Foodies Guide To F&B Industry

Mau Tau Seafood Yang Bakal Bikin Kamu Nambah Nasi Terus? Mampirlah di 5 Restoran Jakarta Ini

February 12, 20166 min readFoodie Trends

 

Photo source: eatandtreats.blogspot.co.id

Weekend itu paling enak ngumpul sama keluarga, makan bersama dengan porsi besar tanpa harus malu buat nambah porsi lagi atau makan celemotan. Kalau bosan dengan Japanese cuisine atau Italian cuisine, kenapa nggak nyoba ajak keluargamu makan seafood bareng-bareng? Kita harus bangga tinggal di Jakarta, kota ini punya hasil seafood yang berlimpah. Nggak cuma seafood lokal, tapi juga yang impor dari negara-negara lain. Jadi mudah buat kamu nemuin seafood yang masih fresh dihidangkan di restoran-restoran Jakarta. Restoran seafood di Jakarta banyak banget, mulai dari kaki lima sampai restoran di hotel bintang 5. Kita udah bikin daftar 5 restoran seafood di Jakarta yang rasanya gokil banget. Yuk dicek!

 

1. Layar

Photo source: eatandtreats.blogspot.co.id

Photo source: myfunfoodiary.com

Buat yang tahu dan pernah nyobain seafood di Layar, Surabaya pasti bakalan seneng banget karena Layar buka cabang di Jakarta. Yay! Di Surabaya sendiri, mereka sudah punya dua outlet, dan yang di Jakarta ini mereka buka di daerah Pesanggrahan. Gampang banget kok nemuin restoran yang baru buka beberapa bulan yang lalu ini, karena outletnya di sini super luas dengan logo “Layar” yang besar dan gampang terlihat. Waktu masuk ke dalamnya, jangan kaget ya dengan banyaknya seafood lovers yang sedang menyantap makanan di sini. Yup, tempatnya hampir setiap saat rame, apalagi mereka cuma buka saat lunch (11.00-14.30) dan dinner (18.00-22.00) saja. Interior di Layar ini nyaman dan adem banget dengan adanya pohon-pohon kecil yang diletakkan di dalam restoran, juga ada kolam buatan yang ada di bagian outdoor. Kental banget deh sentuhan Indonesianya. Di sini kita bisa memilih seafood yang mau kita pesan sendiri dan spesialnya lagi, semua masih dalam keadaan hidup lho. Varian seafood di sini ada banyak, ada kepiting, lobster, ikan, udang, belut, oyster, clam, cumi-cumi, dan kerang. Selain seafood, Layar juga punya menu sayuran dan Chinese food juga lho. Semuanya di sini bisa dimasak dengan berbagai saos dan teknik, seperti black pepper, garlic steam, saos padang, saos kari, dan masih banyak lagi. Nah, yang best seller di sini ada Kepiting Jantan Telur Asin, Gurame Goreng ala Layar, dan Kepiting Saus Bawang. Siap-siap buat nambah banyak nasi dan jilatin jari kamu saking enaknya pas makan di sini!

 

Lokasi:

Layar

Jl. Pesanggrahan Raya No. 80, Pesanggrahan, Jakarta. Telp. (021) 58907223.

 

2. Saung Greenville

Photo source: Instagram.com/saunggreenville

Photo source: Instagram.com/saunggreenville

Ini dia salah satu tempat makan seafood yang udah melegenda di Jakarta. Umurnya udah 10 tahun lebih lho, berdirinya tahun 1999, jadi nggak heran deh kalo banyak orang yang memuji menu-menu enak di sini. Saung Greenville ini udah punya 4 outlet, dan pusatnya yang berlokasi di Greenville. Mereka punya banyak varian seafood dan salah satu yang bikin nagih di sini adalah Kepiting Saos Padang. Benar-benar nikmat! Selain kepiting, olahan ikan, kerang, dan tiram mereka juga lezat banget.

 

Lokasi:

Saung Greenville

- Jl. Green Ville No. 12A, Green Ville, Jakarta. Telp. (021) 5659517.

- Jl. Suryo No. 7, Senopati, Jakarta. Telp. (021) 72795182.

- Jl. KH Wahid Hasyim No. 87, Menteng, Jakarta. Telp. (021) 3920333.

