Foodies Guide To F&B Industry

Manjakan Perut dengan 13 Sushi di Jakarta yang Paling Autentik

December 24, 20157 min readFoodie Trends

Kalau jaman dulu memakan ikan mentah merupakan hal yang sangat tidak wajar, sekarang sudah tidak lagi seperti itu. Apalagi jika potongan ikan mentahnya dalam bentuk Sushi dan Sashimi, Sushi lover pasti sanggup menghabiskannya sepiring penuh.

13 restoran Sushi di Jakarta berikut ini bisa jadi tujuan kamu kalau lagi ingin makan Sushi autentik. Kamu pasti sudah tahu kalau kualitas Sushi itu tergantung dari kualitas ikannya, bukan dari kualitas bumbu-bumbu tambahan. Sushi buatan restoran-restoran ini sudah terjamin kelezatannya karena bahan-bahan yang digunakan semua berkualitas premium. Yuk cari tahu lebih lanjut tempat mana aja yang punya Sushi enak di Jakarta.

1. Kintaro Sushi

sushi-di-jakarta-10

Photo source: @cnlulaby

sushi-di-jakarta-11

Photo source: @anakmakann

Kintaro Sushi di PIK ini terkenal dengan sajian Sushi yang segar dan rasanya juara. Untuk membuktikannya, kamu bisa memesan Unagi Beef Sushi yang merupakan kombo sempurna untuk memuaskan perut kamu. Tak hanya menu Sushi yang menjadi jagoan restoran Sushi di Jakarta ini. Kamu wajib memesan Black Gyukatsu yang terdiri dari US beef slices yang dibalut dengan seaweed dan diberi garnish gold leaves. Menu ini juga dilengkapi dengan Foie Gras rice and Truffle soup yang rasanya mantap abis.

 

Lokasi:

Kintaro Sushi

Ruko Garden House, Blok B 21, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Pantai Indah Kapuk. Telp. (021) 22570366.

2. Kinokawa

Photo source: @eatingwithdes

Letaknya yang ada di Fairgrounds SCBD. Makanan Jepang autentik yang disediakan membuat Kinokawa ini seperti layaknya “hidden gem”. Yang paling terkenal di Kinokawa ini adalah Omakase style. Tapi tidak masalah kalau kamu mau langsung nyicipin Sushi dan Sashimi mereka. Ikan yang digunakan pada hidangan Sushi di Jakarta ini super fresh dan lezat. Sushi dan Sashimi lover pasti tidak akan kecewa kalau makan di sini. Buat kamu yang ngantor di daerah SCBD, wajib sesekali lunch atau dinner di Kinokawa.

Lokasi:

Kinokawa

Fairgrounds, SCBD Lot 14, Jl. Jenderal Sudirman, SCBD, Jakarta. Telp. (021) 51402353.

3. Sushi Masa

Photo source: only1ivy

Photo source: thefoodescape

Kalau kamu lebih sering beraktivitas di Jakarta Utara, Sushi Masa bisa jadi tempat yang paling tepat untuk menyantap Sushi di Jakarta. Lokasi Sushi Masa ada di Muara Baru, tepatnya di dalam “Pelabuhan Perikanan Samudera Nizam Zachman”, cukup terpencil dan belum banyak orang yang tahu lokasi ini sebelum Sushi Masa ada. Terdengar seperti hidden treasure. bukan? Untuk menunya, Sushi Masa punya Daily Special menu yang berupa ikan fresh yang baru ditangkap hari itu. Buat yang ingin mencoba berbagai variasi menu yang langsung disiapkan oleh chef Sushi Masa, kamu bisa coba Omakase. Gimana dengan Sushi dan Sashiminya? Daging ikannya fresh, fatty, dan ptongannya pas.

Lokasi:

Sushi Masa

Jl. Tuna Raya No. 5 Grey Building Lantai 3, Penjaringan, Jakarta.. Telp. (021) 29263561.

 

4. Kaihomaru

Photo source: wanderbites

Mau menikmati kelezatan makanan Jepang yang rasanya autentik? Kamu bisa coba nyushi di Kaihomaru Jakarta. Menunya beragam, mulai dari Sashimi sampai Yakimono, dan ada Nigiri juga yang tidak kalah sedapnya. Semua Sushi di Jakarta buatan Kaihomaru sangat autentik dan tradisional ala Jepang. Jadi jangan harap kamu bisa menemukan fusion Sushi di sini.

