Foodies Guide To F&B Industry

Lakukan Hal Ini Sebelum Memulai Bisnis Coffee Shop

December 18, 20187 min readReviews

Industri kopi saat ini makin berkembang seiring dengan makin banyaknya generasi kopi yang menjadikan kegiatan minum kopi sebagai gaya hidup. Itulah kenapa, ini adalah saat yang tepat untuk memulai bisnis coffee shop atau cafe. Jika Anda berminat untuk memulai bisnis coffee shop tapi masih bingung harus mulai dari mana, kami akan menjelaskan secara detail kepada Anda tentang hal-hal apa saja yang harus dipersiapkan sebelum mulai membuka bisnis coffee shop

1. Lakukan Penelitian

bisnis-coffee-shop-02

Sebelum Anda memutuskan untuk memulai bisnis coffee shop, ada baiknya jika Anda melakukan penelitian terlebih dahulu. Anda bisa meneliti apakah di sekitar lokasi yang Anda targetkan ada terdapat coffee shop lainnya? Jika ada, apakah Anda kira-kira mampu untuk bersaing dengan mereka? Anda harus meneliti segala sesuatu yang berkaitan dengan pesaing Anda secara detail. Apakah coffee shop pesaing Anda merupakan coffee shop franchise atau independent? Biasanya jika Anda akan membuka coffee shop independent, Anda punya kemampuan besar untuk bersaing dengan coffee shop franchise.

Bila Anda belum punya pengalaman dalam dunia kuliner atau belum pernah memulai bisnis apapun sebelumnya, sebaiknya berbagi ceritalah dengan beberapa pemilik bisnis yang Anda kenal. Dari mereka, Anda bisa belajar banyak hal sebelum mulai membuat business plan dan membuka bisnis coffee shop. Mereka juga pasti akan memberikan saran-saran yang sangat bermanfaat demi kemajuan bisnis coffee shop yang akan Anda buat.

2. Pilih Konsep Bisnis Coffee Shop

bisnis-coffee-shop-03

Saat Anda memutuskan untuk memulai bisnis coffee shop, Anda harus mulai memikirkan konsep coffee shop idaman Anda. Konsep yang direncanakan dengan matang dan baik akan membuat Anda semakin mampu untuk menjadi coffee shop yang terdepan dibandingkan pesaing Anda. Di tahap ini, Anda bisa mulai mencari nama coffee shop Anda, memikirkan menu makanan apa saja yang akan disajikan dan dekorasi restoran seperti apa yang Anda inginkan. Berikut beberapa hal lain yang harus dipikirkan saat memilih konsep bisnis coffee shop Anda:

A. Siapa yang akan menjadi target market kamu?

Apakah kamu akan menyasar generasi millennial yang tertarik pada gourmet coffee atau kamu menyasar orang kantoran yang hanya butuh secangkir kopi dan cemilan ringan?

B. Seberapa mampu pelanggan yang tinggal di area coffee shop Anda?

Anda mungkin sangat tertarik untuk membuka coffee shop dengan konsep gourmet coffee, tapi jika coffee shop Anda terletak di lingkungan middle class, Anda mungkin akan kesulitan untuk meyakinkan mereka membeli secangkir kopi dengan harga Rp50.000.

 

C. Apakah Anda juga ingin menyajikan makanan?

Jika Anda ingin menyajikan menu makanan di coffee shop Anda, pikirkanlah apakah Anda akan membeli makanan dari pihak lain atau membuatnya sendiri?

D. Apakah Anda akan menyediakan layanan makan ditempat?

Apakah Anda berharap para pelanggan bisa duduk santai di coffee shop sambil menikmati kopinya atau Anda lebih tertarik dengan konsep coffee-to-go?

3. Cari Penyedia Biji Kopi Berkualitas

bisnis-coffee-shop-04

Hal yang paling penting sebelum memulai bisnis coffee shop adalah mencari penyedia biji kopi berkualitas. Banyak pemilik coffee shop yang mendapatkan kopi dari coffee roaster. Saat memilih biji kopi, Anda perlu memperhatikan hal berikut ini:

A. Apakah Anda menyukai kopinya?

Jika Anda tidak suka kopinya, kemungkinan besar para pelanggan Anda juga tidak akan menyukainya.

B. Seberapa penting kualitas kopi untuk Anda?

Biji kopi yang sangat berkualitas akan membuat Anda terpaksa membanderol harga Kopi lebih mahal dan membuat pelanggan mundur teratur.

C. Apa jenis dan rasa kopi yang Anda suka?

Anda harus cari tahu apakah kopi dari coffee roaster sesuai dengan selera Anda?

4. Buat Business Plan

bisnis-coffee-shop-05

Business plan adalah hal yang sangat penting untuk para pemilik bisnis coffee shop. Di dalam business plan akan ada banyak hal yang dijelaskan secara rinci, seperti konsep coffee shop yang akan dibuka, struktur kepemilikan coffee shop, menu yang akan disajikan, rencana keuangan, dan juga memuat research mengenai pesaing Anda. Business plan tidak hanya akan membantu Anda untuk mulai menjalankan coffee shop, tapi juga dibutuhkan saat Anda mencari funding untuk membuka bisnis coffee shop Anda.