- Komplek Ruko The Element, Blok C No. 8-9-10, Jl. Jalur Sutera, Serpong Utara, Tangerang. Telp. (021) 36783678

 

3. Ikan Bali Jimbaran

Photo source: jakarta100bars.com

Photo source: jakarta100bars.com

Daerah Jimbaran di Bali emang mantep banget buat makan seafood, tapi pernah kepikiran nggak makan seafood khas Jimbaran di Jakarta? Kalo mau coba, kamu bisa ke Bali Jimbaran yang lokasinya ada di Serpong, Muara Karang, dan Jalan Gunung Sahari. Di restoran ini, kamu nggak hanya bisa pilih seafood-mu sendiri, tapi juga ngeliat proses mempersiapkan dan memasaknya. Yup, konsep open-kitchen emang selalu bikin orang penasaran. Semua seafood di sini segar dan sayurannya pun dimasak dengan baik sehingga apa yang disajikan pasti bisa menggugah seleramu. Kepiting Saos Padang jadi salah satu menu paling ngetop di Ikan Bali Jimbaran. Dan satu lagi yang paling penting, porsinya banyak dan cocok buat di-sharing sama keluargamu. Makin terasa kebersamaannya kan?

 

Lokasi:

Ikan Bali Jimbaran

- Ruko Moscow, Blok A5, Jl. Boulevard Gading Serpong, Serpong Utara, Tangerang. Telp. (021) 29001402.

- Jl. Muara Karang Raya No. 121, Muara Karang, Jakarta. Telp. (021) 66601901.

- Jl. Gunung SahariNo. 6A, Gunung Sahari, Jakarta. Telp. (021) 98998871

 

4. Rasane

Photo source: Instagram.com/rasaneseafood

Photo source: rasaneseafood.com

Foodies di Jakarta pasti ngerti deh kalau mau cari Kepiting Asap terenak di Jakarta, Rasane lah yang harus dituju. Yup, tempat ini emang terkenal banget dengan Kepiting Asap-nya yang ukurannya super besar. Menu ini disajikan dengan cara dibakar lalu diasap. Oh iya, kepitingnya juga dibungkus dengan daun pisang lho, jadi pas dibuka, harumnya semerbak banget. Bumbunya pun meresap sampai ke dalam daging. Wajar banget deh kalo banyak orang yang jatuh hati dengan menu ini. Bener-bener wajib dicobain. Selain kepiting, olahan udang dan kerang ala Rasane Seafood juga nggak ada duanya. Kerennya lagi, Rasane ini punya cukup banyak cabang di Jakarta, dari utara, barat, timur, dan selatan, jadi kamu bisa nyobain seafood andalan mereka dimanapun kamu tinggal.

 

Lokasi:

Rasane

- Pluit Village Mall, Ground Floor No.75 Jl. Pluit Indah Raya, Pluit, Jakarta Utara. Telp. (021) 66690086.

 

5. The Holy Crab

Photo source: eatandtreats.blogspot.co.id

Photo source: Instagram.com/theholycrabid

Penasaran gimana rasanya seafood ala America? Mampirlah ke Holy Crab, restoran besutan Ersons Food yang juga sudah sukses dengan Hokkaido Ramen Santouka, Grandma's Suki dan Grandma's Thai. Konsep The Holy Crab ini mengadopsi rumah makan di Louisiana, US. Cuma di sini kamu bisa makan kepiting tanpa piring, tapi langsung disajikan di atas meja beralaskan plastic higienis. Lupakan juga sendok dan garpu, karena mereka hanya menyediakan alat buat buka cangkang kepiting. Unik banget kan? Semua menu yang disajikan di sini dimasak dengan bumbu yang sama, yang membedakannya adalah tingkat kepedasannya saja. Kalau ke sini, kamu wajib pesan Dungeness Crab asal Alaska yang ukurannya super besar. Saus yang dipakai untuk kepitingnya adalah khas Louisiana yang rasanya kayak campuran bolognaise, BBQ, dan spicy. Super yummy! Oh iya, kalau kamu baru pertama kali makan kepiting, nggak usah bingung juga karena ada mural yang ngegambarin cara gimana buka cangkang kepiting. Belum kenyang dengan kepiting raksasa the Holy Crab? Cobain juga seafood lain yang disediakan di sini, seperti Crispy Fish Fingers dan Shrimps.

 

Lokasi:

The Holy Crab

- Jl. Gunawarman No. 55, Senopati, Jakarta. Telp. (021) 29236155.

- Flavor Bliss, Jl. Alam Sutera Boulevard, Serpong Utara, Tangerang.

 

Nelen ludah waktu baca artikel ini? Itu tandanya, kamu harus memuaskan rasa penasaranmu akan menu seafood di restoran-restoran di atas secepatnya! Punya tempat seafood favorit yang belum kita bahas di sini? Review aja di Nibble. Untuk info lengkap tentang Nibble, klik di sini.

 

 

Related Articles

Connect with Nibble