Lokasi:

Kaihomaru

Citywalk Sudirman, Lantai 1, Jl. KH Mas Mansyur, Sudirman, Jakarta.. Telp. (021) 29918916.

5. Asuka

Photo source: jktgo

Photo source: tripadvisor

Penasaran bagaimana rasanya makan fine dining dengan menu Sushi di Jakarta? Mampirlah ke Asuka. Mereka tidak main-main dalam menyajikan dish khas Jepang yang serba unik dan autentik. Kalau kamu memilih Omakase, persiapkan dirimu untuk menikmati sesuatu yang berbeda setiap harinya dari 9 dish yang disajikan. Dish yang dihidangkan dalam sajian Omakase berbeda terus jenisnya setiap hari. Nggak main-main, bukan? Kalau pesan a la carte menu, Asuka selalu punya menu special setiap bulan. Dan cuma di Asuka kamu bisa menemukan seafood yang jarang ada di tempat lain, seperti blue fin tuna, crisp soft-shell crab, dan abalone. Fancy!

Lokasi:

Asuka

JW Marriott Hotel, Jl. DR Ide Anak Agung Gde Agung Kav E.1,2 No.1&2, Kawasan Mega Kuningan, Jakarta. Telp. (021) 57988898.

6. Tatemukai

sushi-di-jakarta-01

Photo source: @monsterappetite88

Tatemukai di Grand Indonesia terkenal dengan hidangan Omakase yang memanjakan perut. Sushi di Jakarta yang mereka tawarkan juga autentik. Kamu pasti tak akan dibuat kecewa jika memesan Sashimi Otoro andalan mereka. Menu ini berupa fatty tuna meat yang rasanya sungguh juara.

 

Lokasi:

Tatemukai

Grand Indonesia Mall, Lantai 3A, Sky Bridge, Jl. MH Thamrin, Thamrin, Jakarta. Telp. (021) 23581807.

 

7. Takumi

sushi-di-jakarta-02

Photo source: @dk_chang

Buat yang suka nongkrong di daerah Senayan, Takumi merupakan tempat terbaik menikmati Sushi di Jakarta dengan rasa yang autentik. Tempatnya cukup tersembunyi, ada di Senayan National Golf Club. Tapi jangan salah, semua makanan di sini rasanya nggak ada yang gagal memuaskan perut kamu. Salmon Houbayaki menjadi salah satu menu yang paling diincar. Ini adalah Salmon yang di grilled di atas api kecil dan dicampur dengan sayur, jamur, serta special sauce yang rasanya bikin nagih.

 

Lokasi:

Takumi

Senayan National Golf Club - The Maj Senayan, Jl. Asia Afrika Pintu IX, Senayan, Jakarta. Telp. (021) 5710181.

8. Sushi Ichi

sushi-di-jakarta-03

Photo source: @violinist.rachellee

Restoran Sushi di Jakarta yang terletak di Pullman Hotel Thamrin ini juga layak dicoba. Sushi Ichi mendapatkan semua bahan ikan untuk menu-menunya berasal dari Tsukiji Market Tokyo. Kalau mau mencoba menu yang lebih beragam, pilihan Omakase sangat cocok untuk kamu.

 

Lokasi:

Sushi Ichi

Pullman Hotel Jakarta Indonesia, Jl. M.H. Thamrin 59, Thamrin, Jakarta. Telp. (021) 39835850.

9. Sushi Sei

sushi-di-jakarta-05

Photo source: @ignatiusarther

Siapa coba yang tidak tahu restoran Sushi di Jakarta yang ini. Lokasinya ada di Plaza Senayan dan Jyo Otsukuri jadi menu yang harus dicoba oleh Sashimi lovers. Isi menu ini sangat lengkap, dari ikan sampai octopus ada semua. Biarpun restoran ini sudah ada sejak lama, kualitasnya tetap terjaga dengan baik. Jenis Sushinya juga sangat banyak sekali, ada Maguro, Ika, Aji, Hamachi, Ebi, Salmon, Daikon slice, Bonito powder dan Sakura Denbu yang harus dicicipi satu persatu.

