Foodies Guide To F&B Industry

Lagi Pengen Wurst Jerman yang Super Besar? Pastikan Kamu Dateng ke 5 Restoran Ini!

March 1, 20165 min readFoodie Trends

 

Photo source: beatmag

Kalau kemarin-kemarin kita sudah bikin list restoran Jepang, Italia, Prancis, Spanyol, Korea, dan Thailand yang mantap di Jakarta, sekarang giliran restoran Jerman yang bakal kita bahas. Bicara tentang hidangan Jerman, pasti kamu langsung terbayang wurst alias sosis Jerman yang juicy dan besar-besar itu ya? Atau langsung keinget sama cold German beer yang enaknya mendunia itu? Well, apapun masakan Jerman yang kamu mau, percayalah, kamu bisa menemukannya di 5 restoran Jerman di Jakarta berikut ini.

 

1. Die Stube

Photo source: lulabyspoon

Photo source: areamagz

Berdiri sejak tahun 2004, restoran Jerman satu ini menghadirkan hidangan Jerman autentik dan pastinya cold beer. Di handle langsung oleh Chef Ralf Schmidt, Die Stube terkenal dengan Rinder Roulade (Beef Roll) dan homemade German Sausage-nya yang menggiurkan banget. Kalau kamu penasaran, Die Stube ini artinya cozy room atau lounge. Dan sesuai namanya, tempatnya emang cozy, homey, dan warm. Interiornya didominasi dark wood dan German memorabilia juga menghias ruangan di Die Stube. Di sini German cold beer-nya lengkap, jadi kamu harus pesan signature Beer-nya seperti Erdinger di sini. Untuk makanannya, segala macam bentuk pork di sini recommended banget, tapi yang paling mantap itu Pork Knuckle. Tapi untuk menikmati lezatnya Pork Knuckle di Die Stube, kamu harus memesannya paling tidak 3 jam sebelum kedatanganmu. Rasanya heaven banget, dagingnya empuk, dan kulitnya crispy. Kalau nggak kebagian Pork Knuckle, Bonanza Huge Sausage Selection yang disajikan dengan sauerkraut dan mashed potatoes juga nggak kalah enaknya.

 

Lokasi:

Die Stube

Plaza Bisnis Kemang I, Jl. Kemang Raya 2, Kemang, Jakarta. Telp. (021) 71793486.

 

2. Metro’s German Restaurant

Photo source: whatsnewjakarta

Photo source: Instagram - @ameliavirgo

Pecinta pork wajib dateng ke Metro’s karena mereka punya menu pork yang beragam banget sampai bisa bikin kamu bingung mau pesan apa. Well, restoran Jerman yang berlokasi di daerah BSD ini punya fasilitas yang fun banget, seperti billiard table, dart game, dan kamu juga bisa request lagu di songs machine. Balik lagi ke menu pork-nya, di sini kamu harus pesan Pork Belly. Dalam satu piring menu ini, kamu bisa menikmati 400 gram Pork Belly yang dilapisi saus apel dan saus barbeque dan disajikan dengan sauerkraut (sejenis kubis asam manis a la Jerman), kartoffeln (potongan potato wedges yang diberikan bumbu herbal) dan beberapa potong sayuran hijau serta tomat. Kelihatannya mungkin kecil, tapi percaya deh, seselesainya kamu makan satu porsi ini sendirian, kamu nggak bakal kuat berdiri karena kekenyangan. German Sausage Platter juga nggak boleh dilewatin karena kamu bisa mencicipi Pork Bratwurst, Hirtenwurst, Two Mini Pork Tuhringer, dan Beef Chorizo Sausage dalam satu piring.

 

Lokasi:

Metro’s German Restaurant

Ruko BSD, Jl. Pahlawan Seribu, Serpong Utara, Tangerang. Telp. (021) 5386568.

 

3. Paulaner Brauhaus

Photo source: Instagram - @paulanerjakarta

Photo source: Instagram - @paulanerjakarta

Paulaner Brauhaus yang ada Grand Indonesia ini mengusung German-themed restaurant and bar dengan desain yang modern, cozy, dan homey. Areanya cukup luas, ada area indoor, outdoor, bar, dan private room yang bisa untuk sampai 400 pengunjung, jadi kamu nggak perlu takut nggak kebagian tempat. Paulaner Brauhaus ini terkenal dengan handcrafted beer-nya yang dibikin sendiri dengan micro brewed beer yang bisa kamu liat langsung di area bar, jadi beer mereka terjamin kualitas dan kesegarannya. Sosis Paulaner yang enak itu ternyata juga homemade lho. Nah, salah satu menu yang top seller di sini adalah Crispy Pork Knuckle "Schweinshaxe" yang porsinya bisa buat 3-4 orang. Kulitnya itu crunchy banget, tapi dagingnya tetap empuk dan gurih. Menu ini disajikan dengan saus gravy, bread dumplings dan sauerkraut yang pas rasanya. Dessert di sini juga enak-enak lho, salah satu yang must-try adalah Paulaner Black Forest Cake yang rasanya creamy, manis, dan ada sedikit rasa rhum yang tersembunyi dalam setiap gigitan. Yummy!

 

Lokasi:

Paulaner Brauhaus

Grand Indonesia Mall, Lantai 2, East Mall, Jl. MH Thamrin, Thamrin, Jakarta. Telp. (021) 29704981 ext:458.

 

4. Sport Stube

Photo source: Twitter - @infojakarta

Photo source: Instagram - @foodlosophy.id

Tempat makan yang punya view Pondok Indah Golf Course yang cantik ini masih saudaraan dengan Die Stube. Sama seperti Die Stube, menu andalan di sini adalah Pork Knuckle, tapi ada juga tambahan menu Sandwiches yang nggak ada salahnya buat dicoba. Sesuai dengan namanya, tempat ini asik banget lho buat dijadiin tempat nonton pertandingan olahraga, mulai dari bola atau superbowl. Oh iya, Jaeger Schnitzel di Sport Stube juga nggak boleh dilewatin. Menu berupa pork schnitzel yang disajikan dengan cream mushroom sauce ini bener-bener menggoyang lidah!

 

Lokasi:

Sport Stube

Pondok Indah Golf Gallery, Jl. Metro Pondok Indah, Pondok Indah, Jakarta. Telp. (021) 29208530.

 

5. Ya Udah Bistro

Photo source: whatsnewjakarta

Photo source: Instagram - @foodlullaby

Ya Udah Bistro, namanya catchy banget ya? Ini dia tempat di mana kamu bisa menikmati makanan Jerman dengan harga yang sangat terjangkau. Lokasinya di Menteng dan logo berwarna kuningnya yang cukup mentereng bisa membuat kamu langsung tahu tempatnya meski jarang lewat di daerah tersebut. Sayangnya, restoran Jerman ini kurang maksimal dari segi interior. Tapi kalo soal rasa makanan, banyak yang suka kok dengan hidangan yang ditawarkan. Salah satu andalan Ya Udah Bistro ada Farmer’s Bratwurst yang porsinya sangat ngenyangin. Kamu bisa pilih antara sosis ayam, sapi, atau babi. Ya udah yuk dicoba!

 

Lokasi:

Ya Udah Bistro

Jl. Johar No. 15, Menteng, Jakarta. Telp. (021) 3909010.

 

Asik-asik kan restoran Jerman yang ada di Jakarta ini? So, tempat mana nih yang bakal kamu datengin pertama? Jangan lupa post hasil petualangan kulinermu di Nibble ya. Klik di sini untuk info lengkap tentang Nibble.

 

 

Related Articles

Connect with Nibble