Foodies Guide To F&B Industry

Memilih Pangan Lokal untuk Restoran Anda

March 13, 20194 min readReviews

Menggunakan bahan pangan lokal untuk makanan di restoran Anda tidak hanya akan menguntungkan Anda, tapi keputusan ini juga lebih ramah untuk lingkungan dan menjadikan restoran Anda terlihat mengutamakan kesehatan makanan. Tentunya, keputusan untuk menggunakan bahan makanan lokal dapat meningkatkan reputasi baik restoran karena Anda mendukung para petani lokal, dan menyajikan makanan yang sehat bagi para pelanggan. Jika Anda masih bingung apa yang dimaksud dengan istilah bahan makanan lokal dan juga ragu untuk menentukan hal yang harus dipertimbangkan sebelum memutuskan menggunakan bahan pangan lokal, Anda harus membaca artikel berikut ini.

Apa yang Dimaksud dengan Bahan Pangan Lokal?

pangan-lokal-02

Jika diartikan secara definisi, bahan pangan lokal merupakan bahan makanan yang disajikan dan dimakan dalam rentang jarak 100-250 km dari produk tersebut dikembangbiakkan. Sebenarnya angka ini merupakan gambaran umum saja, tidak ada peraturan yang menjelaskan tentang jarak ini secara spesifik.

Keuntungan Menggunakan Bahan Pangan Lokal

pangan-lokal-03

Ada banyak manfaat yang bisa dirasakan jika Anda menggunakan bahan pangan lokal di restoran Anda. Banyak bahan pangan lokal yang bergizi dan mengandung nilai gizi tinggi. Ini tentunya bisa menjadi daya tarik tersendiri untuk para pelanggan. Selain itu, beberapa manfaat yang bisa Anda rasakan dari bahan pangan lokal:

  • Uang yang Anda keluarkan diputar secara lokal sehingga dapat meningkatkan kondisi ekonomi di sekitar lingkungan Anda.
  • Bahan makanan yang segar menawarkan berbagai variasi makanan, tergantung pada musimnya.
  • Mendukung kondisi crop-rotation yang bagus untuk tanah dan pertanian di masa yang akan datang.
  • Berkontribusi pada ekonomi pertanian lokal dan tenaga kerja yang terlibat di dalamnya.
  • Jarak transportasi yang diperlukan untuk mengantar produk makanan ke restoran Anda jauh lebih pendek, sehingga Anda bisa mengurangi emisi karbon di udara.
  • Saat membeli produk pangan lokal, Anda mendukung keberlanjutan pertanian sehingga para petani dapat meningkatkan kuantitas produk yang mereka hasilkan.
  • Anda mendukung kesejahteraan petani.

Kekurangan Saat Anda Membeli Bahan Pangan Lokal

pangan-lokal-04

Sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan bahan pangan lokal di restoran Anda, ada beberapa kerugian yang mungkin Anda rasakan, yaitu:

  • Untuk beberapa makanan, ada yang harganya lebih mahal daripada bahan makanan impor.
  • Bahan makanan lokal biasanya rusak lebih cepat karena tidak mengandung bahan pengawet.
  • Variasi makanan yang bisa Anda beli terbatas karena tergantung pada musim.
  • Hasil panen yang buruk dapat berimbas pada ketersediaan bahan makanan tertentu.
  • Dapat berdampak negatif pada ekonomi nasional atau global.

Alternatif dari Bahan Pangan Lokal

pangan-lokal-05

Jika Anda ingin menggunakan bahan pangan lokal buat restoran Anda, tapi Anda ragu setelah mempertimbangkan hal-hal di atas, Anda masih bisa mencari cara yang lebih cocok untuk kondisi bisnis Anda. Misalnya, Anda bisa membeli sayuran musiman dari petani lokal, sedangkan buah dan sayuran yang tidak tersedia di pertanian lokal bisa Anda dapatkan dengan membelinya dari daerah atau negara lain. Dengan cara ini, Anda berkontribusi pada keberlanjutan pertanian lokal, serta mendukung perekonomian global juga.

Alternatif lainnya adalah dengan menggunakan makanan hyperlocal. Istilah ini merujuk pada tindakan di mana Anda menanam sendiri bahan makanan yang Anda perlukan. Biasanya banyak pemilik restoran yang menyewa lahan atau memanfaatkan halaman rumah atau rooftop restoran mereka. Pilihan ini memang memakan waktu lebih banyak dan Anda juga harus bereksperimen agar berhasil menumbuhkan tanaman yang Anda mau. Namun, ini sangat ramah lingkungan dan dapat menjadi pilihan yang terbaik untuk restoran Anda.

Apa Perbedaan dari Makanan Lokal dan Organik?

pangan-lokal-06

Tidak semua makanan lokal itu dihasilkan secara organik. Biasanya, makanan organik memiliki label “organic” dalam kemasannya.

Distribusi Bahan Pangan Lokal

pangan-lokal-07

Ada dua metode distribusi bahan makanan lokal yang bisa Anda pilih, yaitu:

  • Langsung ke konsumen. Ini adalah metode utama distribusi bahan pangan lokal. Melalui metode ini, petani bisa menjual hasil panen mereka langsung ke konsumen melalui pasar.
  • Langsung ke retailer. Bahan makanan dari petani didistribusikan melalui super market, restoran, atau tempat lainnya.

Dengan mengerti keuntungan dan kerugian saat Anda memilih untuk menggunakan bahan makanan lokal, Anda bisa memutuskan dengan tepat apa yang dibutuhkan oleh restoran Anda. Menggunakan bahan makanan lokal pastinya sangat menarik untuk para pelanggan Anda karena Anda ikut berkontribusi dalam kesejahteraan petani dan menyajikan makanan segar ke pelanggan.

Photos source: Pixabay

Related Articles

Connect with Nibble