Foodies Guide To F&B Industry

Mau Tahu Sandwich Paling Yummy Se-Jakarta? Datang Saja Ke 5 Tempat Makan Ini

February 3, 20166 min readFoodie Trends

Siapa yang setuju kalau sandwich itu lebih dari dua tangkup roti dan filling? Kamu-kamu pecinta sandwich pasti setuju kalau membuat sandwich itu ada seninya. Orang yang bikin sandwich harus benar-benar detail dan merhatiin gimana menciptakan rasa yang pas, tekstur yang lembut, dan tampilan menarik yang bisa memuaskan siapapun yang mencicipinya. Bisa dibilang, sandwich ini merupakan versi lain dari burger yang lebih sehat. Dan ini ngebikin sandwich pas disantap kapan saja tanpa harus merasa guilty. So, buat yang lagi nyari sandwich dalam bentuk roti apapun, mulai dari pita, panini, dan bagel, cek yuk 5 tempat makan sandwich yang memberikan pengalaman kuliner terbaik di Jakarta berikut ini.

1. Kempi Deli

Photo source: eatandtreats.blogspot.co.id

Photo source: eatandtreats.blogspot.co.id

Kempi Deli dikenal sebagai salah satu cafe, delicatessen, dan baker shop terbaik di Jakarta. Mereka menyulap sebuah space yang tidak terlalu besar di Grand Indonesia dengan sentuhan sederhana, bersih, dan profesional. Di Kempi Deli, kamu bisa menemukan aneka roti (kebanyakan roti khas Eropa), deli, pastries, cake, bahkan makanan ringan seperti salad yang menggunakan bahan-bahan premium. Semua makanan di Kempi Deli dijamin fresh dan disiapkan langsung oleh Executive Pastry Chef Jacques Poulain, master butcher Patrik Quinter, dan Italian chef Gianfranco Beltrami untuk menu pastanya. Sandwich yang kamu harus coba di sini adalah The Baltic yang berupa croissant sandwich dengan smoked salmon, egg mayo, dan lettuce. Kalau kamu pikir fillingnya biasa saja, tunggu sampai kamu mencobanya. Croissant-nya bener-bener punya tekstur yang sempurna, porsi salmon yang diberikan juga cukup banyak, belum lagi lettuce segar yang terasa crispy saat digigit. Bener-bener high recommended. Dan ada satu lagi yang istimewa dari Kempi Deli, meski letaknya di hotel bintang 5, mereka punya happy hour di mana kamu bisa dapet diskon 50% untuk segala roti dan 25% untuk semua cake jika beli di atas jam 7 malam. Asik banget kan?

Lokasi:

Kempi Deli

Grand Indonesia Mall, Lantai 2, East Mall, Jl. MH Thamrin, Thamrin, Jakarta. Telp. (021) 29704981. Ext: 770

2. Union Deli

Photo source: Instagram.com/uniondeli

Photo source: Instagram.com/uniondeli

Terinspirasi dari New York Delicatessens, Union Deli menyediakan berbagai gourmet sandwiches, artisanal breads, freshly baked pastries, serta cakes dan pie yang rasanya nggak pernah mengecewakan. Outlet mereka yang terletak di Grand Indonesia East Mall masih mengusung tema minimalist industrial seperti  yang di Plaza Senayan dengan gaya simple rustic yang tetap terasa homey dan terlihat elegan. Meski tidak sebesar outlet yang di PS, Union Deli grand Indonesia tetap nyaman kok buat jadi tempat nongkrong. Sekarang kita nggak akan ngebahas gimana enaknya Red Velvet Pie khas Union yang rasanya enak banget itu. Kalau kamu ke sini cari sandwich, Balinese Spicy Tuna yang super unik itu harus dicobain! Dibalut dengan croissant, tuna mayo-nya jauh berbeda dengan yang dijual di tempat lain. Union Deli mengombinasikannya dengan Sambal Matah khas Bali yang terkenal itu dan rasanya nggak usah ditanya lagi, unik dan lezat! Tuna mayo yang creamy sangat sempurna saat dipadukan dengan pedas dan wanginya Sambal Matah. Yuk dicoba!

Lokasi:

Union Deli

Grand Indonesia Mall, Lantai Ground, East Mall, Jl. MH Thamrin, Thamrin, Jakarta. Telp. (021) 23580476.

3. Smørrebrød

Photo source: Instagram.com/sandwichjournal

Yang doyan messy grilled cheese sandwich, Smørrebrød harus jadi destinasi kulinermu saat lagi kepengen banget makan sandwich. Smørrebrød berasal dari kata “smør og brød” dalam bahasa Denmark yang berarti “butter and bread”. Sandwich buatan mereka pasti langsung mencuri perhatian kamu deh, pasalnya mereka memberikan keju yang sangat berlimpah dalam setiap tangkup sandwich sehingga membuatnya terlihat sangat lezat dan menggoda. Kalau penasaran dan mau nyobain rasa original cheese sandwich, kamu bisa pilih Classic Grilled Cheese. Kelihatannya sih memang simple, hanya ada butter dan cheese dalam setangkup roti, tapi rasanya bener-bener cheesy maksimal dan rasa creamy asin khas keju itu terasa dalam setiap gigitan. Kalau mau ada rasa daging-dagingnya di grilled cheese sandwich kamu, salah satu yang recommended banget adalah Patty Melt with Red Cabbage Slaw. So melted and yummy!

