Foodies Guide To F&B Industry

Memasak Steak Dengan Wajan Cast Iron

March 14, 20195 min readTips & Tricks

Wajan cast iron merupakan pilihan wajan yang sering direkomendasikan dalam tips cara memasak steak. Ini karena wajan ini membuat seasoning untuk steak bisa maksimal, dapat digunakan di kompor dan juga oven. Wajan cast iron juga mudah untuk dibersihkan dan dirawat.

Cara memasak steak di wajan cast iron tidaklah susah. Banyak yang suka menggunakan wajan ini karena membuat bumbu steak lebih meresap dan teksturnya pun jadi lebih renyah. Anda juga bisa memindahkan wajan cast iron ke dalam oven untuk finishing steak. Di artikel ini, kita akan membahas lengkap tentang cara memasak steak menggunakan wajan cast iron, mencari tahu durasi memasak steak yang optimal, serta menjawab beragam pertanyaan yang sering ditanyakan mengenai cara memasak steak. Mari simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Berapa Suhu yang Optimal dalam Memasak Steak?

memasak-steak-02

Berikut ini kita akan menjelaskan suhu internal yang optimal serta durasi memasak steak agar hasilnya sempurna, baik itu untuk steak dengan tingkat  kematangan rare, medium, atau well done.

Tingkat Kematangan Suhu Titik Balik 1/2" 3/4" 1" 1 1/4" 1 1/2" 1 3/4" 2"
Rare 51,6°C First Side 4 min 5 min 6 min 7 min 7 min 8 min 10 min
Second Side 3 min 4 min 5 min 5 min 6 min 7 min 8 min
Medium Rare 57,2°C First Side 5 min 6 min 7 min 8 min 8 min 9 min 11 min
Second Side 4 min 5 min 6 min 6 min 7 min 7 min 9 min
Medium Well 65,5°C First Side 6 min 7 min 8 min 8 min 9 min 9 min 12 min
Second Side 4 min 5 min 6 min 7 min 7 min 8 min 10 min
Well Done 71,1°C First Side 9 min 10 min 11 min 12 min 13 min 14 min 15 min
Second Side 7 min 8 min 9 min 10 min 11 min 12 min 13 min

Cara Menyiapkan Steak

memasak-steak-03

Langkah pertama adalah dengan menuang minyak ke dalam wajan cast iron, lalu panaskan sampai minyak berkilau dan berasap sedikit. Saat wajan sudah mulai panas, Anda bisa membumbui kedua sisi steak dengan garam dan merica. Biarkan wajan Anda memanas karena ini adalah kunci agar daging steak tidak lengket pada wajan.

Cara Memasak Steak

memasak-steak-04

Setelah Anda membumbui daging dan memanaskan wajan cast iron, kini saatnya memindahkan steak ke dalam wajan. Lakukanlah dengan perlahan agar tidak berantakan atau membuat daging jadi terlihat tidak bagus. Selanjutnya, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Saat mau memindahkan daging ke wajan, pegang steak dengan penjepit di bagian yang ada tulangnya agar daging tidak robek. Lalu letakkan ke dalam wajan secara perlahan.
  2. Balik steak menggunakan penjepit setiap beberapa menit sekali. Pastikan Anda memasak kedua sisi steak. Anda bisa melakukannya dengan cara menekan setiap sisi steak ke wajan selama beberapa detik.
  3. Gunakan sendok untuk menyiram steak dengan minyak atau dengan juice yang dihasilkan oleh daging tersebut.
  4. Gunakan termometer makanan untuk memeriksa suhu di dalam daging. Ini akan membantu Anda memasak steak sesuai dengan tingkat kematangan yang Anda inginkan.
  5. Letakkan bumbu aromatik dan butter di bagian wajan yang tidak terkena daging. Anda bisa menyendokkan bumbu dan butter ke atas steak selama proses pemasakan.
  6. Setelah matang, angkat steak dari wajan dan diamkan di atas piring selama 10 menit.
  7. Jika steak Anda butuh dipotong menjadi lebih kecil, Anda bisa menggunakan garpu dan chef’s knife yang tajam untuk memotong steak. Potonglah dari bagian tengah ke tepinya.

Bagaimana Cara untuk Menghindari Hot Spot di Wajan Cast Iron?

memasak-steak-05

Banyak yang beranggapan bahwa memasak dengan wajan cast iron akan menghasilkan panas yang merata, tapi ini tidak selalu terjadi. Untuk menghindari hot spot, Anda bisa memilih wajan yang ukurannya sama dengan kompor yang Anda gunakan untuk memasak steak.

Jenis Minyak Apa yang Harus Digunakan Saat Memasak Steak?

memasak-steak-06

Saat memasak steak menggunakan wajan cast iron, Anda bisa menggunakan minyak yang memiliki titik asap tinggi. Misalnya peanut oil, canola oil, grapeseed oil, dan avocado oil yang memiliki titik asap tinggi.

Berapa Suhu yang Harus Diperoleh saat Memanaskan Wajan Cast Iron Sebelum Memasak Steak?

memasak-steak-07

Anda tidak perlu merisaukan suhunya, tapi jangan sampai wajan Anda menjadi terlalu panas. Tandanya adalah saat minyak mulai berasap. Durasi untuk memanaskan wajan sebelum memasukkan daging itu tergantung pada ketebalan wajan yang Anda gunakan. Biasanya dibutuhkan waktu sekitar 5-8 menit untuk memanaskan wajan.

Apakah Wajan Harus Ditutup Saat Memasak Steak?

Kami tidak merekomendasikan untuk menutup wajan saat Anda memasak steak dengan wajan cast iron karena akan menahan uap di dalam wajan dan membuat steak tidak memiliki tekstur yang renyah.

Bagaimana Cara Agar Wajan Cast Iron Tidak Berasap Saat Memasak Steak?

Ada beberapa kondisi di mana kita tidak bisa menghindari wajan yang berasap sepenuhnya. Namun untuk mengurangi jumlah asap, Anda bisa memulainya dengan minyak, bukan butter. Kami merekomendasikan untuk menggunakan sekitar ½ cup minyak untuk wajan cast iron yang berukuran 12 inci. Anda bisa menambahkan butter dan bumbu aromatik beberapa menit sebelum steak selesai dimasak. Dengan melakukan hal tersebut, warna dan rasa steak yang Anda buat akan sangat cantik dan enak, dan wajan pun tidak akan terlalu berasap yang biasanya ditimbulkan karena proses pembakaran protein yang terdapat pada butter.

Apakah Akan Ada Api yang Terlihat Saat Memasak Steak dengan Wajan Cast Iron?

Seharusnya api tidak muncul saat Anda memasak steak dengan wajan cast iron. Tapi bila api muncul, Anda bisa menaburkan garam atau baking soda pada api, angkat wajan dari kompor, dan tutup wajan dengan penutup.

Tidak sulit bukan memasak steak menggunakan wajan iron cast? Hasilnya pun tidak kalah enak karena lebih beraroma dan juga menghasilkan tekstur yang renyah. Bagian dalam daging pun tetap bisa empuk dan juicy.

Photos source: Pixabay

Related Articles

Connect with Nibble