai Bisnis Franchise Sangat Mahal

Harga yang dibanderol untuk membuka sebuah restoran waralaba sangatlah mahal. Tidak ada patokan biaya yang bisa Anda andalkan saat berencana memulai bisnis franchise restoran. Bahkan sebelum kontrak ditandatangani, Anda akan membutuhkan biaya untuk membayar hal-hal berikut ini:

  • Pengacara
  • Akuntan
  • Biaya sewa dan utilitas
  • Perawatan gedung
  • Persediaan produk
  • Peralatan dapur
  • Iklan dan signage
  • Asuransi
  • Biaya promosi
  • Seragam, gaji, dan tunjangan karyawan
  • Royalti tahunan

Anda juga harus menyiapkan modal untuk mengikuti pelatihan bisnis franchise restoran secara mendalam selama beberapa bulan. Pengeluaran tersebut akan mencakup biaya transportasi dan akomodasi. Meski harus mengeluarkan biaya yang besar untuk memulai bisnis franchise restoran, Anda akan tetap beruntung karena memiliki orang yang bisa diandalkan, yaitu pemilik waralaba, untuk menghitung detail pengeluaran Anda serta memberikan estimasi kapan Anda bisa mulai menikmati laba. Informasi berharga tersebut jelas sulit didapatkan oleh pemilik restoran independen.

3. Perkembangan Terbatas

bisnis-franchise-07

Mengembangkan restoran atau membuka cabang restoran di tempat lain jelas tidak mungkin dilakukan oleh pemilik bisnis franchise restoran karena mereka harus mematuhi peraturan yang sudah disepakati mengenai pembatasan jumlah restoran dalam satu area tertentu. Pemilik waralaba tentu tidak ingin jika restoran waralabanya saling bersaing .

4. Pengakhiran dan Pembaruan Perjanjian

bisnis-franchise-08

Perjanjian breeching dalam kontrak franchise memberikan hak pada pemilik waralaba untuk mengakhiri perjanjian dengan Anda. Ini bisa terjadi saat Anda tidak patuh pada standar brand atau gagal membayar royalti. Saat ini terjadi, Anda akan kehilangan seluruh investasi Anda. Pemilik waralaba juga berhak menentukan apakah kontrak restoran Anda akan diperpanjang atau tidak. Perjanjian waralaba ini bisa berjalan mulai dari lima, sepuluh, atau dua puluh tahun.

Masuk ke dalam industri kuliner tentunya sangat menegangkan untuk Anda yang baru pertama kali menjalankan bisnis franchise restoran. Tapi dengan melihat keuntungan dan kerugian yang kita beberkan di atas, kami berharap Anda dapat mempertimbangkan kembali keputusan Anda dengan matang.

Photos source: pixabay

Related Articles

Connect with Nibble