Lokasi:

Smørrebrød

18 Office Park, Lantai Mezzanine Jl. TB Simatupang No. 18, Pasar Minggu, Jakarta. Telp. (021) 22708247.

4. Yo' Panino

Photo source: jktgo.com

Photo source: Instagram.com/plaza_indonesia

Buat yang merasa kehilangan sandwich ala Subway yang dulu sempat buka di Jakarta tapi beberapa tahun kemudian tutup, Yo’ Panino bisa menggantikannya. Tempat makan sandwich asal Singapore ini memberi sensasi yang mirip dengan apa yang ditawarkan oleh Subway. Kamu bisa menciptakan sandwich sesuai seleramu sendiri. Pertama, kamu bisa memilih salah satu dari 4 jenis roti yang tersedia (Turkish Pide, Multigrain, Farmhouse White, dan Tortilla Wrap). Kemudian pilih sausnya, ada Yo’Barbie-Q, Yo’Angry, Yo’Aioli, Yo’Wasabi, Yo’Java, dan Yo’Pesto. Untuk fillingnya, ada daging, ayam, tuna, wasabi dory, turkey bacon, hingga sayuran. Oh iya, yang cinta masakan nusantara, ada pilihan rendang dan tempe juga lho. Kalau nggak mau repot bereksperimen, ada menu yang bisa langsung dipilih dan terjamin enak, seperti Sloppy Joe atau Philly Cheese Steak. Selain sandwich, Yo’ Panino juga menyediakan berbagai appetizers, rice bowls, dan salad. Mereka juga terkenal dengan Cold Pressed Juice-nya lho.

Lokasi:

Yo' Panino

Plaza Indonesia, Lantai 4, Jl. MH. Thamrin, Thamrin, Jakarta. Telp. (021) 29924020.

5. Cali Deli

Photo source: Instagram.com/burnsia

Mau nyobain sandwich ala Vietnam? Dateng aja ke Cali Deli. Mereka punya sajian sandwich khas Vietnam dan tentunya kopi yang nggak kalah enaknya juga. Emang apa sih yang bikin Vietnamese Sandwich ini beda dari sandwich ala Amerika? Well, sandwich Vietnam selalu menggunakan baguette yang crunchy itu dan fillingnya pakai fusion yang unik, seperti udang rebus atau bebek panggang. Selain itu, mereka juga jarang sekali pakai mentega dan sebagai penggantinya, saus asam-pedas khas Vietnam menyumbangkan rasa gurih dalam setiap gigitan. Salah satu yang paling terkenal di Cali Deli adalah Lemongrass and Chicken Toasted Banh Mi yang cita rasanya cocok banget di lidah Indonesia.

Lokasi:

Cali Deli

- Jl. Surabaya No. 22, Menteng, Jakarta. Telp. (021) 98011061.

- The Promenade, Lantai Basement 2, Jl. Buncit Raya No. 98, Pasar Minggu, Jakarta. Telp. (021) 7991546.

- Grand Indonesia Mall, Lantai Lower Ground, West Mall, Food Hall, Jl. MH Thamrin, Thamrin, Jakarta. Telp. (021) 23580156.

- Office 8, Jl. Senopati Raya No. 8, Senopati, Jakarta. Telp. (021) 98277299.

- Bursa Efek Jakarta, Tower 1, Lantai Ground, Jl. Jenderal Sudirman, SCBD, Jakarta. Telp. (021) 5154844.

- Jason's Market, Lantai Ground, Jl. Ampera Raya No. 22, Cilandak, Jakarta. Telp. (021) 3155145.

- Plaza Senayan, Lantai Basement, Jl. Asia Afrika, Senayan, Jakarta. Telp. (021) 5725174.

- Sampoerna Strategic Square, Lantai Balcony, Jl. Jenderal Sudirman, Sudirman, Jakarta. Telp. (021) 57903272.

So dari bakery shop terkenal sampai chain sandwich restaurant, mana yang paling kamu favoritin? Yang jelas, kelima tempat makan sandwich di atas sama-sama menyajikan sandwich lezat yang rasanya nggak akan mudah kamu lupain. Punya tempat makan sandwich kesukaan yang belum ada di list ini? Ayo kasih tau yang lain dengan mereviewnya di Nibble. Untuk yang belum tahu Nibble, klik di sini yuk buat info lengkapnya.

Cover photo source: nowjakarta.co.id

Related Articles

Connect with Nibble