Foodies Guide To F&B Industry

Menentukan Jam Buka Restoran yang Paling Tepat

April 5, 20194 min readTips & Tricks

Menu makanan dan minuman yang menarik, design restoran yang Instagramable, dan signage yang menarik perhatian tidaklah cukup untuk membuat restoran ramai pengunjung. Anda juga harus menentukan jam buka restoran yang tepat agar tempat makan Anda makin sukses. Jika restoran Anda baru saja dibuka, pasti sangat menantang untuk menyeimbangkan biaya pengeluaran operasional dengan keuntungan yang dihasilkan. Jadi, pastikan Anda juga mempertimbangkan jam buka restoran yang tepat karena ini akan menjadi aset atau justru penghalang untuk bisnis restoran Anda. Dalam artikel ini, kami memiliki 5 pertanyaan yang bisa dipertimbangkan saat memutuskan jam buka restoran yang paling tepat.

1. Waktu makan apa yang cocok untuk konsep menu restoran Anda?

buka-restoran-02

Apakah Anda memiliki menu sarapan yang unik? Atau Anda berfokus pada makanan pembuka? Dengan mengetahui jam makan apa yang paling cocok dengan menu yang Anda siapkan, Anda bisa menentukan jam buka restoran dengan tepat. Selain itu, Anda juga bisa memutuskan penawaran menu apa yang disediakan di restoran dan bagaimana style pelayanan di restoran Anda.

Daripada menentukan jam buka restoran berdasarkan konsep restoran Anda, Anda juga bisa membiarkan jam buka restoran untuk menentukan menu, pelayanan, dan gaya dekorasi restoran Anda. Jika Anda meneliti bahwa restoran lain di area Anda terlihat ramai pengunjung saat buka di jam tertentu, Anda mungkin bisa mengikuti konsep tersebut. Tapi pastikan makanan dan suasana restoran cocok untuk waktu operasional tersebut.

2. Apakah ada peraturan daerah yang bisa berdampak pada jam buka restoran Anda?

buka-restoran-03

Saat menentukan jam buka restoran, pastikan apakah ada peraturan daerah yang mempengaruhi restoran Anda. Misalnya, apakah ada peraturan yang menetapkan jam berapa restoran atau usaha bisnis harus ditutup? Atau adakah aturan yang menetapkan jam berapa usaha bisnis harus buka? Jika Anda memiliki karyawan di bawah usia 17 tahun, jangan lupa untuk memeriksa peraturan tentang jam kerja yang diperbolehkan untuk anak-anak. Bila restoran Anda menyediakan alkohol, Anda juga harus memastikan adakah peraturan daerah yang mengatur jam berapa saja Anda bisa menyajikan minuman tersebut ke pelanggan? Anda harus teliti agar Anda tidak melanggar peraturan atau dikenakan sanksi dan denda.

3. Bagaimana cara Anda mengelola restoran selama jam buka restoran?

Delicious grilled lamb ribs, served with grill tomato and decorated with radish

Setelah Anda menentukan jam buka restoran yang cocok untuk bisnis Anda, pastikan Anda memiliki waktu luang untuk mengelola restoran di jam-jam tersebut. Jika Anda memiliki karyawan dan ingin mengubah jam buka restoran, pastikan kalau Anda juga sudah mempekerjakan karyawan tambahan untuk membantu apabila karyawan Anda yang sekarang tidak bisa bekerja dari awal jam buka sampai jam tutup restoran. Jika tidak memungkinkan untuk mempekerjakan karyawan tambahan, Anda bisa turun tangan membantu di restoran agar saat jam makan tiba, seluruh pelanggan bisa terlayani dengan baik.

Saat mau mempekerjakan karyawan tambahan, Anda bisa memperhatikan hal berikut ini:

  • Berapa jumlah kursi yang tersedia di restoran Anda?
  • Apakah restoran Anda menyediakan style full-service, fast food, atau self-service?
  • Berapa jumlah karyawan yang Anda butuhkan untuk bertanggung jawab di dapur buat memasak menu makanan Anda?

4. Hal-hal apa yang harus dilakukan di jam tutup restoran?

buka-restoran-05

Di setiap restoran, ada banyak hal yang harus dilakukan dulu sampai akhirnya Anda bisa menutup restoran. Itu artinya jam tutup restoran Anda tidak selalu menandakan karyawan Anda bisa langsung pulang di jam tersebut. Jadi saat menentukan jam tutup restoran, Anda harus ingat, jam tutup tersebut harus diartikan sebagai jam di mana Anda tidak melayani pelanggan lagi. Tapi jam tersebut bukanlah jam di mana karyawan Anda bisa benar-benar pulang.

Anda harus menginformasikan hal ini ke karyawan restoran Anda. Jika karyawan Anda tidak mengerti apa maksud di balik jam tutup restoran yang Anda tentukan, mereka bisa salah menjelaskan informasi tersebut kepada pelanggan. Salah satu cara termudah agar pelanggan Anda tahu jam operasional restoran Anda adalah dengan cara menempatkan signage di bagian depan restoran.

5. Apakah Anda memutuskan untuk membuka restoran di jam-jam spesial pada musim atau waktu tertentu?

buka-restoran-06

Saat menentukan jam buka restoran, Anda harus tahu kalau jam buka tersebut juga akan berpengaruh pada bisnis restoran Anda. Jika restoran Anda memiliki peak season dan slow season, Anda bisa membatasi jam buka restoran selama slow season. Misalnya saat bulan puasa, Anda bisa memperpendek jam buka restoran Anda karena di bulan tersebut hanya ada sedikit pelanggan yang datang untuk makan sepanjang siang hari.

Sama seperti menu makanan, konsep restoran, dan branding restoran, jam buka restoran juga menjadi daya tarik tersendiri untuk pelanggan Anda. Dengan membuka restoran di jam-jam tertentu, Anda bisa menarik target market tertentu. Jadikan artikel ini sebagai panduan jika Anda masih bingung untuk menentukan jam buka restoran Anda.

Photos source: Freepik

Related Articles

Connect with Nibble