 

Lokasi:

Sushi Sei

Plaza Senayan, Lantai 4, Jl. Asia Afrika, Senayan, Jakarta. Telp. (021) 5725510.

10. Akira Back

sushi-di-jakarta-06

Photo source: @makancengli

Beralih ke Setiabudi, ada Akira Back yang harus dituju saat ngidam Sushi di Jakarta. Kenikmatan Sushi di sini akan membuat kamu terbayang-bayang terus. Kalau tidak percaya, pesan saja Perfect Storm seharga Rp 165.000. Tampilannya cantik banget dengan garnish daun yang membuat menu ini terlihat segar. Kalau ke sini, kamu juga wajib mencoba Tuna Pizza yang ikonik banget. Adonan Pizzanya seperti lapisan croissant yang diselimuti oleh potongan Tuna yang sangat tipis dan taburan truffle oil yang pecah di mulut.

 

Lokasi:

Akira Back

MD Place Bulding, Penthouse Level, Jl. Setiabudi Selatan No. 7, Setiabudi, Jakarta. Telp. (021) 29040777.

11. Itacho Sushi

sushi-di-jakarta-07

Photo source: @myfoodiestory

Satu lagi restoran Jepang di Grand Indonesia yang merupakan spesialisnya Sushi di Jakarta, yaitu Itacho Sushi. Rasa Roasted Salmon and Crabstick Roll with Asian sauce buatan mereka unik banget. Penyajiannya juga fotogenik dan tak kalah menarik. Selain mencoba Sushi, Egg Curry dari Itacho Sushi juga manjain lidah. Rasanya enak sekali dan beda dari telur-telur buatan restoran Jepang lainnya.

 

Lokasi:

Itacho Sushi

Grand Indonesia Mall, Lantai 3A, Sky Bridge, Jl. MH Thamrin, Thamrin, Jakarta. Telp. (021) 23581228.

12. OKU

sushi-di-jakarta-09

Photo source: @eatandcapture

Apa yang terlintas di pikiran kamu saat kita menyebutkan nama OKU? OKU Karage pasti langsung terbayang, bukan? Menu ini memang sangat unik. Warnanya hitam legam, bahkan disajikan di atas arang. Tapi sebenarnya OKU tak hanya jago menghidangkan Karage. Aburi Salmon Sushi di sini juga nggak kalah enak. Lelehan saus mayo, daging salom yang tebal, ditambah tobiko di atasnya sangat menggugah selera siapapun yang menyantapnya.

 

Lokasi:

OKU

Hotel Indonesia Kempinski, Jl. MH. Thamrin, Thamrin, Jakarta. Telp. (021) 23583896.

13. Sumire

Photo source: jktgo

Photo source: jktgo

Sumire kalau di Jepang merupakan bunga berwarna violet yang sangat cantik. Mungkin ini juga yang menginspirasi cantiknya restoran Jepang yang lokasinya ada di Grand Hyatt Hotel ini. Begitu kamu menginjakkan kaki di Sumire, kamu akan terasa sedang ada di satu rumah tradisional ala Jepang yang sebagian besar dekorasinya mengombinasikan bambu, kayu, batu, dan kertas. Tidak cuma suasana yang Jepang banget, Sumire juga menyajikan hidangan khas Jepang dengan cita rasa yang autentik, mulai dari Teppanyaki, Tempura, Kushigae dan Yakitori, serta tentunya Sushi dan Sashimi. Buat pecinta Sushi di Jakarta, hanya di Sumire lah kamu bisa mendapatkan Sashimi dan Nigiri set berisi daging ikan super chubby dan fresh. Kalau mau makan di Sumire, sebaiknya reservasi dulu sebelumnya karena restoran Jepang enak ini hampir selalu penuh.

Lokasi:

Sumire

Grand Hyatt Jakarta Hotel Level 4 Kav. 28-30, Jl. M.H. Thamrin, Jakarta. Telp. (021) 29921431.

Nggak nyangka ternyata ada banyak tempat makan Sushi di Jakarta yang rasanya autentik. Restoran mana yang sudah kamu coba? Jangan lupa tulis review Sushi favorit kamu  di Nibble. Yuk cari tahu lebih banyak tentang Nibble di sini.

Cover photo source: @asuka_jwmarriottjkt

Related Articles

Connect with Nibble