×
Nibble
Nibble
FREE - On the App Store Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua.
Nibble
Nibble
FREE - In Google Play
VIEW VIEW

Mamma Mia! Inilah 5 Makanan Tradisional Italia yang Lezatnya Mendunia

  • Atalya Anggraini
  • Monday January 4th, 2016
italiancuisine1

 

Photo source: westnewyorkpizza.net

Italia menjadi salah satu negara yang makanan tradisionalnya mendunia. Ini tidak lepas dari komitmen mereka untuk menjaga keotentikan rasa makanannya. Selain itu, lezatnya makanan Italia dan rasanya yang universal memang tidak bisa ditolak oleh dunia. Well, apa yang terlintas di pikiran kamu pertama kali saat sedang memikirkan makanan Italia? Pasti pasta atau Pizza, kan? Yup, di Italia memang banyak sekali hidangan pasta dan pizza tersedia di mana-mana, tapi makanan Italia yang lezat nggak hanya terbatas pada dua jenis dish itu saja lho. Yuk kita intip beberapa menu sajian Italia yang cukup populer di seluruh dunia!

 

1. Pasta

Photo source: browneyedbaker.com

Pasta merupakan salah satu makanan Italia yang bisa menghasilkan beragam variasi dish lezat. Bahkan dish pasta terfavorit di satu area tertentu di Italia tidaklah sama dengan area lain. Misalnya, Northern Italy sangat terkenal dengan Pesto dan Bolognese, sedangkan orang-orang di Central Italy lebih menyukai carbonara pasta.

Seperti yang sudah kita tahu, pasta terbuat dari adonan tepung gandum tanpa ragi dan air yang bentuknya bisa macam-macam, seperti spaghetti, macaroni, fusilli, dan lasagna. Nah, pasta ini layaknya bahan utama suatu dish yang selanjutnya bisa dikombinasikan dengan bahan lain, contohnya berbagai potongan daging, keju, herbs, dan sauces. Kombinasi ini kemudian menghasilkan dish pasta lezat yang sudah terkenal di seluruh dunia.

 

Pasta enak di Jakarta:

Ristorante da Valentino

MD PLACE, 11th Floor, Jl. Setiabudi Selatan No. 7, Jakarta.

Telp. (021) 29057888

 

2. Pizza

Photo source: traveldailynews.com

Siapa coba yang nggak suka pizza? Pizza itu ibaratnya makanan nasional di Italia dan semua orang di sana suka sekali dengan menu yang satu ini. Resep pizza sebenarnya sangat sederhana, yang membuatnya melejit di seluruh dunia adalah variasi topping dan styles yang bisa dimodifikasi oleh siapapun. Yup, basic pizza itu sebenarnya hanya berupa fresh made bread yang diolesi saus tomat, dan topping keju. Dan kamu bisa berkreasi dengan toppingnya sesuka kamu. Bisa ditaburi pesto, ham, onion, mushroom, sosis, atau spinach. Biarpun saat ini yang paling populer di Indonesia adalah pizza cepat saji, tapi nggak ada yang bisa ngalahin rasa pizza otentik Italia yang biasanya di panggang dengan cara stone baked atau wood-fired brick oven.

 

Pizza enak di Jakarta:

Pizza Barboni

Jalan Kemang Raya No.49, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Telp. (021) 7181066

Mau tahu restoran lain yang punya pizza enak di Jakarta? Cek di sini.

 

3. Risotto

Photo source: thekitchn.com

Selain pasta dan pizza, nasi ternyata menjadi salah satu bahan makanan yang paling sering dimakan di Italia lho. Nah, Italian dish terpopuler di dunia yang menjadikan nasi sebagai bahan utamanya ya Risotto. Di menu ini, nasi dicampur dengan kaldu, sayuran, dan bumbu-bumbu lain sehingga menghasilkan rasa yang creamy dan flavourful. Tidak seperti di Indonesia yang menjadikan nasi sebagai main course, di Italia Risotto merupakan appetizer alias hidangan pembuka lho.

 

Risotto enak di Jakarta:

Rosso Italian Restaurant

Hotel Shangri-La, Lobby Level Kota BNI, Jl. Jend. Sudirman Jakarta.

Telp. (021) 5748463

 

4. Tiramisu

Photo source: olivegarden.com

Tidak cuma main course dan appetizer Italia saja yang mendunia, dessertnya pun banyak disukai orang, terutama tiramisu. Tiramisu yang dalam bahasa Inggris berarti “pick me up” merupakan kombinasi sempurna dari cocoa, espresso, mascarpone cheese, wine, dan lady finger biscuit. Rasanya legit tapi ada aroma kuat dan wangi yang berasal dari espresso dan cocoa. Saat ini variasi tiramisu juga makin beragam. Ada Chocolate Tiramisu yang menggunakan cokelat sebagai pengganti kopi. Ada juga Frozen Tiramisu yang menambahkan gelato, frozen yogurt, atau ice cream di custard-nya. Nah, kalau tiramisu favoritmu yang seperti apa?

 

Tiramisu enak di Jakarta:

Bonjour

Grand Indonesia Shopping Town East Mall, Jl. MH. Thamrin No.1, Jakarta Pusat.

Telp. (021) 23581914

 

5. Gelato

Photo source: darlingharbour.com

Satu lagi dessert Italia yang bisa menggugah selera kamu, gelato! Pasti pernah nyobain dong? Berbeda dari ice cream biasa, gelato dibuat dengan porsi susu yang lebih banyak daripada cream. Hal inilah yang membuat gelato terkenal dengan less fat-nya. Proses pembuatan gelato pun berbeda. Gelato diproses dengan kecepatan rendah sehingga hanya ada sedikit udara yang masuk ke dalam adonan. Cara ini membuat rasa gelato semakin flavorful dan teksturnya lebih padat. Selain itu, gelato juga disajikan pada suhu yang lebih hangat dibandingkan ice Cream lho. Nah, saat disajikan gelato biasanya ditambahkan topping buah atau pure kacang.

 

Gelato enak di Jakarta:

Grom Il Gelato Come Una Volta

Pacific Place Mall 1st floor #70-72, SCBD, Jl Jend Sudirman Kav 52-53, Kebayoran Baru, Jakarta.

Telp. (021) 57973834

 

Pastinya masih ada banyak makanan Italia yang terkenal di seluruh dunia di samping ke-5 makanan di atas. Jadi pengen menyantap hidangan khas Italia? Cek Nibble aja buat tahu Italian dish dan Italian Restaurants yang paling enak se-Jakarta. Untuk informasi lengkap seputar Nibble, klik di sini.

 

 

Write some comments

Related posts