Foodies Guide To F&B Industry

Photo by Pixabay

Kopi dan Level Roasting yang Wajib Diketahui

April 1, 20193 min readTips & Tricks

Kopi sangat cocok untuk diminum kapanpun, baik itu di pagi hari atau saat malam. Indonesia bahkan menjadi salah satu produsen kopi terbesar di dunia. Tapi ingat, tidak semua jenis kopi bisa diperlakukan sama.

Variasi kopi sangat banyak, baik itu berdasarkan warna, rasa, roast, dan kandungan kafein. Jika Anda pemilik cafe atau coffee shop dan masih bingung jenis kopi apa yang akan Anda beli untuk disajikan ke pelanggan, Anda bisa membaca guide yang satu ini.

Dalam guide ini, kami akan menjelaskan proses roasting kopi dan perbedaan jenis roasting kopi.

jenis-kopi-02

Jenis Roasting Warna Minyak di Permukaan Rasa Kandungan Kafein Perkiraan Suhu
Light Coklat muda Tidak ada Toasted grain dengan rasa asam Tinggi Sekitar 204°C
Medium Coklat Tidak ada Rasa, aroma, dan keasamannya seimbang Medium Sekitar 215°C
Dark Coklat Tua Sedikit Heavy, full body flavor dengan sedikit rasa pedas Rendah Sekitar 229°C
Extra Dark Hitam Ada Pahit, smoky, atau ada burnt taste Sangat Rendah Sekitar 246°C

Kopi Whole Bean vs Kopi Bubuk

jenis-kopi-03

Salah satu pertimbangan yang harus dipikirkan namun tidak berkaitan dengan proses roasting kopi adalah pemilihan antara kopi bubuk atau kopi whole bean. Seperti yang kita semua tahu, kopi bubuk menawarkan kenyamanan yang maksimal karena Anda tidak perlu usaha banyak untuk mempersiapkannya.

Waktu penyeduhan kopi bubuk hanya sebentar saja. Di sisi lain, kopi whole bean akan memberikan Anda pengalaman untuk mengerti cara roasting kopi yang autentik dan pelanggan juga akan menganggap cafe atau coffee shop Anda beda dari yang lain.

Kopi whole bean mengharuskan Anda menggiling biji kopi sendiri. Jangan khawatir, ini sangat mudah dilakukan dengan peralatan yang tepat. Dengan teknik yang tepat, Anda hanya butuh beberapa menit untuk menyelesaikan proses menggiling dan memanggang biji kopi.

Apapun kopi yang Anda pilih, baik itu whole bean atau bubuk, keduanya sama-sama bisa diandalkan untuk coffee shop atau cafe Anda.

Jenis Biji Kopi

jenis-kopi-04

Ada dua jenis biji kopi yang ditanam secara komersial di seluruh dunia, yaitu jenis kopi Arabica dan Robusta. Yang membedakan kedua jenis biji kopi ini adalah lingkungan mereka tumbuh, rasanya secara keseluruhan, dan harganya. Sangatlah penting untuk Anda memahami perbedaan antara jenis-jenis biji kopi karena rasanya berbeda-beda.

1. Arabica

jenis-kopi-05

Saat dipanggang, kopi Arabica memberikan sensasi rasa manis yang lembut dengan tingkat keasaman yang rendah. Jenis kopi ini butuh tempat bertumbuh yang sejuk, dengan iklim subtropis yang banyak sinar matahari, banyak tanah, kelembapan, dan lokasinya sebaiknya berada di dataran tinggi.

Berhubung kopi Arabica cukup sulit ditumbuhkan dan dipelihara, harga biji kopi ini lebih mahal dibanding kopi Robusta. Biaya produksinya juga lebih tinggi dari kopi Robusta. Sebagian besar biji kopi Arabica ditanam di Afrika dan Amerika Latin.

2. Robusta

jenis-kopi-06

Jenis kopi robusta sering dianggap sebagai pilihan yang lebih murah dibanding kopi Arabica karena menghasilkan rasa yang kuat dan pahit saat dipanggang. Biji kopi Robusta mengandung kafein dua kali lebih banyak daripada jenis kopi Arabica.

Ini dapat diketahui karena biji kopi Robusta tidak mudah diserang penyakit atau hama. Ini dapat terjadi karena kafein bertindak sebagai insektisida alami di dalam tanaman. Kopi Robusta juga tahan saat harus ditanam di lingkungan yang lebih sulit dan di dataran yang rendah, Itulah kenapa biaya produksinya sedikit dan harganya lebih mudah.

Karena harganya murah, banyak kopi instan dan kopi bubuk yang dibuat dari biji kopi Robusta.

Memilih Kopi

jenis-kopi-07

Proses pembuatan kopi dari biji sampai menjadi secangkir kopi yang nikmat sangatlah luar biasa. Itulah kenapa kita harus mempertimbangkan berbagai hal saat memilih biji kopi untuk disajikan ke pelanggan agar kita dapat menyediakan kopi terbaik.

Meskipun sulit untuk menentukan pilihan kopi terbaik, Anda bisa melakukannya dengan cara mencicipi semua kopi, dan jangan lupa untuk mengunjungi tempat roasting kopi agar Anda dapat menemukan kopi yang paling mantap.

Related Articles

Connect with Nibble