Biasanya di dalam sebuah business plan, tujuh bagian berikut ini harus dicantumkan, yaitu:

1. Executive Summary

2. Company Overview and Description

3. Market Analysis

4. Business Offerings

5. Management Plan and Ownership Structure

6. Marketing and Advertising Strategy

7. Financial Projections

5. Siapkan Modal

bisnis-coffee-shop-06

Membuka bisnis coffee shop membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Jadi pastikan Anda memiliki modal untuk memenuhi kebutuhan peralatan dan supply yang harus ada di coffee shop Anda. Biasanya, Anda akan membutuhkan waktu 6-12 bulan sampai bisa menikmati profit. Maka dari itu, modal yang disiapkan harus mencukupi kebutuhan biaya operasional sampai keuntungan bisnis coffee shop Anda dapat menutupi biaya operasional tersebut. Bicara tentang total biayanya, ada baiknya jika Anda mencari tahu terlebih dahulu pada orang-orang yang sudah berkecimpung dalam bisnis coffee shop ini.

6. Menentukan Lokasi Bisnis Coffee Shop

bisnis-coffee-shop-07

Menemukan lokasi yang tepat untuk bisnis coffee shop Anda juga tidak kalah penting. Anda perlu menganalisa lokasi dari hal-hal berikut ini:

- Demographic target market Anda

- Jarak ke supplier

- Research mengenai Pesaing

- Regulasi wilayah

Selain hal-hal di atas, Anda juga perlu memperhatikan ruangan-ruangan yang ada di tempat yang akan Anda gunakan. Apakah ada ruangan untuk dapur? Apakah sistem gas, air, dan pembuangannya sudah baik? Apakah tempat parkirnya luas? Saat Anda telah menemukan lokasi yang tepat, sebaiknya gunakan jasa lawyer untuk membantu Anda bernegosiasi dan mengurus dokumen-dokumen yang diperlukan.

7. Ijin Usaha Bisnis Coffee Shop

bisnis-coffee-shop-08

Saat membuka bisnis coffee shop, biasanya ada beberapa ijin yang harus Anda dapatkan. Setiap kota biasanya punya syarat-syarat yang berbeda untuk mendapatkan ijin tersebut. Mulai dari SITU, IMB, SIUP, NPWP, Izin Gangguan, AD/ART, dan Izin Keramaian dari kepolisian.

8. Desain Layout

bisnis-coffee-shop-09

Demi kenyamanan pelanggan, dekorasi juga harus diperhatikan secara khusus. Anda harus memikirkan konsep design yang ingin diperlihatkan kepada pelanggan. Perhatikan juga style furniture yang akan dipilih. Selain tampak luar, perhatikan juga layout di “belakang layar”. Pikirkan bagaimana flow yang harus dijalankan para staff untuk mencatat pesanan pelanggan, membuat pesanan, dan menyajikannya.

9. Mempersiapkan Peralatan Coffee Shop

bisnis-coffee-shop-10

Jenis peralatan yang dibutuhkan oleh setiap coffee shop pasti berbeda-beda. Namun ada beberapa peralatan penting yang wajib Anda miliki, seperti:

  • Coffee Brewers
  • Airpots
  • Espresso Machine
  • Coffee Grinder
  • Hot Water Dispenser
  • Reach-in Refrigerator
  • Ice Machine
  • Bakery Display Case
  • 3 Compartment Sink
  • Frothing Pitchers
  • Frothing Thermometers
  • Tea and Coffee Mugs
  • Espresso Cups
  • Cup, Lid, and Straw Organizers
  • Aprons

10. Melatih Staff Anda

bisnis-coffee-shop-11

Customer service yang baik adalah hal penting di balik kesuksesan sebuah bisnis coffee shop. Sebelum memilih staff, sebaiknya Anda pikirkan dulu kualifikasi seperti apa yang Anda harapkan dari para pelamar. Anda juga harus mempertimbangkan, apakah Anda ingin melatih staff sendiri atau lebih memilih mempekerjakan barista yang sudah berpengalaman.

Saat melatih staff, pastikan mereka belajar cara membuat varian kopi dengan benar. Pelanggan Anda juga mungkin akan bertanya banyak tentang menu yang Anda tawarkan, jadi pastikan staff Anda mampu menjawab semua pertanyaan dari pelanggan.

11. Buka Bisnis Coffee Shop Anda

[caption id="attachment_11853" align="aligncenter" width="960"]Open sign decoration exterior of restaurant - Vintage Filter Open sign decoration exterior of restaurant - Vintage Filter[/caption]

Setelah selesai melakukan semua hal-hal di atas, ini saatnya Anda membuka bisnis coffee shop Anda. Sebelum membukanya ke publik, publikasikanlah terlebih dahulu di social media atau undang para food bloggers untuk menikmati kopi dan sajian di coffee shop Anda. Anda juga bisa memberikan diskon spesial saat opening day untuk menarik para pelanggan potensial. Sebenarnya, ada beberapa cara untuk mempertahankan loyalitas pelanggan, yaitu:

1. Staff yang friendly dan menguasai semua hal yang menyangkut bisnis coffee shop Anda.

2. Kualitas makanan dan minuman yang disediakan

3. Atmosfer yang hangat dan dekorasi yang nyaman

4. Memberikan Loyalty card atau menyediakan paket menu

Seiring dengan meningkatnya kepopuleran coffee shop di masyarakat, ini adalah saat yang tepat untuk memulai bisnis coffee shop. Tidak perlu ragu memulainya, jalani business plan Anda dengan baik dan bekerjakeraslah membangun loyal base. Dengan cara tersebut, coffee shop Anda bisa bersinar di antara yang lain.

Photo source: Pixabay

Related Articles

Connect with Nibble